24 October 2022

by Lukman Azis

Viral Di TikTok, Inilah 3 Perlengkapan Yang Dapat Menunjang Anda Saat Live Streaming

Mulai dari paket lampu, mikrofon nirkabel, hingga tripod dengan harga yang terjangkau untuk live streaming di TikTok

TikTok terus membesar, ia tak lagi sekedar platform distribusi konten, tetapi juga raksasa marketplace. Para penjual bisa memasukkan produk mereka dengan fitur TikTok Seller dan para pembuat konten mendapat kesempatan besar dengan TikTok Shop Affiliate.

Mereka bisa membuat konten video sambil merekomendasikan produk. Belakangan ini juga banyak pembuat konten yang ramai-ramai membahas produk atau jualan lewat live streaming. Katanya algoritme TikTok menyukai akun yang rajin live streaming secara konsisten.

Untuk melakukan live streaming, tentunya membutuhkan beberapa persiapan. Baik dari segi materi konten yang ingin disampaikan dan peralatan yang mendukung.

Viral di TikTok, di bawah ini beberapa rekomendasi perlengkapan untuk menunjang aktivitas live streaming atau alat TikTok Live di TikTok.

1. Paket Lampu

Mari mulai dari lampu video, opsinya ada banyak dari yang murah hingga mahal. Di sini saya ingin merekomendasikan salah satu paket lampu yang viral di TikTok dan bahkan bahkan sudah banyak digunakan oleh pembuat konten YouTube sejak lama.

Budget yang perlu disiapkan tidaklah besar, di bawah Rp500.000 untuk satu paket lampu utama. Ini bisa dibeli secara terpisah atau satu paket, mulai dari socket E27 bulb holder yang dapat menampung empat lampu dan dilengkapi dengan tombol on/off.

Agar pancaran cahaya yang dikeluarkan lembut, maka wajib menggunakan softbox. Ada beberapa ukuran softbox, mulai dari 50x50, 60x60, 50x70, 80X80, dan 60x90. Anda tinggal sesuaikan dengan ukuran studio, misalnya menggunakan kamar 3x4 meter maka softbox 50x70 sudah cukup ideal.

Jika membeli paket, light stand ini cukup sudah termasuk dan biasanya tinggi maksimalnya bisa mencapai 2 meter. Paket yang mencakup socket E27 bulb holder, softbox, dan light stand ini di pasaran sekitar Rp250.000, tergantung ukuran softbox yang dipilih.

Untuk lampunya memang dibeli secara terpisah, kabar bagusnya lampu RGB sekarang juga bisa diperoleh dengan harga murah sekitar Rp50.000, dan warnanya bisa diatur lewat smartphone. Jadi empat lampu sekitar Rp200.000, yang lebih mahal banyak. Namun hati-hati dalam memilih lampu murah, pastikan memiliki fitur anti flicker.

Bagi pemula yang baru mulai aktif melakukan live streaming, satu paket lampu saja dulu sambil terus meningkatkan kemampuan bicara. Alasan lainnya, kita harus memperhatikan peralatan yang tak kalah penting lainnya setelah lampu, yaitu mikrofon.

2. Mikrofon Eksternal Smartphone

Pengunjung TikTok live Anda akan kabur, jika suara Anda tidak terdengar dengan jelas. Mikrofon eksternal untuk smartphone, sama pentingnya dengan paket lampu dalam menunjang aktivitas live streaming Anda.

Nah mikrofon smartphone yang baru-baru ini viral di Tiktok adalah merek TNW yang menawarkan sejumlah keunggulan. Praktis karena koneksinya sudah nirkabel, receiver yang disambungkan ke smartphone juga sudah menggunakan port USB-C. Bukan jack audio 3,5mm, karena smartphone masa kini belum tentu memilikinya, dan jangkauan sinyalnya bisa mencapai 25 meter.

Seperti earbud TWS, mikrofon TNW ini disimpan dalam case charging yang bentuknya ringkas. Namun yang membuat mikrofon TNW ini viral juga tak lepas dari harganya, yang bisa didapat mulai dari Rp200.000 untuk TNW-Y8, TNWA-A8 Rp250.000, dan TNW-A9 Rp350.000.

Kalau Anda live streaming TikTok bersama teman Anda seperti podcast, ada TNW-Y9 Rp300.000 dan TNW-N8 Rp350.000 yang memiliki dua mikrofon. Sebenarnya ada banyak opsi lain, tetapi kepraktisan mikrofon TNW dan harganya yang murah mulai Rp200.000, ini cocok banget bagi yang baru mulai aktif TikTok live.

3. Tripod & Phone Holder

,

Tripod juga penting untuk dimiliki, tetapi tidak perlu beli yang mahal dulu. Ada yang di bawah Rp100.000, tetapi biasanya cepat rusak. Yang standar dan lumayan awet, harganya sekitar Rp200.000 - Rp300.000. Yang perlu diperhatikan ialah pilih jenis kepala tripod yang ballhead, agar bisa dengan mudah mengatur smartphone ke orientasi vertikal.

Untuk phone holder, pilih yang terdapat dua mount 1/4 inci di bawah dan belakang. Serta, pilih yang ada hot shoe di atasnya. Harga sekitar Rp50.000, sudah dapat yang kualitas cukup bagus dan dibekali karet sehingga bingkai smartphone tidak lecet.

Itulah alat TikTok Live alias perlengkapan yang dapat menunjang Anda melakukan live streaming di TikTok. Namun tidak perlu menunggu sampai semuanya komplet, mulai saja dengan peralatan yang ada sekarang, tetap konsisten, dan Anda bisa membelinya secara terpisah setiap bulannya.

Gambar header: Photo by Solen Feyissa on Unsplash