12 July 2023

by Daniel Hamiaz

SoLeLands Sediakan Platform Pembelajaran Anak yang Immersive Berbasis Permainan

SoLeLands hadir sebagai sebuah solusi untuk memastikan pengenalan dan stimulasi yang tepat dalam mempersiapkan anak-anak yang tanggap digital

Teknologi dan dunia digital kini sudah menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari aktivitas manusia. Banyak kegiatan ataupun pekerjaan yang menuntut seseorang untuk mengerti bagaimana cara dunia maya bekerja, bahkan sejak masa anak-anak.

Untuk menjawab tantangan tersebut, SoLeLands hadir sebagai sebuah solusi untuk memastikan pengenalan dan stimulasi yang tepat dalam mempersiapkan anak-anak yang tanggap digital. Platform ini menyediakan permainan edukasi (edu games) dengan pendekatan yang mengutamakan permainan (game-first), untuk mendukung orang tua dan pendidik dalam mempersiapkan keterampilan dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk anak-anak.

SoleLands berfokus pada dua tujuan utama, yaitu menemukan minat anak-anak dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan.

SoLeLands menekankan pentingnya perkembangan anak di berbagai bidang, seperti kecakapan hidup (life skills), budi pekerti, kecerdasan, dan kompetensi. Dengan banyaknya informasi yang mungkin masih baru untuk anak-anak, SoLeLands menyajikan konten pembelajaran dalam format yang mudah dicerna untuk memastikan pengertian dan pemahaman yang lebih baik.

Selain itu, SoLeLands menawarkan Talent Manager Tool untuk menghadirkan kolaborasi antara orang tua dan anak, sehingga orang tua bisa melihat secara langsung minat dan bakat dari anak-anak mereka.

Dengan demikian, informasi ini bisa digunakan orang tua untuk membimbing perkembangan anak- anak mereka, sambil tetap memprioritaskan kemandirian dan keamanan anak-anak, serta membangun kecintaan mereka untuk belajar dan membekali mereka dengan rasa ingin tahu.

Pengembangan SoLeLands terinspirasi dari perkembangan pola asuh anak saat ini yang sudah sangat berbeda dibandingkan di masa lampau. Didirikan pada tahun 2022 oleh Jonathan Prathama (Chief Executive Officer) dan Adhi Paisoseputra (Chief Operating Officer), keduanya menyadari bahwa anak-anak sekarang tumbuh di tengah masyarakat dengan adopsi teknologi yang tinggi, sehingga para orang tua perlu membekali anak-anak mereka dengan keterampilan serta nilai-nilai yang dibutuhkan untuk dapat berkembang dan beradaptasi di era yang terus berubah.

SoLeLands sendiri baru saja mengumumkan perolehan pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures dengan partisipasi dari SMDV. Dengan pendanaan ini, mereka berharap bisa mengembangkan kapasitas dan produk dalam mempersiapkan soft launching pada Q4 tahun 2023.

“Kami senang menyambut SoLeLands ke keluarga East Ventures. Pendidikan berperan penting dalam membentuk masa depan yang sejahtera. Kami percaya bahwa pendekatan dan penawaran inovatif SoLeLands merupakan solusi yang tepat dan belum pernah ada sebelumnya, karena mereka tidak hanya berfokus pada life skills dan kompetensi, tetapi juga pada tujuan jangka panjang untuk membangun kecintaan terhadap belajar. Kami percaya SoLeLands hadir untuk memberdayakan dunia pendidikan di Indonesia dan pada akhirnya berkontribusi pada proses pembelajaran yang lebih baik bagi generasi muda dan masyarakat," kata Jordy Tenka, Investment Professional East Ventures.