Dark
Light

VR Headset Pico Goblin Bisa Beroperasi Tanpa Bantuan Smartphone atau PC

1 min read
January 3, 2018

2018 bakal menjadi babak baru bagi industri virtual reality dengan dimulainya tren standalone VR headset macam Oculus Go dan HTC Vive Focus. Namun sebelum keduanya menjajah pasaran, startup VR bernama Pico ingin lebih dulu mencuri start.

Perangkat besutannya, Pico Goblin, sudah tersedia saat ini juga seharga $269. Banderol tersebut bakal memberikan konsumen sebuah VR headset yang bisa beroperasi secara mandiri tanpa perlu diselipi smartphone atau disambungkan ke PC, plus sebuah controller mungil ala Google Daydream.

Pico Goblin

Performa Goblin ditunjang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 820. Memang bukan yang terbaik mengingat Vive Focus datang dengan Snapdragon 835, tapi setidaknya masih termasuk kategori high-end meski dari generasi lawas. Melengkapi prosesornya adalah RAM DDR4 berkapasitas 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 16 GB.

Yang lebih mengesankan justru adalah display berukuran 5,5 incinya yang mengemas resolusi sebesar 2560 x 1440 pixel, setara dengan Oculus Go. Dipadukan dengan controller-nya, Goblin menawarkan tracking 3DoF (three degrees of freedom), yang artinya perangkat bisa mendeteksi gerakan kepala secara bebas, tapi tidak untuk langkah kaki.

Pico Goblin

Untuk urusan konten, Pico rupanya cukup percaya diri dengan platform racikannya sendiri. Sejauh ini mereka bilang sudah ada lebih dari 70 game dan ratusan video 360 derajat yang bisa dinikmati oleh konsumen Goblin.

Terlepas dari itu, yang berpotensi menjegal kesuksesan Pico Goblin justru adalah banderol harganya, yang ternyata lebih mahal $70 jika dibandingkan Oculus Go. Situasinya akan semakin memburuk seandainya HTC juga menjajakan Vive Focus di kisaran $200.

Sumber: Pico.

Previous Story

Sarinah Releases “Sarinah Online” E-Commerce Service

Pro kontra melakukan kegiatan pemasaran berbayar / Pexels
Next Story

Tiga Risiko Kegiatan Pemasaran Berbayar

Latest from Blog

Don't Miss

Play For Dream Technology Masuki Pasar Virtual Reality Asia-Pasifik

Dengan semakin berkembangnya medium hiburan saat ini, kehadiran teknologi-teknologi hiburan

Perfect Corp. Gunakan AI dan AR di Dunia Kecantikan

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sempat