Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Pertama di Dunia, Team Secret Luncurkan Minuman Bir dengan Brand Esports

13 September 2019Ayyub Mustofa

Menurut Team Secret, bir ini diracik dengan rasa yang menggambarkan kultur gaming.

Sebuah tim esports melakukan diversifikasi usaha ke bidang lain bukan hal yang mengejutkan. Tim Dota 2 Alliance misalnya, beberapa waktu lalu dikabaran melebarkan sayap dengan meluncurkan kompetisi sendiri bernama Alliance League. Di Indonesia, ada EVOS Esports yang ingin menjadi brand lifestyle dan telah meluncurkan produk fashion. Masih banyak lagi contoh lainnya di luar sana.

Organisasi Dota 2 (dan berbagai cabang esports populer lain) Team Secret pun tak lepas dari langkah tersebut. Baru-baru ini mereka mengumumkan peluncuran produk minuman beralkohol tipe craft beer, yang digadang-gadang sebagai “minuman beralkohol dengan brand esports pertama di dunia”. Team Secret bekerja sama dengan produsen bir asal Pennsylvania, Levante Brewing Company, dalam peracikannya.

https://twitter.com/teamsecret/status/1171762827603972096

Uniknya, Team Secret memberi nama minuman ini AFK, diambil dari jargon populer dunia gaming yang merupakan singkatan “Away From Keyboard”. Mereka mempopulerkan tagline dan tagar di media sosial dengan bunyi #ImAFK, menggambarkan seorang pemain game online yang sedang meninggalkan komputernya untuk meminum bir ini.

AFK pertama kali disingkap di tengah-tengah ajang The International 2019 Shanghai kemarin, dalam sebuah acara pesta (press party) yang digelar oleh Team Secret untuk media. Di sana, para insan media, influencer, serta tokoh-tokoh penting industri esports diundang untuk mencicipi sampel minuman AFK. Tadinya Team Secret hanya akan memasarkan AFK di pasar Tiongkok, tapi karena respons para tamu sangat positif, Team Secret jadi berani untuk memasarkannya di pasar international juga dalam waktu dekat.

AFK Press Party - Photo 1
AFK Press Party | Sumber: Team Secret

Beberapa lokasi yang akan menjadi jalur penjualan AFK antara lain bar, restoran, lounge, dan esports venue. Menurut Team Secret, minuman ini diracik sedemikian rupa agar mencerminkan kultur gaming—menyenangkan untuk penggemar kasual, tapi juga memiliki kedalaman rasa bagi penggemar yang lebih serius. Rasa yang ditawarkan cenderung menyegarkan dengan kadar pahit yang rendah, dengan basis dari hop (tanaman) Mosaic dan Idaho 7.

Keterlibatan brand minuman dalam dunia esports adalah hal yang sudah lazim terjadi, tapi umumnya kolaborasi ini diasosiasikan dengan brand minuman energi, seperti Red Bull atau Monster. Memang ada beberapa brand minuman alkohol sudah mulai menunjukkan minatnya di industri ini, misalnya Bud Light yang menjadi official beer partner NBA 2K League dan Harbin yang telah mensponsori tim serta berbagai kegiatan esportssejak 2016.

AFK Press Party - Photo 2
Ki-ka: Michael DeThomas (owner Levante Brewing Company), John Yao (CEO Team Secret) | Sumber: Team Secret

Popularitas Team Secret jelas akan membuat AFK dikenal oleh banyak orang, tapi apakah AFK sendiri akan menjadi produk yang laku di pasaran tentu itu hal yang belum bisa kita jawab sekarang. Tapi masuknya mereka menjadi brand minuman membuka sebuah peluang baru, yaitu kemungkinan Team Secret atau AFK menjadi sponsor untuk organisasi dan kompetisi esports. Kita tunggu saja bagaimana strategi bisnis Team Secret ke depannya.

Sumber: Team Secret

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV