13 October 2021

by Lukman Azis

Pemanfaatan Game Focus Mode di OPPO Reno6 untuk Gaming dan Produktivitas

Mulai dari menunjang saat bermain game kompetitif hingga memperlancar meeting virtual

OPPO Reno6 memiliki fitur gaming serbaguna bernama game focus mode. Sesuai dengan namanya, bila diaktifkan memungkinkan kita bermain game dengan lebih fokus dengan sedikit atau tanpa adanya gangguan.

Fitur gaming ini sangat membantu Anda saat bermain game-game kompetitif yang membutuhkan respon cepat sepanjang permainan. Utamanya game bergenre MOBA seperti Arena of Valor, League of Legends, Mobile Legends, Pokemon Unite, dan sebagainya. Juga game battle royale seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

Gangguan teknis yang sering kali terjadi ialah terputusnya koneksi internet atau disconnect akibat panggilan telepon masuk. Hal yang tak terduga ini bisa sangat merugikan tim, apalagi kalau sampai hero kita terbunuh konyol.

Bila mengaktifkan game focus mode di Reno6, panggilan telepon masuk akan diblokir dan notifikasi akan disembunyikan. Bahkan alarm, quick setting, navigation gesture, dan game assistant akan dinonaktifkan untuk sementara.

Cara menggunakannya buka Game Space, lalu pilih game yang ingin dimainkan. Di sini saya sedang bermain game Arena of Valor, setelah masuk usap dari kiri ke kanan di pojok kiri atas untuk membuka game assistant dan pilih game focus mode. Usap lagi di pojok kiri atas untuk keluar dari game focus mode.

Game Focus Mode untuk Produktivitas

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat membahas fitur screen recording di OPPO Reno6 untuk membuat konten dari layar smartphone. Saya membuat analisa pergerakan harga aset kripto seperti Bitcoin di aplikasi TradingView.

Hal yang sangat mengganggu saya saat merekam konten di layar smartphone ialah munculnya notifikasi dan game focus mode dapat mengatasi masalah tersebut. Ya, fitur gaming ini tidak terbatas untuk bermain game saja, tetapi juga bisa digunakan untuk aplikasi.

Caranya sangat mudah, buka Game Space, lalu klik ikon tambah (+) untuk menambahkan game atau aplikasi, dan saya tambahkan aplikasi TradingView dan Zoom. Maka notifikasi berikutnya tidak akan ditampilkan ke layar dan kenapa aplikasi Zoom juga?

Meeting virtual sudah menjadi kegiatan rutin bagi banyak orang, terutama yang bekerja dari rumah. Saya sendiri ada WIP setiap minggunya dan menghadiri beberapa acara virtual peluncuran produk baru.

Dengan memanfaatkan game focus mode saat video conference, saya bisa mengurangi potensi gangguan seperti koneksi internet terputus - karena saya hanya mengandalkan jaringan seluler. Selain itu, saya bisa dengan mudah mengambil screenshot materai presentasi yang ditampilkan untuk kebutuhan penulisan dan dokumentasi acara.

Itu beberapa contoh skenario pemanfaatan fitur gaming game focus mode di perangkat OPPO Reno6. Mulai dari menunjang saat bermain game kompetitif hingga terkait produktivitas, baik saat membuat konten kreatif dengan fitur screen recording dan juga memperlancar meeting virtual.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.