MWI 2022 Pecahkan Rekor Peak Viewers Untuk Turnamen Esports Perempuan

Selain MWI 2022, WSL Season 4 juga mengikuti di urutan kedua dengan 129.000 peak viewers.

Ranah esports bagi perempuan terus berkembang salah satunya dari game Mobile Legends: Bang Bang. Setelah sukses dengan WSL Season 4, kini Mobile Legends Women's Invitational (MWI) 2022 sudah selesai dengan membawa  sebuah rekor.

Benar, turnamen yang menghadirkan tim-tim esports perempuan terbaik di Asia Tenggara tersebut baru saja memecahkan rekor jumlah penonton.

Hasil ini menjadi kabar baik, apalagi setelah dua wakil Indonesia yaitu Bigetron Era dan GPX Basreng berhasil menempati grand final MWI 2022.

Data yang dihimpun langsung oleh Esports Charts membawa perhitungan jumlah peak viewers untuk turnamen esports perempuan tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan karena posisi 5 besar datang dari game Mobile Legends.

Sumber: Esports Charts

Dari data statistik tersebut juga terlihat bahwa kompetisi esports perempuan dan game Mobile Legends sukses menarik angka peak viewers. Bukan hal yang mengejutkan mengingat animo dan pecinta game tersebut memang tinggi di Asia Tenggara.

Esports Charts juga memperlihatkan peningkatan data dari jumlah watch hours, peak viewers setiap pertandingan hingga total waktu siaran yang meningkat pesat dari musim WSL sebelumnya.

Moonton Indonesia sendiri mendukung pengembangan ranah esports baik di kelas perempuan maupun laki-laki. Terlihat dari edisi WSL Season 4 dan kehadiran perdana ajang Mobile Legends Women's Invitational.

Pada ajang MWI 2022 terdapat 9 tim regional Asia Tenggara yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Laos dan Filipina. Mereka menunjukan aksi dan permainan menarik pada turnamen yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut.

Sumber: Esports Charts

Dari statistik turnamen MWI 2022, tercatat peak viewers sebanyak 392 ribu viewers dengan total air time 37 jam. Angka peak viewers tersebut juga diraih dari laga grand final antara GPX Basreng melawan Bigetron Era.

Dengan angka ini, maka MWI 2022 tercatat sebagai turnamen esports perempuan terbesar dalam sejarah. Hal ini berarti tren Mobile Legends sudah berjalan ke arah yang tepat, karena turnamen tadi bahkan di luar kompetisi utama mereka yaitu MPL, MDL, maupun M3 yang baru selesai digelar.

Sumber: Esports Charts

Angka ini juga menunjukkan perkembangan yang baik, bukan tidak mungkin akan ada ajang liga Mobile Legends resmi dari Moonton untuk perempuan.