Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Perusahaan Esports Tiongkok Ajukan IPO di Hong Kong, Kompetisi Balap Sepeda Virtual Kembali Digelar

7 February 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Cloud9 asal Amerika Utara tanda tangani kontrak kerja sama dengan Blockchain.com

Ada beberapa berita unik di dunia esports pada minggu lalu. Salah satunya, Zwift mengungkap bahwa mereka akan kembali mengadakan UCI Cycling eSports World Championship. Di minggu lalu, juga beredar kabar bahwa WRC Esports Series akan kembali diadakan pada tahun ini. Sementara itu, perusahaan esports Tiongkok, VSPN akan melakukan IPO di Hong Kong Stock Exchange. Dan Cloud9 mengungkap bahwa mereka telah menandantangani kontrak kerja sama dengan Blockchain.com.

Zwift Kembali Adakan UCI Cycling eSports World Championship

Zwift mengadakan kompetisi balap sepeda virtual pada Desember 2020 lalu. Pada tahun ini, mereka akan kembali mengadakan UCI Cycling eSports World Championship. Untuk lebih tepatnya, kompetisi itu akan digelar pada 26 Februari 2022. Pemenang dari balapan pria dan perempuan akan mendapatkan UCI Cycling eSports World Champions Jersey — yang bisa dikenakan di Zwift. Selain itu, pemenang pertama akan mendapatkan EUR8 ribu (sekitar Rp131,6 juta), runner up EUR4 ribu (sekitar Rp65,8 juta), dan juara tiga akan mendapatkan EUR2 ribu (sekitar Rp32,9 juta).

Untuk menentukan pebalap sepeda yang bisa bertanding di World Championship, Zwift mengadakan Continental Qualifiers pada November 2021. Babak kualifikasi itu digelar di lima kawasan, yaitu Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania. Di setiap babak kualifikasi, akan terpilih lima pebalap terbaik untuk bertanding di World Championship, lapor Cycling News.

Cloud9 Kerja Sama dengan Blockchain.com

Organisasi esports asal Amerika Utara, Cloud9, telah menandatangani kontrak kerja sama dengan layanan finansial cryptocurrency, Blockchain.com. Kontrak kerja sama tersebut berlaku selama lebih dari satu tahun. Sebagai bagian dari kolaborasi tersebut, logo dari Blockchain.com akan ditampilkan di semua channel digital Cloud9. Selain itu, logo Blockchain.com juga akan tersemat di jersey semua pemain League of Legends dari Cloud9. Melalui kolaborasi ini, Cloud9 dan Blockchain.com berharap, mereka bisa membuka diskusi tentang literasi keuangan dan cryptocurrency di kalangan komunitas esports.

“Blockchain.com adalah rekan yang sempurna untuk tim Cloud9,” kata CEO dan Co-founder Cloud9, Jack Etienne, dikutip dari Esports Insider. “Tim kami bangga karena bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terbaik di berbagai industri. Dan sekarang adalah waktu yang tepat bagi kami untuk memasuki dunia cryptocurrency. Dukungan dari Blockchain.com akan memastikan para konsumen akan memahami dan mendapatkan akses ke layanan finansial masa depan, via cryptocurrency.”

VSPN Ajukan IPO di Hong Kong Stock Exchange

Minggu lalu, perusahaan esports dan penyelenggara turnamen esports asal Tiongkok, Versus Programming Network Group (VSPN) telah mengajukan penawaran saham perdana (IPO) di Hong Kong Stock Exchange. Dengan ini, VSPN akan fokus pada tiga hal, yaitu mengembangkan infrastruktur perusahaan, melakukan ekspansi ke luar Tiongkok, dan memperbaiki model bisnis yang mereka gunakan, menurut laporan Esports Insider. Sebelum ini, VSPN telah mendapatkan investasi dari beberapa perusahaan game ternama, seperti Tencent, Garena, dan KRAFTON.

VSPN adalah salah satu perusahaan esports ternama di Asia. Saat ini, mereka telah mengadakan berbagai liga dan turnamen esports di Tiongkok, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Selain itu, mereka juga memegang hak untuk menyiarkan turnamen dari 29 game, termasuk Honor of Kings, PUBG Mobile, dan League of Legends. Tak hanya itu, VSPN juga merupakan penyelenggara dari King Pro League.

WRC Esports Kembali Digelar di 2022

Sukses di 2021, WRC Esports Series akan kembali digelar pada tahun ini. Sejak tahun lalu, kompetisi rally virtual itu memang didukung oleh World Rally Championship (WRC). WRC Esports 2022 akan terdiri dari 13 balapan virtual. Balapan petama digelar pada 4-7 Februari 2022 di sirkuit Monte Carlo. Sementara balapan terakhir akan diadakan di Yunani pada 12-15 Agustus 2022. Anda bisa melihat jadwal dari 13 babak kualifikasi di bawah.

Daftar WRC Esports 2022. | Sumber: Motorsport

Dari babak kualifikasi, akan terpilih delapan sim racer terbaik untuk bertanding di World Final. Hanya saja, saat ini, masih belum diketahui kapan event tersebut digelar. Sekarang, WRC Esports telah memasuki musim ke-6. Kompetisi tersebut terbuka untuk semua orang yang memiliki game WRC 10 di PC, PlayStation, atau Xbox, menurut laporan Motorsport.

G-Loot Bakal Adakan Kompetisi PUBG: Battlegrounds untuk Kawasan EMEA

G-Loot akan mengadakan turnamen dari PUBG: Battlegrounds, berjudul G-Loot Series 5. Turnamen yang akan diadakan di Februari dan Maret 2022 itu akan mengadu lebih dari 500 tim dari kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA). Kompetisi tersebut bakal menjadi turnamen pertama yang digelar di bawah merek G-Loot, setelah platform turnamen esports G-Loot — GLL — melebur kembali ke perusahaan utama pada tahun lalu.

“Salah satu hal yang membuat G-Loot istimewa adalah karena kami ingin membuat esports bisa dijangkau oleh lebih banyak orang,” kata VP and Head of Esports, G-Loot, Simon Sunden, lapor Esports Insider. “Kami harap, di musim ini, akan ada lebih banyak tim yang ikut serta. Berdasarkan pengalaman kami, ada banyak pemain amatir yang memulai karir mereka di turnamen kami dan menjadi pemain profesional setelah memenangkan turnamen yang kami adakan. Kami bangga karena ada banyak cerita bertema from zero to hero dalam events yang kami adakan.”

Play video

5 July 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Produsen hardware crypto wallet Ledger resmi menjalani debutnya di ranah marketplace NFT lewat Ledger Market.

Others from #HybridTV