Perjalanan Headphone Nirkabel OPPO Enco Di Indonesia, Dari Enco Q1 Hingga Enco Air

Perkembangan Enco, merek audio OPPO dalam ekosistem IoT di Tanah Air

Pada bulan Oktober 2019, OPPO menghadirkan Enco di Indonesia - sebuah merek baru bagian dari ekosistem Internet of things (IoT) untuk produk audio. Perangkat pertama yang masuk Tanah Air ialah OPPO Enco Q1 yang dirilis bareng Reno2 dan Reno2 F. Mari kita bahas lebih lanjut.

OPPO Enco Q1

OPPO Enco Q1 merupakan headphone nirkabel dengan desain neckband yang dibuat fleksibel dengan ujung tebal dan mengecil di bagian tengah. Dijual dengan harga resmi Rp1.599.000, ia sudah dibekali teknologi hybrid active noise cancelling.

Dengan noise cancelling aktif, Enco Q1 diklaim dapat bertahan hingga 15 jam dan hingga 22 jam tanpa fitur peredam bising. Pengisian dayanya lewat port USB-C dan membutuhkan waktu dua jam, serta mengandalkan koneksi Bluetooth 5.0 untuk terhubung ke smartphone.

OPPO Enco Free

Selanjutnya OPPO memperkenalkan perangkat true wireless headphone pertamanya bernama Enco Free untuk mendampingi Reno3 dan menjadi bonus pre-order OPPO Find X2 serta X2 Pro. Harganya sama seperti Enco Q1, yakni Rp1.599.000 dan menggunakan koneksi Bluetooth 5.0.

Enco Free belum dilengkapi teknologi noise cancelling, tetapi ada fitur AI uplink noise cancellation untuk menyuguhkan panggilan telepon yang jelas. Itu berkat bantuan dual-microphone beam-forming-technology.

Fitur lainnya ultra-dynamic speaker 13,4 mm dengan FPC positioning untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Daya tahan baterainya Enco Free sanggup bertahan sampai 5 jam pemutaran musik atau total 25 jam dengan charging case-nya.

OPPO Enco W31 & Enco M31

OPPO Enco W31

Tak diragukan lagi, Enco Q1 dan Enco Free berhasil menarik banyak perhatian, tetapi kedua headphone nirkabel ini memang cukup mahal. OPPO pun berupaya menjangkau lebih banyak kalangan dengan merilis versi ekonomis dengan Enco W31 dan Enco M31.

Enco W31 dilepas seharga Rp999.000, ia merupakan true wireless headphone seperti Enco Free. OPPO menyematkan fitur dual sound effect, yaitu balance mode dan dymanic bass, cukup sentuh bodi earbud bagian kiri untuk berganti mode. Tiap earbud mampu bertahan 3,5 jam atau hingga 15 jam dengan charging case.

OPPO Enco M31

Beralih ke Enco M31 yang hadir dengan neckband seperti Enco Q1, tetapi harganya cuma Rp599.000. Ia mendukung Hi-Res Audio dan LDAC dengan 990 kbps, cocok untuk menemani aktivitas berolahraga berkat sertifikasi IPX5 yang tahan akan keringat. Daya tahan baterainya sampai 12 jam untuk mendengarkan musik.

OPPO Enco W11

Juni 2020, OPPO berkolaborasi dengan Disney dan menghadirkan Enco W11 edisi khusus Toy Story yang merupakan salah satu film legendaris Pixar Disney. Karakter yang dipilih untuk menghiasi charging case Enco W11 adalah karakter Little Green Monster yang menampilkan tiga mata dengan senyum lebar.

TWS ini berukuran mungil tanpa tangkai, ia dilengkapi dengan driver berukuran 8mm, koneksi Bluetooth 5.0, bodi dengan sertifikasi rating IP55, dan masa pakai baterai 5 jam pemutaran musik atau hingga 20 jam pemutaran dengan charging case. Harga Enco W11 Disney and Pixar's Toy Story Edition sangat terjangkau, yakni Rp599.000.

OPPO Enco W51

Beralih ke Enco W51, ia adalah true wireless headphone pertama OPPO yang dilengkapi teknologi active noise cancellation (ANC). Artinya pengguna dapat mendengarkan musik, bermain game, dan melakukan panggilan telepon dengan gangguan minimal.

Enco W51 hadir dengan solusi pengurangan noise 2+2 yang mengkombinasikan chip digital noise reduction yang memiliki dual-core high-end processor dengan teknologi ganda ANC, serta memperluas spektrum frekuensi noise reduction menjadi 2.5 kHz. Ia mampu mengurangi kebisingan dengan tingkat pengurangan noise 35 dB.

Ketahanan baterainya 3,5 jam dengan ANC dan 4 jam tanpa ANC, total dengan charging case hingga 24 jam atau 20 jam dengan ANC untuk pemutaran musik. Harga Enco W51 dilepas seharga Rp1.299.000.

OPPO Enco X

Enco X mencerminkan inovasi 15 tahun pengembangan teknologi audio OPPO. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini juga berkolaborasi dengan Dynaudio, merek audio HiFi terkemuka dari Denmark. Desain dan pengaturan Enco X, OPPO mempercayakan kepada tim ahli akustik Dynaudio.

Enco X juga merupakan TWS paling premium dari OPPO dan dilengkapi active noise cancellation (ANC) yang dapat diatur intensitasnya sesuai kebutuhan. Mengadopsi Coaxial Dual-Driver Design yang biasanya ditemukan pada produk audio kelas atas, mengemas dua unit driver yang berbeda pada masing-masing earpiece-nya.

Driver yang pertama berjenis magnetic balanced membrane dengan diameter 6 mm, bertugas untuk mengatasi suara-suara pada frekuensi tinggi. Di belakangnya, ada dynamic driver sebesar 11 mm dengan tiga lapisan berbahan komposit yang bertanggung jawab untuk mengolah suara pada frekuensi menengah dan rendah.

Konfigurasi driver yang unik tersebut turut didukung fitur-fitur canggih lain, seperti teknologi Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 untuk meningkatkan kejernihan suara bass secara signifikan dan Low-Latency High-Definition Audio Codec (LHDC) yang memungkinkan proses streaming audio dalam resolusi yang lebih tinggi melalui Bluetooth versi 5.2.

Daya tahan baterainya, Enco X diklaim bisa tahan sampai 5,5 jam pemakaian dengan ANC, total 20 jam waktu putar musik dengan ANC atau 25 jam tanpa ANC dengan charging case-nya. Untuk harga, saat ini Enco X bisa didapat dengan Rp1.999.000.

OPPO Enco Buds

Boleh dibilang, Enco Buds ini merupakan penerus Enco W11 dan harganya pun sama-sama miring yakni Rp599.000 saja. Enco Buds dibekali sejumlah fitur unggulan seperti baterai tahan lama dan latensi rendah. Tiap earbud dapat bertahan hingga 6 jam pemakaian atau totalnya 24 jam dengan charging case.

Sepasang earbud berjenis in-ear ini nyaman dipasang di telinga dalam penggunaan jangka waktu lama. Itu berkat desainnya yang mengikuti tungkai telinga dan bobotnya ringan 4 gram.

Di permukaan luar earbud juga telah disematkan sensor sentuhan. Saat bermain game, ketuk tiga kali permukaan earbud untuk mengaktifkan Mode Game yang memberikan latensi rendah 80 ms. Didukung Bluetooth 5.2 dan transmisi Binaural Bluetooth memungkinkan kedua earbud menerima audio pada saat yang bersamaan.

OPPO Enco Air

Produk OPPO Acoustics terbaru adalah Enco Air yang dijual seharga Rp999.000. Ia mengusung tekstur matte dengan desain semi transparan pada penutup bagian atas yang menarik perhatian.

Lebih lanjut, Enco Air memiliki peningkatan suara bass melalui driver titanium komposit berukuran 12mm. Dibekali teknologi peredam bising panggilan berbasis kecerdasan buatan yang membantu memberikan pengalaman panggilan yang jernih, dan koneksi Bluetooth 5.2 terbaru.

Untuk daya tahan baterainya, Enco Air dapat bertahan sampai 5 jam pemakaian atau total 24 jam dengan charging case-nya. Pengguna juga dapat menggunakan hingga 8 jam pemutaran hanya dengan pengisian daya charging case 10 menit.

Penutup

Pada tanggal 28 Juni 2019, OPPO mendaftarkan paten untuk kata β€˜Enco’ di European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Sempat diduga akan menjadi seri smartphone baru menemani seri Reno, ternyata Enco adalah merek produk IoT OPPO untuk audio.

Seiring berjalannya waktu, OPPO terus menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan IoT yang salah satunya lewat perangkat true wireless headphone Enco. Kini siapa yang tidak kenal dengan kehebatan Enco Buds, Enco Air, atau Enco X?

Merek Enco pun sebanding dengan lini smartphone seri A, Reno, maupun Find X. Enco sudah menjadi kelengkapan wajib bagi pengguna smartphone OPPO. Nilai kepraktisan dan teknologi yang lebih canggih, meningkatkan pengalaman interaksi dengan smartphone.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.