PBESI Umumkan Peserta Pelatnas Esports Jalur Undangan di SEA Games 2021!

Jalur undangan merupakan salah satu jalur pelatnas khusus bagi para pemain profesional.

Setelah SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam resmi menghadirkan esports sebagai cabang medali, banyak negara mulai berbenah termasuk Indonesia. Melalui PBESI, Indonesia sudah mengumumkan jalur resmi untuk program pelatihan esports nasional.

Para pemain harus memenuhi beberapa syarat yang sama seperti Kerjunas, yang bisa Anda baca lengkap di sini. Pemain-pemain yang didatangkan sendiri hadir dari jalur undangan khusus bagi mantan atau pemain esports profesional aktif.

Sistem ini sendiri dilakukan secara langsung dan pribadi tanpa ada administrasi awal yang dipersiapkan. Jalur ini juga khusus diinisiasi oleh pihak pemerintah berdasarkan performa dan pengalaman pemain di beberapa tahun terakhir.

Uniknya, semua pemain yang diumumkan melalui Instagram GarudaKu tersebut sebenarnya memiliki opsi untuk menerima atau menolak panggilan pelatnas. Namun hampir semua pemain menerima undangan langsung dari pihak PBESI dan IESPA tersebut.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by GarudaKu (@garudaku.esi)

Untuk menghadirkan seleksi yang kompetitif dan sehat, pemain jalur undangan akan disatukan dengan pemenang dari kejurnas, pemain pilihan pelatih timnas, hingga para juara di ajang esports PON XX Papua.

Langkah ini dilakukan untuk membawa pemain yang berkualitas untuk mewakili Indonesia pada turnamen esports di SEA Games 2021 Hanoi.

Berikut daftar lengkap pemain undangan dari masing-masing judul game, antara lain:

League of Legends Wild Rift

Mobile Legends: Bang Bang & FIFA Online 4

League of Legends & Cross Fire

PUBG Mobile & Arena of Valor

Nama-nama pemain yang diundang sendiri memang terkenal dan berpengalaman di masing-masing judul game. Bahkan untuk Mobile Legends, pihak PBESI membawa dua finalis MPL ID Season 8 yaitu RRQ Hoshi dan ONIC Esports.

Prestasi kedua tim memang sangat terkenal, bahkan sudah mewakili Indonesia juga di turnamen Mobile Legends tingkat dunia yaitu M3 World Championship 2021.

PUBG Mobile juga tidak ketinggalan menghadirkan trio pemain terbaiknya yaitu Zuxxy, Luxxy, dan Ryzen. Selain itu, para pemain dari Genesis Dogma juga turut mewarnai jajaran pemain undangan untuk PUBG Mobile.

Sumber: PUBGM Esports

FIFA Online 4 juga membawa nama-nama pemain terkenal seperti Eggsy dari RRQ hingga Rizky Faidan sang pemain muda berbakat meski sebenarnya mereka datang dari ranah esports PES.

Masih banyak pemain berbakat lain dari jalur undangan pada game Cross Fire, League of Legends, Arena of Valor, hingga Wild Rift. Meski begitu, mereka akan kembali bertanding dari pemain jalur kualifikasi terbuka untuk memastikan tempat di SEA Games 2021 Hanoi.