4 Earbud TWS OPPO, Pendamping Sempurna Perangkat Reno7 Series

Earbud TWS OPPO meliputi Enco X yang paling premium hingga termurah Enco Buds

Sepasang earbud true wireless stereo atau biasa disebut TWS merupakan perangkat wearable yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone dengan gaya hidup aktif. Satu praktis karena benar-benar bebas dari kabel, keduanya pilihan modelnya banyak dengan berbagai desain dan harganya pun bervariasi.

Bagi pengguna smartphoneReno7 Series atau perangkat A Series terbaru macam OPPO A96, empat model TWS dari OPPO di bawah ini akan menjadi pendamping sempurna. Dari Enco X yang menawarkan pengalaman terbaik dengan ANC, hingga Enco Buds yang paling terjangkau tetapi tetap optimal dipakai sambil berolahraga dan aktivitas harian lainnya.

1. OPPO Enco X

OPPO Enco X

Enco X merupakan TWS paling premium dari OPPO dengan active noise cancellation (ANC) yang dapat diatur intensitasnya sesuai kebutuhan. TWS ini mengadopsi Coaxial Dual-Driver Design yang biasanya ditemukan pada produk audio kelas atas, Enco X mengemas dua unit driver yang berbeda pada masing-masing earpiece-nya.

Driver yang pertama berjenis magnetic balanced membrane dengan diameter 6 mm, bertugas untuk mengatasi suara-suara pada frekuensi tinggi. Di belakangnya, ada dynamic driver sebesar 11 mm dengan tiga lapisan berbahan komposit yang bertanggung jawab untuk mengolah suara pada frekuensi menengah dan rendah.

Konfigurasi driver yang unik tersebut turut didukung fitur-fitur canggih lain, seperti teknologi Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 untuk meningkatkan kejernihan suara bass secara signifikan dan Low-Latency High-Definition Audio Codec (LHDC) yang memungkinkan proses streaming audio dalam resolusi yang lebih tinggi melalui Bluetooth versi 5.2.

Terkait masa pakai baterainya, Enco X diklaim bisa tahan sampai 5,5 jam pemakaian (tanpa ANC) atau total 25 jam kalau dipadukan bersama charging case-nya. Untuk harga, saat ini Enco X bisa didapat dengan Rp1.999.000.

2. OPPO Enco Air

OPPO Enco Air

Beralih ke Enco Air, harga TWS ini setengah dari Enco X yaitu Rp999.000. Dari segi tampang, Enco Air mengusung tekstur matte dengan desain semi transparan pada penutup bagian atas yang menarik perhatian. Ada dua varian warna yang bisa dipilih, misty white dan misty black.

Enco Air juga dilengkapi berbagai fitur inovatif yang membuat penggunanya lebih nyaman. OPPO menerapkan teknologi semi in-ear yang telah teruji dan dioptimalkan agar sesuai dengan telinga manusia. Bodinya mengantongi sertifikasi IPX4, sehingga perangkat ini tahan terhadap cipratan air, ideal untuk digunakan dalam berbagai kegiatan dan beratnya hanya 3,75 gram.

Lebih lanjut, Enco Air memiliki peningkatan suara bass melalui driver titanium komposit berukuran 12mm. Dibekali teknologi peredam bising panggilan berbasis kecerdasan buatan yang membantu memberikan pengalaman panggilan yang jernih, dan koneksi Bluetooth 5.2 terbaru.

Untuk daya tahan baterainya, Enco Air dapat bertahan sampai 5 jam pemakaian atau total 24 jam dengan charging case-nya. Pengguna juga dapat menggunakan hingga 8 jam pemutaran hanya dengan pengisian daya charging case 10 menit.

3. OPPO Enco Free

OPPO Enco Free

Enco Free dijual di Indonesia dengan harga Rp1.599.000. Dari segi desain, kepala earbud ini mengusung desain semi in-ear yang tidak begitu besar ataupun kecil dengan tangkai yang cukup panjang.

Tidak seperti kebanyakan earbud semacam ini, Enco Free memiliki tip yang dapat diganti sesuai dengan kecocokan di telinga pengguna. Juga dibekali touch control yang ditandai oleh sebuah garis berwarna abu-abu di earphone sebelah kiri.

Dengan fitur touch control, pengguna dapat mengatur volume dengan mudah. Usap ke atas untuk menaikan volume, sebaliknya mengusapnya ke bawah akan mengecilkannya. Pengguna juga bisa menghentikan dan memainkan musik, serta menjawab dan mengakhiri panggilan telepon dengan mengetuk area kontrol sentuh sebanyak dua kali.

4. OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds

Meski murah dibanderol Rp599.000 saja, TWS Enco Buds ini dibekali sejumlah fitur unggulan seperti baterai tahan lama dan latensi rendah. Di tiap earbud-nya terpasang baterai 40 mAh yang dapat bertahan hingga 6 jam pemakaian atau totalnya 24 jam dengan charging case.

Sepasang earbud berjenis in-ear ini nyaman dipasang di telinga dalam penggunaan jangka waktu lama. Itu berkat desainnya yang mengikuti tungkai telinga dan bobotnya ringan 4 gram.

Di permukaan luar earbud juga telah disematkan sensor sentuhan. Saat bermain game, ketuk tiga kali permukaan earbud untuk mengaktifkan Mode Game yang memberikan latensi rendah 80 ms. Dengan dukungan Bluetooth 5.2 dan transmisi Binaural Bluetooth memungkinkan kedua earbud menerima audio pada saat yang bersamaan.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.