Gaming News
for SEO
Gaming News

Pendapatan PUBG Mobile Sumbang 75% dari Total Pendapatan KRAFTON untuk 2021

18 May 2022Daniel Hamiaz

Total Pendapatan KRAFTON berhasil tembus USD405,7 juta (sekitar Rp4,6 miliar) dengan keuntungan bersih sebesar USD190,2 juta (sekitar Rp1,6 miliar).

KRAFTON baru saja mengumumkan laporan keuangan mereka untuk tahun fiskal 2021. Mereka berhasil menutup tahun 2021 dengan baik, dengan total pendapatan sebanyak USD405,7 juta atau sekitar Rp4,6 miliar.

Angka tersebut merupakan rekor yang cukup tinggi untuk KRAFTON. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pendapatan mereka meningkat sebesar 17,8% dan jika dibandingkan dengan tahun lalu, mengalami peningkatan sebesar 13,5%.

Mereka menyatakan bahwa kontribusi terbesar mereka dapatkan dari franchise PUBG, khususnya PUBG Mobile. Sepanjang kuartal pertama tahun 2022, franchise Battle Royale tersebut menunjukkan pertumbuhan yang baik untuk setiap platform.

Semenjak digratiskannya PUBG: BATTLEGROUNDS pada Januari 2022 lalu, jumlah pemain, khususnya pemain yang kembali lagi aktif, mengalami peningkatan secara drastis. Bahkan rata-rata jumlah pemain aktif bulanannya bertambah tiga kali lipat. Angka pemain berbayarnya juga meningkat dua kali lipat, sehingga status F2P PUBG:BATTLEGROUNDS menjadi salah satu faktor terpenting dalam pendapatan di periode kuartal tersebut.

Alhasil, total penjualan PUBG: BATTLEGROUNDS untuk PC berhasil mencapai sekitar USD82,3 juta (sekitar Rp1,2 miliar), dengan peningkatan sebesar 61% dari tahun sebelumnya, dan total penjualan PUBG: BATTLEGROUNDS untuk konsol meningkat sebesar 274% dibandingkan tahun lalu.

Untuk PUBG: Mobile, pendapatan yang dihasilkan menyentuh USD 307,1 juta (sekitar Rp4,4 miliar) selama kuartal pertama 2022. Mereka mengklaim bahwa suksesnya PUBGM disebabkan oleh sejumlah kolaborasi dengan sejumlah IP dan sistem pelayanan yang baik.

Untuk India, KRAFTON telah berkontribusi untuk perkembangan industri game lokal, dengan investasi pada ekosistem teknologi dan media. Tercatat BATTLEGROUNDS MOBILE INDIA (PUBGM versi India) berhasil menjaga tren positif penjualan dan saham mereka.

Selain hasil kondisi finansial, KRAFTON juga menyinggung sedikit mengenai kedua game terbaru yang sedang dalam tahap pengembangan, yaitu game dengan kode “Project M” dan The Callisto Protocol.

Yang akan bertanggungjawab dalam pengerjaan Project M adalah Unknown Worlds (Subnautica), yang sebelumnya diakuisisi oleh KRAFTON pada 2021 lalu. Rencananya, versi early access-nya juga akan rilis di tahun ini juga.

Project M merupakan sebuah game Turn-Based Strategy, yang bertempat di dunia sci-fi, sedangkan The Callisto Protocol merupakan game horror, yang digarap oleh Striking Distance Studios. Game tersebut diperkirakan bakal rilis pada tahun 2022.

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV