Dark
Light

Pending Changes: Cara Baru Edit Konten Terproteksi di Wikipedia

1 min read
June 16, 2010

Wikipedia akan melakukan perubahan kecil pada layanan mereka yaitu sebuah kebijakan atau cara baru yang mereka sebut Pending Changes. Sistem ini akan muncul dalam beberapa hari kedepan, atau lebih tepatnya hari Rabu (11am UTC), dan akan bisa digunakan oleh para pengguna Wikipedia versi bahasa Inggris.

Pending Changes merupakan cara baru dalam hal editing atas artikel yang ‘dilindung’ dan sebelumnya tidak bisa di edit oleh pengguna baru atau anonymous user. Nantinya di bagian kanan atas sebuah artikel-artikel ini akan muncul ikon kaca pembesar yang akan mengarahkan para volunter artikel di Wikipedia akan cara baru ini.

Seperti yang dituliskan dalam blog Wikipedia, dari sekitar 3.3 juta artikel yang terdapat di English Wikipedia, ada sekitar 0.1 % artikel yang termasuk dalam artikel yang ‘dilindungi’. Artikel yang diproteksi oleh Wikipedia adalah artikel yang rawan karena berkaitan dengan sejarah, misalnya.

Karena Wikipedia merupakan sebuah komunitas besar yang berisi berbagai konten yang jumlahnya juga besar, serta memungkinkan semua orang untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan penambahan atau melakukan edit atas konten tertentu, kebijakan Pending Changes diharapkan bisa memberikan jalan tengah serta mengurangi tingkat kesalahan atau ketidakakuratan atas artikel yang diproteksi, serta tetap menjalankan prinsip terbuka dan kolaboratif bagi mereka yang ingin ikut berpartisipasi untuk Wikipedia.

Pending Changes akan dijalankan dalam masa uji coba selama dua bulan, dan Wikipedia akan memilih artikel mana yang akan menggunakan Pending Changes, maksimal 2000 halaman yang akan ‘dipasang’ kebijakan ini. Jadi nantinya jika artikel tersebut merupakan artikel yang menggunakan kebijakan Pending Changes, maka artikel itu, meskipun terproteksi tetapi bisa diubah oleh siapapun, termasuk anonymous user atau pengguna baru yang tidak atau belum terdaftar di Wikipedia, namun ketika artikel itu diubah maka perubahan yang terjadi akan disimpan terlebih dahulu dan di review sebelum muncul pada halaman utama Wikipedia.

Wikipedia sebagai ensiklopedia kolaboratif yang sangat berperan dalam penyediaan berbagai informasi di internet tetap tidak lepas dari sorotan akan keakuratan informasi yang mereka sediakan, perkembangan demi perkembangan juga terus mereka lakukan untuk memberikan informasi yang akurat, termasuk dengan proteksi akan konten yang telah ada, namun mereka pun tidak terlepas dari kritikan akan ketidakterbukaan atas proses penyusunan artikel mereka, dengan Pending Changes, semoga saja Wikipedia tetap bisa terbuka atas kontribusi user tapi tetap menjaga kualitas informasi yang mereka sediakan.

Informasi lengkap tentang Pending Changes dari Wikipedia bisa dilihat di sini, atau link ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yahoo Messenger One, Indonesia Yang Pertama

Next Story

Baru: Photo-tips dari Brightkite

Latest from Blog

Don't Miss

Wikimedia Foundation Tak Lagi Menerima Donasi Mata Uang Kripto

Wikimedia Foundation (WMF), organisasi yang berada di balik Wikipedia, baru

Menggali Akar Masalah Pelecehan Seksual di Esports Indonesia

Jika dibandingkan dengan olahraga tradisional, esports memang lebih inklusif. Mengingat