Esports Ecosystem

Pendapatan PUBG Mobile Kini Mencapai 3 Miliar Dollar AS

03 Jul 2020 | Akbar Priono
Sepanjang 2020 sendiri, PUBG Mobile sudah kumpulkan 1,3 miliar dollar AS, dengan catatan tertinggi diraih bulan Maret 2020, yaitu 270 juta dollar AS.

Tak bisa dipungkiri bahwa PUBG Mobile mungkin menjadi salah satu game esports mobile yang berkembang dengan sangat cepat. Dari segi esports, game ini bahkan berhasil menarik beberapa nama-nama besar di dalam industri, seperti T1, Alliance, Fnatic, dan FaZe Clan. Dari segi gamenya sendiri, PUBG Mobile bahkan sudah berhasil mencatatkan 600 juta download pada 4 Desember 2019 kemarin.

Kini, game besutan Tencent Games ini kembali menorehkan catatan yang memukau dari sisi bisnis. Mengutip dari Sensor Tower, dikatakan bahwa PUBG Mobile telah menerima total pendapatan dengan jumlah melampaui 3 miliar dollar AS (sekitar 43 triliun Rupiah) sejak rilis pada Maret 2018 lalu. Catatan ini juga beserta dengan pendapatan versi Tiongkok dari game tersebut, yang berubah nama menjadi Game for Peace pada bulan Mei 2019.

via: Instagram thealliancegg
Bahkan tim seperti Alliance sekarang punya divisi PUBG Mobile. Sumber: Instagram @thealliancegg

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa sepanjang tahun 2020 ini, PUBG Mobile sudah mengumpulkan pendapatan sebesar 1,3 miliar dollar AS. Bahkan pemasukan terbesar dalam satu bulan dari PUBG Mobile dicatatkan pada bulan Maret 2020 yang berjumlah 270 juta dollar AS. Sensor Tower sendiri tidak mengatakan bahwa besarnya pendapatan ini disebabkan oleh pandemi COVID-19, namun mengingat bulan Maret adalah saat-saat ketika pandemi COVID-19 sedang dalam masa puncaknya, maka relasi antar dua kejadian tersebut menjadi kesimpulan sementara dari fenomena ini.

Namun demikian tidak ada peningkatan yang signifikan secara jumlah download, baik PUBG Mobile ataupun Game for Peace. Tercatat bahwa PUBG Mobile sudah didownload sebanyak 734 juta hingga saat ini. India menjadi negara dengan pengunduh PUBG Mobile terbanyak dengan 175 juta total download. Peringkat kedua ada Tiongkok, lalu Amerika Serikat di peringkat ketiga.

Game for Peace
Versi Tiongkok dari PUBG Mobile, Game for Peace. Sumber: Tencent

Melihat bagaimana besarnya PUBG Mobile, sepertinya keberlanjutan secara game maupun esports, masih bisa terjamin untuk beberapa tahun ke depan. Dari sisi esports, Tencent sendiri menunjukkan komitmennya untuk tetap menjalankan PUBG Mobile World League, walau dalam keadaan pandemi seperti sekarang. Hasil dari hal tersebut adalah PMWL Season Zero, yang mengalami perubahan berupa format pertandingan menjadi online, yang akan diselenggarakan mulai dari 10 Juli hingga 8 Agustus mendatang.