Gaming News
for SEO
Gaming News

Pengalaman Bermain Game di Netflix, Seseru Apa?

19 January 2022Lukman Azis

Saat tulisan ini dibuat, total ada 12 game di Netflix dan akan terus bertambah

Ketika membuka aplikasi Netflix di smartphone, maksud dan tujuannya jelas untuk nonton film. Layanan streaming berbasis langganan ini memiliki katalog konten yang lengkap dan terus berkembang semakin besar, termasuk film dan serial original garapan Netflix yang sayang kalau dilewatkan.

Selain nonton film, salah satu hiburan yang tak kalah seru di layar smartphone adalah bermain game. Jadi, kenapa tidak dipadukan saja sekalian? Itulah yang sedang diupayakan oleh Netflix. Per bulan November tahun lalu, Netflix resmi menambahkan video game ke dalam katalog kontennya.

Sebagai layanan streaming film terpopuler, saya kira Netflix Games akan menjadi layanan cloud game seperti Google Stadia. Namun ternyata bukan streaming game, cara kerjanya lebih mirip seperti layanan subscription Apple Arcade.

Anda dapat melihat koleksi game-nya di aplikasi Netflix, bila ingin memainkannya setiap game-nya tetap harus diunduh lewat Google Play Store bagi pengguna smartphone Android atau App Store kalau di iOS. Setelah terpasang, game bisa dimainkan secara offline dan beberapa ada yang tetap memerlukan koneksi internet.

Tentu saja, Anda perlu login menggunakan akun Netflix dengan paket subscription yang aktif. Netflix memastikan bahwa semua game yang tersedia dapat dimainkan tanpa biaya tambahan, tanpa iklan, dan tanpa satu pun opsi in-app purchase.

Saat tulisan ini dibuat, koleksi game di Netflix memang belum banyak, tepatnya ada dua belas. Saya mengerti ini masih permulaan, daftarnya sebagai berikut:

  • Knittens (puzzle)
  • Krispee Street (puzzle)
  • Wonderputt Forever (puzzle)
  • Asphalt Xtreme (racing)
  • Arcanium: Rise of Akhan (card)
  • Card Blast (card)
  • Dominoes Café (board)
  • Teeter (Up) – (arcade)
  • Bowling Ballers (arcade)
  • Shooting Hoops (arcade)
  • Stranger Things: 1984 (adventure)
  • Stranger Things 3: The Game (adventure)

Ya, kebanyakan game di Netflix tergolong game ringan yang bisa dimainkan secara simpel dari nol dan file-nya berukuran kecil. Yang terbesar adalah Asphalt Xtreme sekitar 1 GB, diikuti Arcanium: Rise of Akhan sekitar 783 MB.

Netflix mengatakan bahwa mereka mulai membangun berbagai pilihan game yang dapat memenuhi keinginan semua orang, serta menghadirkan pengalaman bermain game yang seru. Seperti serial, film, dan acara spesial di Netflix, mereka ingin merancang game untuk semua level permainan dan semua jenis pemain, baik untuk seorang pemula atau gamer berpengalaman.

Saya sudah mencoba beberapa game-nya, mereka tidak bisa diremehkan karena memang seru dan cukup menghibur. Saat ini, saya sedang mencoba menyelesaikan Stranger Things: 1984 dengan santai sambil menikmati petualangan Hopper dan anak-anak dalam misi berbahaya di sekitar Hawkins dan di Upside Down. Grafis pixel-nya juga membawa sensasi nostalgia, ada dua mode yang tersedia yakni normal dan classic.

Ya, kita masih harus menunggu bagaimana Netflix Games ini berkembang. Setidaknya untuk saat ini, ketika sedang benar-benar jenuh nonton film, Anda bisa menyelinginya dengan bermain game ringan tanpa perlu keluar dari aplikasi Netflix.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV