Dark
Light

Multitasking Optimal! Pengalaman Bekerja dengan Samsung Galaxy Tab S9

2 mins read
August 21, 2023

Peningkatan performa dan rangkaian fitur produktivitas dari One UI 5.1 pada Samsung Galaxy Tab S9, telah memperluas dan meningkatkan kemampuan komputasinya sehingga dapat menangani berbagai tugas yang lebih kompleks. Ditambah pengalaman bekerja seperti laptop berkat dukungan Book Cover Keyboard yang dilengkapi touchpad dan antarmuka intuitif Dex Mode.

Layar Dynamic AMOLED 11 incinya memang tidak terlalu besar tetapi juga tidak kecil, masih nyaman bahkan saat dipakai untuk multitasking. Performa maksimal dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, RAM hingga 12GB, dan baterai 8.400 mAh dengan masa pakai optimal, memastikan Anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mulus.

Berikut beberapa fitur produktivitas pada One UI 5.1 di Samsung Galaxy Tab S9 yang dapat mendukung kegiatan bekerja sehari-hari.

Maksimalkan Ruang Layar dengan Multi Window

Fitur Multi Windows di Galaxy Tab S9 dapat menampilkan hingga tiga aplikasi sekaligus. Kita bisa memaksimalkan ruang layar 11 incinya untuk multitasking dengan satu jendela aplikasi berukuran besar dan dua jendela agak kecil, susunannya juga bisa disesuaikan.

Sebagai contoh ketika sedang menggali ide konten, kita bisa membuka Google Trends di separuh layar. Serta mengembangkannya di ChatGPT dan kemudian mencatatnya di Samsung Notes di paruh layar yang lain.

Untuk kejelasan melihat konten, menurut saya split screen menjadi dua terlihat lebih proporsional. Opsi lain dengan memanfaatkan Pop-Up View, aplikasi dapat dilihat sebagai floating window yang bisa digeser-geser dan aplikasi satunya tetap menampilkan layar utama secara penuh.

Beralih Aplikasi dengan Cepat Lewat Taskbar

Selain kemampuan multitasking hingga tiga aplikasi, pengalaman layar besar di Galaxy Tab S9 semakin dioptimalkan berkat keberadaan taskbar di bagian bawah layar. Lewat taskbar ini kita bisa beralih aplikasi dengan mudah dan cepat, taskbar juga dapat disembunyikan sementara agar layar tetap tampil imersif.

Biar lebih efisien, kita bisa menyesuaikan taskbar dengan menambahkan beberapa aplikasi terpenting yang sering digunakan. Taskbar di Galaxy Tab S9 juga dapat menampilkan beberapa aplikasi yang terakhir digunakan, jadi bisa kembali ke posisi terakhir ketika membuka kembali aplikasi tersebut.

Terhubung dengan Smartphone Lewat Multi Control

Samsung Galaxy Tab S9

Jika Anda memiliki smartphone Galaxy yang sudah menjalankan sistem operasi terbaru One UI 5.1, seperti Galaxy Z Fold5 5G dan Galaxy Z Flip5 5G. Maka smartphone tersebut dapat saling terhubung dengan tablet Samsung Galaxy Tab S9 melalui fitur Multi Control.

Kita bisa beralih dari smartphone ke tablet dengan mudah untuk melanjutkan tugas-tugas tertentu ketika membutuhkan layar lebih besar. Multi Control membuat copy, paste, atau drag teks dan gambar dapat dilakukan secara langsung antara tablet dan smartphone.

Dengan memanfaatkan fitur Drag and Drop, kita bisa membagikan file maupun data secara lebih praktis. Selain itu, kita bisa mengontrol smartphone dan berbagi fungsi keyboard dan touchpad milik tablet Galaxy Tab S9.

Ya, pengguna Galaxy Tab S9 dapat merasakan integrasi secara mulus dalam ekosistem Galaxy. Secara keseluruhan, tablet 11 inci ini menawarkan pengalaman yang lebih simpel, namun tetap intuitif dan powerful dibandingkan menggunakan laptop terutama ketika harus bekerja sembari melakukan mobilitas.

Tablet paling portabel dari keluarga Galaxy Tab S9 Series ini dijual mulai dari Rp13.999.000 untuk konfigurasi RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Untuk pamakaian jangka panjang, saran saya pilih model RAM 12GB dan penyimpanan 256GB dengan ahrga Rp15.999.000 (12GB/256GB). Kunjungi Samsung.com/id untuk melakukan pemesanan dan mempelajari lebih lanjut tentang Galaxy Tab S9.

Build Lyney Genshin
Previous Story

Build Lyney Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

Huawei MatePad 11.5 Indonesia
Next Story

Huawei Resmi Luncurkan MatePad 11.5, Tablet 5 Jutaan tapi Kaya Fitur

Latest from Blog

Don't Miss

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Bikin Tenang Pakai Smartphone untuk Jangka Panjang

Kehadiran smartphone saat ini sudah mencapai titik di mana ia
Harga Galaxy A06

Samsung Resmi Umumkan Kehadiran Galaxy A06 dengan Harga Sejutaan

Samsung Electronics Indonesia semakin melengkapi lineup smartpone-nya untuk setiap kelasnya.