Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Phoenix Force Juara Free Fire World Series 2021 Singapore

31 May 2021Yabes Elia

Tim asal Thailand yang satu ini mendominasi turnamen.

Phoenix Force berhasil jadi juara Free Fire World Series (FFWS) 2021 Singapore. Tim asal Thailand ini berhak membawa pulang hadiah sebesar US$500 ribu dari total hadiah sebesar US$2 juta.

Phoenix Force mendominasi turnamen ini. Pasalnya, dari total 6 match, mereka memenangkan 4 match, berada di peringkat 2 dan di peringkat 3 di 2 match sisanya. Mereka juga berhasil meraih 48 kill yang jadi jumlah terbanyak dibandingkan tim-tim lainnya, dengan total nilai 113 poin. Piyapon “TheCruz” Boonchuay dari Phoenix Force juga mendapatkan gelar MVP setelah mendapatkan 23 kill sepanjang 6 match.

Tim asal Brazil, LOUD, menempati peringkat kedua dengan raihan total 77 poin. Tim ini awalnya sedikit kesulitan mengawali pertarungan di 2 ronde pertama. Namun mereka berhasil memberikan performa maksimal di pertandingan-pertandingan berikutnya yang menghantarkan mereka berada di posisi kedua dengan selisih poin tipis dengan peringkat ketiga.

Berikut adalah hasil dari klasemen akhir dari FFWS 2021:

  1. Phoenix Force: 113 points
  2. LOUD: 77 points
  3. Silence: 73 points
  4. Fluxo: 59 points
  5. HQ Esports: 55 points
  6. Burst The Sky: 41 points
  7. Team AZE: 37 points
  8. EVOS Divine: 34 points
  9. Geek Fam: 27 points
  10. VIP Esports: 27 points
  11. First Raiders Bravo: 27 points
  12. LGDS: 14 points

Buat yang belum familiar dengan skena esports Free Fire, FFWS adalah kejuaraan dunia tahunan dari Free Fire. Turnamen yang kali ini digelar di Singapura ini berhasil menarik 5,4 juta penonton (Peak Viewers) dan 18,4 juta jam ditonton (Hours Watched) menurut data dari Esports Charts. Menurut sumber yang sama, rata-rata penonton (Average Viewers) FFWS 2021 mencapai 2 juta orang.

Image credit: Esports Charts

 

Tayangan berbahasa Indonesia ditonton oleh 1 juta orang. Sedangkan, menariknya, 1,9 juta penonton menyaksikan tayangan berbahasa India. Padahal 2 tim asal India absen di turnamen ini karena mendapatkan larangan dari pemerintah Singapura.

Free Fire memang nampaknya masih kuat bertengger menjadi salah satu skena esports mobile paling favorit di tingkat internasional. Free Fire bersaing ketat dengan rivalnya yang sama-sama Battle Royale, PUBG Mobile, untuk berebut tahta game esports mobile paling populer di dunia. Anda bisa membaca lengkap perbandingan antara Free Fire vs. PUBG Mobile di artikel yang pernah kami tuliskan beberapa waktu lalu.

Dalam hal pendapatan dari In-App Purchase, menariknya, Free Fire mampu mengalahkan PUBG Mobile di pasar Amerika Serikat. Namun di pasar global, PUBG Mobile masih jauh di atas Free Fire — setidaknya menurut perkiraan dari Sensor Tower.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV