Dark
Light

PlasaIndigo Inkubator Industri Digital Kreatif

1 min read
September 28, 2009

Telkom sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia rupanya tahun ini meluncurkan inisiatif program inkubasi untuk industri kreatif digital yang dinamakan PlasaIndigo. PlasaIndigo ini merupakan salah satu bentuk dari corporate social responsibility dari Telkom.

Sejak beberapa bulan lalu PlasaIndigo sudah mengumpulkan beberapa startup yang akan diberikan kesempatan untuk pitching mengenai ide kreatif mereka, beberapa diantaranya merupakan web startup yang buat saya sangat menarik. Startup-startup ini dikumpulkan sejak beberapa bulan lalu dan menjaring lebih dari 600 pendaftar dari industri kreatif, hingga tahap seleksi akhirnya tersisa 80 partisipan saja.

Para partisipan ini akan dinilai dari kreativitas ide mereka dan juga keuntungan dari sisi bisnis, sebuah kombinasi mematikan dalam bisnis terutama bisnis startup yang cenderung kaya ide namun kurang modal.

Pemenangnya akan mendapat sokongan dana sebesar Rp. 50 juta, agak kurang untuk menghire beberapa orang tambahan sampai produk mereka menghasilkan keuntungan tapi ya lumayan lah. Dan juga pemenang akan diberikan fasilitas lengkap bernilai hingga Rp. 100 juta dan juga bimbingan / konsultasi dari para entrepreneur sukses. Menggiurkan? Tentu saja.

Masih belum jelas apakah nantinya PlasaIndigo ini akan mendapatkan kepemilikan atau pembagian keuntungan dari para startup ini, namun jika berlabel CSR tentu seharusnya tidak ada embel-embel seperti ini.

Event-event seperti inilah yang benar-benar dibutuhkan oleh para entrepreneur muda yang sedang menjajaki bisnis dimana mereka bisa mendapatkan dana yang mereka butuhkan untuk memulai bisnis tersebut. Langkah yang patut diacungi jempol untuk Telkom.

PS: Saya masih bingung dengan status kanalbola.com yang diluncurkan PlasaIndigo beberapa waktu lalu.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Nokia Akuisisi Dopplr

Next Story

CTO Wikimedia Bergabung Dengan Status.Net

Latest from Blog