PeSO Dapatkan Akreditasi Sebagai Organisasi Esports Nasional Filipina

Dengan begitu, PeSO akan bertanggung jawab atas pengembangan esports di Filipina

Belum lama ini, Philippine Esports Organization (PeSO) mengajukan diri untuk mendapatkan akreditasi sebagai National Sports Association. Philippine Olympic Committee (POC) baru saja memberikan akreditasi tersebut pada PeSO. Dengan begitu, PeSO resmi menjadi organisasi nasional yang akan bertanggung jawab untuk mengatur dan mengembangkan esports di Filipina.

"Kami bangga bisa turut mendukung industri esports Filipina yang tengah berkembang pesat," kata Brian lim, President PeSO, menurut laporan ESPN. "Dengan dukungan dari POC dan Smart, kami akan bisa memperkuat posisi kami tidak hanya di ekosistem esports lokal, tapi juga di scene esports global."

Didukung oleh perusahaan telekomunikasi Smart Communications, PeSO terdiri dari sejumlah pelaku esports ternama di Filipina, mulai dari tim esports sampai perusahaan yang bergerak di bidang esports. Beberapa anggota PeSO antara lain Bren Esports, Gariath Concepts, Mineski Philippines, The Nationals, PlayBook Esports, Tier One Entertainment, TV5, dan TNC Holdings.

3ND Joben dari TNC saat bertanding di IESF World Championship. | Sumber: Facebook

"Sebagai penyedia layanan telekomunikasi dan digital, kami senang karena kami dapat mendukung PeSO dan menyediakan teknologi terbaik untuk mengembangkan industri esports di Filipina," ujar Jane J. Basas, Senior Vice President dan Head of Consumer Wireless Business, Smart Communications.

Memang, selama ini, Smart Communications telah aktif di ekosistem esports Filipina. Mereka pernah mengadakan turnamen nasional Mobile Legends. Tak hanya itu, pada Juli 2020, mereka juga memamerkan pusat gaming yang sudah menggunakan jaringan 5G. Ketika itu, mereka mengadakan pertandingan eksibisi menggunakan cloud gaming, menunjukkan pertandingan antara pengguna smartphone dan pemain PC.

Smart bekerja sama dengan PeSO dan Esports National Association of the Philippines (ESNAP) untuk mendukung tim esports basket Filipina bertanding di Pacific Pro-Am NBA 2K20 Tournament tak lama setelah tim tersebut sukses dalam FIBA Esports Open. Selain itu, Smart juga mendukung tim esports Filipina yang bertanding di SEA Games 2019. Mereka bahkan memberikan hadiah pada para pemain yang memenangkan medali.

"Kami senang karena kami dapat menyatukan para gamer dan mendapatkan dukungan dari para atlet esports," ujar Basas. "Kami juga puas karena bisa menjadi bagian dari organisasi yang akan membentuk industri esports di Filipina. Kami akan membantu atlet-atlet esports kami untuk menunjukkan kemampuan mereka di tingkat global."

Sumber header: Facebook