3 February 2022

by Glenn Kaonang

Penjualan Hardware dan Aksesori PC Gaming di AS pada Tahun 2021 Naik 25%

Meski terus meningkat, pertumbuhan penjualan hardware dan aksesori PC gaming di tahun 2021 tidak sebesar di tahun 2020, dan diprediksi akan turun tahun ini

Tren yang terjadi selama tahun 2020 kembali terulang tahun lalu. Berdasarkan laporan dari NPD Group, penjualan hardware PC gaming beserta aksesorinya di Amerika Serikat di tahun 2021 meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini cukup mengesankan mengingat penjualan di tahun 2020 sendiri sudah naik 62% jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Pertumbuhan penjualan hardware dan aksesori PC gaming ini meliputi berbagai kategori sekaligus, akan tetapi tiga yang tertinggi adalah kategori komputer desktop (38%), laptop (29%), dan mikrofon PC (25%). Itu kalau dari segi angka penjualan. Kalau dari segi volume unit yang terjual, datanya agak berbeda, namun tetap menunjukkan tren yang serupa.

Berdasarkan data yang diberikan NPD, mikrofon PC, monitor, dan laptop adalah tiga kategori dengan pertumbuhan volume unit yang paling tinggi, masing-masing sebesar 27%, 17%, dan 16%. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa tren bekerja dan belajar dari rumah masih menjadi alasan utama di balik peningkatan penjualan hardware PC gaming beserta aksesorinya secara keseluruhan.

Kategori yang tadinya tergolong non-esensial di masa pra-pandemi — seperti mikrofon — justru memimpin dari segi angka maupun volume penjualan. Membeli laptop baru maupun monitor baru juga menjadi salah satu langkah pertama yang konsumen ambil demi memaksimalkan produktivitasnya selama pandemi. Kendati demikian, NPD memprediksi adanya penurunan penjualan hardware dan aksesori PC gaming sebesar 4% tahun ini sebagai imbas dari volume penjualan yang luar biasa di dua tahun sebelumnya.

Selain hardware, software juga mengalami pertumbuhan positif. Menurut NPD, penjualan konten PC digital naik hingga 5% di tahun 2021 menjadi $7,9 miliar. Rata-rata waktu yang dihabiskan untuk bermain game PC pun juga naik dari 6,7 jam per minggu di tahun 2020 menjadi 7,7 jam per minggu di tahun 2021.

"PC gaming terus menawarkan berbagai macam konten, di berbagai genre, yang berasal dari developer di seluruh dunia," ucap Mat Piscatella selaku analis NPD Group di siaran persnya. "Di tahun 2021, platform PC menghasilkan rekor pembelanjaan dan keterlibatan konsumen, yang semakin membuktikan bahwa platform game tertua mungkin masih menjadi yang terbaik di industri," imbuhnya.

Temuan NPD Group ini sejalan dengan analisis yang Newzoo lakukan belum lama ini, yang menunjukkan kalau gamer PC memperbarui hardware yang mereka gunakan lebih cepat daripada rata-rata jeda waktu antara peluncuran konsol baru. Jadi tidak mengherankan kalau nilai pembelanjaan konsumennya kerap mencetak rekor.

Sumber: NPD Group via Dot Esports. Gambar header: Uzair Ahmed via Unsplash.