29 June 2022

by Wiku Baskoro

Pentingnya Dukungan Internet di Era Creator Economy 

Creator Economy bisa menjadi salah satu tulang punggug indsutri kreatif, jaringan internet handal jadi pondasi penting

Salah satu perkembangan digital yang menarik untuk diikuti adalah tentang era creator economy. Tidak hanya tentang membuat konten dan membagikannya ke layanan media sosial tetapi juga tentang para kreator yang mendapatkan pemasukan dari karya mereka dan menjadikan ini sebagai salah satu pilihan karir. 

Creator economy menjadi penting salah satunya dikarenakan bahwa industri ini diprediksi akan menyentuh angka $104.2 miliar secara global. Di Indonesia, kreaton konten diprediksi akan mencapai 7 triliun rupiah dari sisi pangsa pasar. 

Ini baru kreator konten saja yang merupakan sebagian kecil dari creator economy, karena dalam creator economy secara luas tidak hanya pelaku alias pembuat konten tetapi ada penyedia platform, penyedia tools yang mendukung kreator sampai dengan penyedia layanan pembayaran yang juga mendukung kreator. 

Creator economy ini juga tentunya sejalan dengan perkembangan industri kreatif yang juga menjadi salah satu pondasi yang bisa memberikan sumbangsih pada pertumbuhan ekonomi yang tidak kecil. 

Sampai saat ini, dari sisi segmentasi kreator kita telah bisa melihat banyak bermunculan angle dalam membuat karya. Mulai dari video, audio, audio visual, 3D bahkan yang kini sedang tren, NFT dan juga metaverse. 

Segmentasi gaming dan esports juga menyumbang keseruan atas pertumbuhan industri kreatif - creator economy. Munculnya atlet dan klub esports yang mengambil angle entertainment menghasilkan hiburan yang dibuat oleh para kreator di segmen ini. Mulai dari live streaming saat bermain game, sampai dengan cerita-cerita behind the scene seputar kegiatan mereka saat berlatih. 

‘Senjakala’ televisi juga memberikan faktor atas bertumbuhkan para kreator dan juga perusahaan-perusahaan rintisan yang menjadi naungan krator berkumpul. Kita lihat dalam 1-2 tahun ke belakang begitu banyak artis yang dulu kita lihat di TV kini menjadi Youtuber atau Tiktok-er, dan membuat konten secara rutin untuk berbagai platform creator economy. Beberapa dari mereka malah justru membuat sebuah entitas sendiri yang berperilaku malah seperti TV itu sendiri. Memproduksi konten secara rutin dengan berbagai ‘acara’ tertentu. 

Pandemi yang ‘memukul’ dunia secara luas juga memberikan pengaruh yang tidak kecil atas pertumbuhan creator economy. Bahkan tidak jarang mereka yang dulunya tidak membuat konten secara rutin jadi keterusan karena pandemi. Musisi misalnya, yang bisa dibilang berhenti manggung menjadi kreator konten dengan membuat konten di rumah dan diunggah ke internet. Dengan adanya ruang untuk berkreasi yang tanpa batas, para kreator ini tetap bisa memproduksi konten dan ikut andil dalam pertumbuhan industri kreatif dalam creator economy secara luas. 

Peran internet yang bisa diandalkan

Salah satu jantung yang jadi bagian penting (kalau bisa dibilang paling penting) dari perkembangan dan pertumbuhan creator economy adalah dukungan internet. Karena, meski tidak selalu, sebagian besar creator economy ini bergantung pada dukungan teknologi internet. Upload, nonton, sharing konten semua berkembang pesat karena dukungan teknologi. 

Oleh karena ini, menjadi penting untuk tersedianya dukungan jaringan internet yang bisa diandalkan. Terutama untuk jaringan mobile, karena kini, membuat konten tidak lagi terkungkung harus dalam ruangan (studio pada era televisi) tetapi bisa di mana saja. Vlog, liputan, travelling dan lain sebagainya adalah beberapa contoh bentuk konten yang membutuhkan jaringan internet mobile untuk bisa diproduksi alias di-upload. 

Salah satu yang memberikan dukungan atas industri kreatif adalah Smartfren. Beberapa program yang dijalankan juga memberikan titik berat pada industri kreatif. Dari ranah gaming atau esportsSmartfren punya program kartu perdana khusus bagi gamers. 

Melihat prestasi esports di SEA Games 2021 yang memberikan cukup banyak medali dari para talenta esports tanah air, dukungan ini tentunya membuat para kreator konten di ranah gaming jadi terbantu. Bisa secara langsung bisa juga secara tidak langsung. Secara langsung adalah memberikan fasilitas bagi mereka yang ingin bermain dan membuat konten terkait gamers dan secara tidak langsung adalah paket ini bisa membantu mereka yang ingin serius di ranah esports untuk berlatih. 

Beberapa program lain yang menarik untuk ikut membangun creator economy antara lain kemudahan membeli paket data langsung dari aplikasi FB mobile atau juga ketersediaan aplikasi MySmartfren yang juga dilengkapi dengan berbagai konten menarik. Ketersediaan aplikasi ini juga selaras dengan kemajuan teknologi, terutama perkembangan teknologi di ranah mobile. 

Peluang yang bisa terbuka bagi para kreator dengan layanan Smartfren cukup lebar, jaringan yang cukup bisa diandalkan di wilayah yang didukung, program-program yang mendukung para kreator adalah beberapa hal yang dihadirkan oleh Smartfren. 

Untuk para kreator yang ingin mendirikan startup pada segmen industri kreatif dalam ekosistem creator economy, Smartfren juga menyediakan layanan Smartfren Business Smart Workspace. Program ini memang ditujukan untuk usaha kecil yang tentunya cocok untuk startup. Selain layanan internet ada juga layanan cloud dan aplikasi pendukung kerja yang jadi mitra dalam program ini. 

Perkembangan ke depan

Seperti halnya perkembangan teknologi yang kini berjalan dari era web2 ke web3, demikian juga pada ekosistem creator economy. Web3 dengan berbagai teknologi yang ada di dalamnya menjanjikan beberapa hal yang mendukung para kreator konten. Adanya blockchain yang mencatat, smart contract yang membuat kreator bisa mendapatkan royalti dari secondary market karya mereka dan berbagai perkembangan pada ekosistem web3 yang berkembang sangat pesat. 

Para seniman digital dengan karya mereka kini bisa sangat mudah berhubungan dengan kolektor atau penggemar mereka. Musisi juga demikian, bisa merilis lagu mereka dan langsung terkoneksi dengan pendengar langsung. Pada industri gaming termasuk esports juga bisa sangat tersentuh oleh perkembangan web3 dengan Play to Earn atau akses komunitas penggemar esports bagi produk web3. 

Memang tidak semua akan langsung berpindah ke web3, para kreator di ranah web2 juga masih akan terus berkarya memberikan konten-konten yang menarik. Baik secara edukasi atau hiburan yang bermanfaat.

Satu hal yang pasti, dukungan internet serta ketersediaan, keandalan, kecepatan  dan kestabilan internet menjadi mutlak diperlukan. Apalagi era metaverse yang memang membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Hambar header by Riki32 from Pixabay