7 November 2022

by Galih

Peluncuran Modern Warfare 2 jadi yang Tersukses di Sejarah COD

Modern Warfare 2 akhirnya berhasil memecahkan rekor baru untuk seri Call of Duty

Activision memang memiliki tugas yang berat untuk mengembalikan popularitas Call of Duty. Kegagalan Call of Duty: Vanguard pada tahun lalu memang menjadi pukulan keras bagi seri Call of Duty secara keseluruhan.

Untungnya, kerja keras developer Infinity Ward berbuah manis, sebab reboot Modern Warfare 2 ini sukses besar. Bahkan game ini menjadi instalasi dengan peluncuran tersukses dalam sejarah seri Call of Duty.

Bagaimana tidak, hanya dalam 3 hari pertamanya dirilis, Call of Duty: Modern Warfare 2 ini berhasil meraup keuntungan hingga $800 juta atau sekitar Rp12,5 triliun. Modern Warfare 2 akhirnya memecahkan rekor peluncuran Modern Warfare 3 di 2011 silam yang mencatat $775 juta dalam lima hari.

Activision bahkan mengklaim bahwa game ini merupakan produk hiburan terlaris tahun ini. Yang bahkan disebut berhasil mengalahkan pendapatan film blockbuster seperti Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan Top Gun: Maverick dikombinasikan.

Melalui postingan di website resminya, General Manager Call of Duty, Johanna Faries mengucapkan terima kasih kepada semua pemain Call of Duty. Mereka merasa terhormat dan beruntung dapat menjadi saksi sejarah dalam minggu peluncuran historis tersebut.

"Dengan pembukaan yang menakjubkan ini, Call of Duty masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Dukungan terhadap semesta Modern Warfare ini belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Johanna.

Johanna juga melanjutkan bahwa ke depannya mereka masih memiliki peluncuran game battle-royale free-to-play terbaru mereka, yaitu Warzone 2.0. Sehingga Johanna menyebut ini adalah waktu yang menakjubkan untuk franchise Call of Duty.

Kesuksesan Call of Duty Modern Warfare 2 ini juga bukanlah klaim sepihak saja. Karena PlayStation juga mengumumkan melalui akun media sosialnya bahwa game ini merupakan peluncuran terbesar yang ada dalam PlayStation Store.

Hal ini tentu membuktikan bahwa popularitas seri Call of Duty sangat tinggi di kalangan para pemilik konsol PlayStation. Sekaligus menjadi alasan kuat mengapa Sony terus merasa khawatir akan akuisisi Microsoft terhadap Activision Blizzard.

Di sisi lain, Bos Xbox Phil Spencer dengan terbuka menjelaskan bahwa mereka akan terus merilis seri Call of Duty ke platform PlayStation selama masih ada konsol PlayStation yang dijual di pasaran.

Call of Duty: Modern Warfare II sendiri masih memiliki masa depan yang panjang. Apalagi dengan mode multiplayer yang masih menjadi favorit banyak pemain FPS hingga saat ini, maka bukan tidak mungkin game ini akan memecahkan rekor lainnya di masa depan.