12 December 2022

by Ellavie Ichlasa Amalia

Pertumbuhan Bisnis Huawei di 2022

Penjualan dari berbagai produk Huawei mengalami pertumbuhan sepanjang 2022

Dalam Huawei Indonesia Media Camp 2022, Patrick Ru, Country Head, Huawei Device Indonesia mengungkap performa perusahaan sepanjang semester pertama 2022. Di Indonesia, dia menyebutkan bahwa bisnis smartphone Huawei mengalami kenaikan sebesar 34% dari tahun lalu. P50 Pro menjadi smartphone flagship yang Huawei rilis tahun ini.

Kamera masih menjadi salah satu fitur yang Huawei unggulkan dari P50 Pro. Seperti yang sudah dibahas dalam review kami, P50 Pro menggunakan sensor OmniVision untuk semua kameranya. Tak hanya itu, smartphone tersebut juga sudah menggunakan proses imaging full path, yang akan menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

Pertumbuhan bisnis Huawei di berbagai lini.

Selain smartphone, Patrick mengatakan, bisnis wearable dari Huawei juga memberikan performa yang lebih baik di awal 2022. Pada semester pertama 2022, bisnis wearable Huawei mengalami pertumbuhan sebesar 74% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Patrick bahkan mengklaim, Huawei sukses menjadi brand wearable nomor satu di Indonesia.

Di kategori wearable, salah satu produk yang Huawei rilis tahun ini adalah WATCH GT3 Pro. Dirilis pada Juni 2022, WATCH GT3 Pro memiliki tampilan layaknya jam tangan klasik. Edy Supartono, Training Director, Huawei Device Indonesia menyebutkan bahwa WATCH GT3 Pro bisa digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 30 meter. Hal ini jadi salah satu keunggulan yang dibanggakan oleh Huawei.

Selain WATCH GT3 Pro, di kategori wearable, Huawei juga merilis WATCH D di tahun ini. Edy menjelaskan, fitur unggulan WATCH D adalah kemampuan untuk mengukur tekanan darah dengan akurat. Dia mengatakan, tingkat akurasi WATCH D bahkan bisa dibandingkan dengan alat medis. Hal ini bisa tercapai karena smartwatch tersebut sudah dilengkapi dengan alat pompa mini. Tak terbatas pada tekanan darah, WATCH D juga bisa digunakan untuk mengukur Elektrokardiogram (EKG) serta SpO2.

Peluncuran dan pencapaian Huawei sepanjang 2022.

Patrick menyebutkan, pada semester pertama 2022, bisnis laptop Huawei juga mengalami pertumbuhan sebesar 86% dari tahun 2021. Dari semua jenis laptop yang Huawei rilis, ultrabook menjadi kategori yang mengalami pertumbuhan paling cepat.

Ialah MateBook X Pro, laptop Huawei pertama yang memiliki sertifikasi Intel Evo. Salah satu keunggulan dari laptop ini adalah layar Real Color FullView Display 14,2 inci miliknya. Layar itu juga sudah mendapatkan sertifikasi Eye Comfort 3.0 oleh TUV Rheinland. Huawei menyebutkan, dengan ini, warna yang tampil di produk Huawei -- mulai dari laptop, tablet, sampai smartphone -- akan konsisten.

Terakhir, Patrick mengungkap, penjualan dari True Wireless Stereo (TWS) Earphone mengalami pertumbuhan sebesar 120%. FreeBuds Pro 2 jadi produk unggulan Huawei di kategori TWS Earphone. Huawei mengklaim, FreeBuds Pro 2 menjadi TWS pertama dengan diafragma Planer, yang biasanya hanya ditemukan pada headphone profesional. Edy juga menyebutkan, earphone ini sudah memiliki quad magnet dynamic driver yang berfungsi untuk memperkuat suara bass.