Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Meraih 150 Ribu Lebih Pemain Aktif, Team Fortress 2 Menorehkan Rekor Positif

30 June 2021Kevin Fernando

150 ribu pemain aktif adalah angka yang fantastis, mengingat game ini sudah berusia 14 tahun

Game FPS multiplayer besutan Valve, Team Fortress 2 pertama sekali dirilis 14 tahun yang lalu untuk PC melalui Steam. Pekan lalu, tidak disangka game ini berhasil meraih jumlah pemain aktif sampai 150 ribu lebih dalam waktu yang sama. Rekor positif dari Team Fortress 2 ini cukup mengejutkan, mengingat popularitasnya sudah tergeser oleh banyak game yang lebih baru.

Dari data yang dilansir oleh developerSteamDB, Pavel Djundik, jumlah pemain aktif Team Fortress 2 mencapai rekor tertinggi 151.253 di platform Steam pada 25 Juni 2021. Angka ini diperkirakan bukan hanya pemain asli saja melainkan akun bot yang saat ini menjadi masalah serius di Team Fortress 2.

Team Fortress 2 saat ini memiliki masalah utama yaitu berjamurnya akun bot. Akun bot yang meresahkan ini telah membuat pemain mulai meninggalkan Team Fortress 2.

Meski begitu, di luar masalah bot, peningkatan masif tadi bisa disebabkan oleh update besar yang diberikan oleh developer Team Fortress pada tanggal 22 Juni yang lalu. Update ini mencakup kosmetik baru dan tindakan pencegahan bot.

Salah satu sumber dari subreddit resmi TF2 mengatakan bahwa hanya beberapa ribu saja pemain bot di antara 150 ribu pemain aktif. Perlawanan akun bot yang dilakukan oleh developer memang belum sempurna, tetapi pemain merasakan dampak dari kebijakan ini yang membuat jumlah akun bot berkurang.

Hal yang patut diapresiasi dari TF2 adalah peran komunitas dalam menghidupkan dan menjaga game ini. Salah satunya adalah menciptakan bot untuk membasmi akun bot lainnya yang dinamakan “hacker police“. Langkah ini dilakukan di tahun 2020 bertepatan dengan rencana developer TF2 untuk membasmi akun bot.

Team Fortress 2

Team Fortress 2 merupakan salah satu game multiplayer FPS yang dirilis untuk PC, Xbox 360, dan PlayStation 3. Game yang dikembangkan oleh Valve ini telah hadir sejak tahun 2007. Pada tahun 2011 Valve mengumumkan bahwa Team Fortress menjadi game free-to-play. Sejak jadi free-to-play, penghasilan game ini meningkat drastis.

Saat bermain, Anda dapat memilih salah satu dari 9 class yang tersedia (Spy, Medic, Pyro, Heavy, Scout, Soldier, Engineer, Sniper, dan Demoman) masing-masing class memiliki keahlian dan senjata unik. TF2 juga memiliki pilihan map dan mode game untuk pemain.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV