Esports Ecosystem

FaZe Clan Masuk ke Esports PUBG Mobile

21 Jan 2020 | Yudi Anggi
Dengan mengambil para pemain PUBG Mobile EVOS Burnout

FaZe Clan adalah organisasi esports besar dari Amerika Serikat. Pada tanggal 12 Januari 2020 kemarin, mereka mengumumkan roster PUBG Mobile mereka. Roster tersebut berisikan 4 pemain asal Thailand, yaitu Ratchapol “BulShark” Maneerat, Tharit “Vintorez” Pluksang, Thirapong “Maroon5” Murrasri, dan Wacharakorn “Echo” Tiengtis.

Sumber: Twitter FaZe Echo3
Sumber: Twitter FaZe Echo3

BulShark adalah seorang streamer Facebook Gaming yang memiliki 69 ribu followers di Facebook. Yang bisa saya lihat di sini adalah langkah FaZe Clan dalam mengambil salah satu pasar PUBGM terbesar di dunia yaitu Thailand. Hype yang begitu besar seharusnya terjadi ketika FaZe Clan sebagai organisasi tier 1 di dunia mengakuisisi pemain-pemain dari Thailand ini.

FaZe Clan memang terhitung sering untuk mengakuisisi streamer menjadi pemain mereka. Nama-nama seperti Soleil “Ewok” Wheeler dan Turner “Tfue” Ellis Tenney adalah contoh streamer terkenal yang memiliki kontrak bersama FaZe Clan. Keputusan FaZe Clan tersebut memang sangat berguna untuk meningkatkan fanbase yang dimiliki oleh organisasi ini. Selain bisa memberikan prestasi, para streamer bisa mendatangkan traffic yang sangat banyak bagi organisasinya.

Roster PUBG Mobile dari FaZe Clan merupakan mantan para pemain dari EVOS Burnout. Mereka bisa dibilang minim dalam prestasi di ranah kompetitif PUBG Mobile. Tetapi popularitas pemain-pemainnya yang sepertinya membuat FaZe Clan untuk tertarik mengakuisisi mereka. BulShark yang mengikuti ajang PUBG Mobile Star Challenge 2019 lalu merupakan yang paling tenar di antara semuanya.

Sumber: IndoZone
Sumber: IndoZone

Sebelumnya, sudah ada beberapa organisasi besar yang terjun ke ranah kompetitif PUBG Mobile. Seperti Fnatic, Team Secret dan Cloud9 sudah lama memiliki roster PUBG Mobile.

Roster PUBG Mobile FaZe Clan sudah dipastikan untuk mengikuti PUBG Mobile Thailand Pro League 2020 Spring Split. Mereka akan bertanding melawan nama-name besar di ranah kompetitif PUBG Mobile Thailand seperti RRQ Athena dan Illuminate.