28 March 2022

by Glenn Kaonang

Setelah Belasan Tahun Mengabdi, Pimpinan Amazon Games Putuskan Hengkang

Di bawah kepemimpinan Mike Frazzini, Amazon Games meluncurkan dua game yang cukup sukses, yaitu New World dan Lost Ark

Kabar mengejutkan datang dari Amazon Games. Pimpinan utamanya, Mike Frazzini, memutuskan untuk mundur dari jabatannya dengan alasan ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya, sekaligus untuk mengejar kepentingan pribadinya.

Kabar ini pertama dilaporkan oleh Bloomberg, sebelum akhirnya dikonfirmasi secara publik oleh Mike sendiri via sebuah posting di LinkedIn. Mike akan resmi meninggalkan Amazon pada 29 April 2022, kurang lebih hampir 13 tahun setelah berkecimpung di industri game, dan nyaris 18 tahun setelah mengabdi buat Amazon (dari sejak Amazon masih fokus berjualan buku).

Meski didukung modal yang besar dan sejumlah sosok veteran di industri game, Amazon Games kesulitan membuat game yang sukses selama bertahun-tahun, dan tidak sedikit yang bilang bahwa Mike adalah salah satu alasan di baliknya. Kendati demikian, Mike cukup berbangga bahwa selama enam bulan terakhir di bawah kepemimpinannya, Amazon Games masih sempat meluncurkan dua game yang masuk dalam peringkat sepuluh besar.

Dua game yang dimaksud tentu saja adalah New World dan Lost Ark. New World kita tahu sempat mendulang sukses yang cukup besar dengan mengakomodasi lebih dari 913.000 concurrent player tidak lama setelah dirilis di bulan September 2021. Sayang kesuksesannya tidak bertahan lama, dan di bulan Maret ini, rata-rata jumlah pemainnya sudah turun menjadi sekitar 21.000 saja kalau berdasarkan data dari SteamCharts.

Lost Ark di sisi lain adalah MMORPG bikinan developer asal Korea Selatan, Smilegate RPG, dan Amazon Games sebenarnya cuma berperan sebagai publisher dari game tersebut untuk wilayah Amerika dan Eropa. Pun demikian, Lost Ark memang terbukti jauh lebih sukses daripada New World, dan sampai artikel ini ditayangkan, rata-rata jumlah pemainnya masih ada di kisaran 200.000 sekian.

Dalam postingnya, Mike juga menuliskan bahwa Amazon Games sedang mempersiapkan beberapa game yang menjanjikan, meski sayangnya tidak dijelaskan apakah ini game yang mereka kembangkan sendiri, atau mereka cuma berperan sebagai publisher seperti dengan Lost Ark tadi. Di samping itu, Mike juga bilang bahwa layanan Prime Gaming dari Amazon juga menunjukkan perkembangan yang positif, dan timnya juga punya beberapa inisiatif baru yang juga memiliki traksi yang baik.

Via: VentureBeat.