Gadget News
for SEO
Gadget News

Perkembangan Fitur Kamera Portrait di Perangkat OPPO Reno Series

24 January 2022Lukman Azis

Perjalanan smartphone OPPO dari Selfie Expert menjadi Portrait Expert dengan Reno series

Sebelum fokus ke fitur portrait, smartphone OPPO dikenal luas akan kemampuan kamera depannya yang mampu menghasilkan foto selfie memukau. Julukan ‘Selfie Expert‘ begitu melekat pada perangkat OPPO yang dirilis sejak tahun 2016.

OPPO mengubah strategi mereka di 2019 dengan lini baru Reno series. Kehadiran Reno 10x zoom yang membawa teknologi AI Ultra-Clear Engine menekankan bahwa perangkat OPPO tak cuma kamera depannya saja yang bagus, tetapi kamera belakangnya juga mumpuni.

Kemudian lewat Reno2 series, OPPO pertama kalinya membawa fitur Ultra Steady Video Stabilization yang sangat membantu dalam merekam video dengan pergerakan yang stabil. OPPO mulai serius menghadirkan fitur portrait berteknologi fotografi komputasi berbasis AI di Reno4 series dengan AI Color Portrait dan Night Flare Portrait.

AI Color Portrait dapat memisahkan antara subjek yang menonjol dengan warna sebenarnya dan latar belakang hitam putih. Sementara, Night Flare Portrait memungkinkan menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh dramatis yang dihasilkan lampu-lampu di malam hari.

Selanjutnya Reno5 series membawa AI Highlight Video yang menggunakan AI untuk mendeteksi kondisi cahaya, dalam cahaya redup menggunakan algoritme Ultra Night Video dan dalam keadaan cahaya latar belakang kuat menggunakan HDR Live. Sedangkan, AI Mix Portrait dapat menghadirkan video dengan efek dual exposure secara instan tanpa perlu proses editing yang ribet.

Di Reno6 series, OPPO memosisikannya sebagai ‘Portrait Expert’ dan mengunggulkan fitur Bokeh Flare Portrait Video yang dapat menghasilkan video dengan efek ‘bokeh sinematik’ di kondisi minim cahaya atau malam hari. Lalu, apa selanjutnya?

Ya, OPPO tak lama lagi akan meluncurkan perangkat Reno terbaru dengan kemampuan portrait yang ditingkatkan. Hal itu berkat penggabungan atas tiga elemen penting, mulai dari prosesor pengolah grafis berbasis AI alias Neural Processing Unit (NPU), OPPO telah berhasil mengembangkan mandiri prosesor ini yang disebut MariSilicon X.

Untuk menghasilkan foto portrait dengan kualitas tinggi, tentunya sensor gambar punya peran penting. Perangkat OPPO mendatang dipastikan akan dilengkapi dengan sensor gambar Sony IMX 709 yang dikembangkan oleh OPPO bersama Sony selama tiga tahun lamanya.

Bila dibandingkan dengan Reno6, sensor gambar baru ini menawarkan keunggulan 60% peningkatan sensitivitas cahaya dan pengurangan noise signifikan hingga 35%. OPPO juga menempatkan sensor RGBW yang baru sehingga dapat menghasilkan foto portrait yang lebih natural.

OPPO-Reno-Portrait-Expert-4
Hasil jepretan perangkat OPPO mendatang dengan sensor Sony IMX 709

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah keberadaan perangkat lunak yang terus menerus dikembangkan dengan sistem kecerdasan buatan. Sistem ini dapat membaca setiap situasi ketika menangkap foto portrait dan terintegrasi di sistem operasi terbaru ColorOS 12 berbasis Android 12.

OPPO Indonesia akan meluncurkan perangkat terbarunya yang akan membawa keunggulan-keunggulan tersebut pada kuartal pertama atau kedua di tahun 2022. Seperti yang sudah-sudah, selain versi 4G juga akan tersedia model 5G. Portrait menjadi fitur unggulan yang akan disematkan di perangkat OPPO pada tahun ini, rangkaian fitur portrait yang ada tidak hanya tersedia untuk kamera depan namun juga pada kamera belakangnya.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV