7 October 2022

by Daniel Hamiaz

Pernyataan Resmi terbaru HoYoverse Terkait Konten Endgame Genshin Impact Buat Komunitas Kecewa

Mereka tidak akan membuat lagi konten mirip Spiral Abyss selanjutnya, karena dinilai menyebabkan kekhawatiran berlebih terhadap pemain

Genshin Impact baru saja merayakan anniversary mereka yang kedua pada bulan September lalu. Genshin Impact merupakan salah satu game tersukses untuk platform mobile. Keuntungan besar yang diraup dan pemain yang banyak dinikmati oleh HoYoverse sejak game ini dirilis.

Namun, diketahui komunitas Genshin Impact kembali lagi dikecewakan oleh pengembang, dan uniknya, peristiwa ini berdekatan dengan perayaan anniversary lagi. Kali ini, bukan karena hadiah yang HoYoverse berikan kepada komunitas yang membuat kekecewaan mereka tak terbendung, melainkan pernyataan resmi disampaikan oleh Developer.

sumber: Gamespot

Melalui wawancara yang dilakukan Gamespot, tim pengembang mengatakan bahwa mereka tidak akan menambah konten endgame permanen yang mirip dengan Spiral Abyss. Alasan yang mereka berikan adalah karena mereka tidak ingin menimbulkan excessive anxiety atau kecemasan berlebihan kepada pemain. Mereka juga menambahkan bahwa tidak semua pemain tertarik untuk menyelesaikan Spiral Abyss.

Alih-alih mengembangkan tantangan pertarungan, HoYoverse menyatakan bahwa arah yang mereka ambil ke depan adalah dengan memunculkan sejumlah minigame, seperti permainan kartu yang direncanakan rilis pada versi mendatang.

Banyak orang yang kecewa setelah mengetahui bahwa HoYoverse "mematikan" harapan mereka untuk melawan musuh yang lebih kuat. Mereka merasa bahwa grinding mereka selama berbulan-bulan menjadi sia-sia.

Alasan yang diberikan juga dinilai konyol, karena mereka takut menyebabkan kecemasan berlebih terhadap konten yang bersifat opsional alias tidak wajib. Komunitas juga menyinggung bahwa sebagai game gacha, Genshin Impact justru memainkan anxiety jenis lain, yaitu FOMO, yang dinilai lebih berbahaya bagi pemain yang tidak sadar.

Walau demikian, ada juga beberapa orang yang setuju dengan jawaban HoYoverse, dan membagikan pengalaman mereka saat menghadapi Spiral Abyss. Sayangnya, HoYoverse tidak membeberkan data pemain yang menjadi dasar atas klaim mereka terhadap kecemasan berlebih akibat Spiral Abyss.

Spiral Abyss merupakan tantangan tersulit yang ada di Genshin Impact. Konten endgame permanen tersebut sering dijadikan tolak ukur untuk menilai sebuah karakter atau sebuah komposisi tim. Pemain yang berhasil menyelesaikannya akan mendapatkan Primogems, yang merupakan kurs premium di game PvE ini. Tantangan ini akan di-reset dua kali sebulan.