9 January 2023

by Glenn Kaonang

Pelapak Shopify Kini Dapat Menjual NFT dari Blockchain Avalanche

NFT yang didesain dan dibuat oleh para pelapak akan secara otomatis dibuah menjadi produk yang dapat dibeli dari situsnya masing-masing

NFT telah menjadi salah satu komoditas di ranah e-commerce sejak tahun 2021 berkat integrasi yang dihadirkan Shopify. Jadi ketimbang mengarahkan konsumennya ke marketplace NFT seperti OpenSea atau Magic Eden, para merchant Shopify bisa langsung menjajakan NFT melalui lapaknya masing-masing. Sekarang, NFT yang bisa dijual via platform Shopify juga mencakup NFT dari ekosistem blockchain Avalanche.

Hal ini merupakan hasil kolaborasi Shopify dengan sebuah startup blockchain bernama Venly. Dijelaskan bahwa dengan menggunakan aplikasi Venly di platform Shopify, para pelapak dapat menjual NFT tanpa perlu banyak memahami soal teknisnya. Deretan NFT yang didesain dan dibuat oleh para pelapak ini akan secara otomatis diubah menjadi produk yang dapat di-display dan dibeli di situs pelapak masing-masing.

Kemudahan juga akan dirasakan oleh pihak konsumen, sebab mereka bisa membayar NFT yang dibelinya dengan menggunakan metode tradisional, macam kartu kredit misalnya. Ya, tidak ada sedikit pun mata uang kripto yang perlu dilibatkan di sini, sebab sekali lagi ini lapak Shopify yang kita bicarakan, yang jenis dagangannya jauh lebih beragam ketimbang sebatas NFT.

Lebih lanjut, konsumen juga sama sekali tidak perlu memiliki crypto wallet untuk bisa membeli NFT Avalanche dari para pelapak Shopify. Sebagai gantinya, ketika konsumen sudah berhasil melakukan pembelian, mereka akan menerima email yang berisikan tautan menuju ke crypto wallet anyar yang baru saja dibuatkan bagi mereka, dengan aset NFT yang dibeli sudah otomatis tersimpan di sana.

NFT yang sudah dibeli bisa dijual kembali melalui marketplace milik Venly. Dan ketika NFT tersebut laku di secondary market, maka pelapak Shopify selaku kreator aslinya bakal menerima royalti. Sayang tidak ada informasi mengenai berapa persen nilai royalti yang bisa masing-masing pelapak tetapkan.

Berkat tokengated commerce, merchant Shopify dapat membuka lapak khusus yang hanya bisa diakses oleh para kolektor NFT / Shopify

Keputusan Shopify untuk mendukung NFT dari ekosistem Avalanche semakin memperkuat posisinya di ranah Web3. Shopify tak hanya bergerak cepat mengantisipasi tren NFT, melainkan juga benar-benar memaksimalkan potensinya, seperti yang bisa kita lihat dari fitur tokengated commerce yang diluncurkannya tahun lalu.

Terkait pemilihan blockchain-nya, ekosistem NFT Avalanche memang masih belum sebesar Ethereum atau Polygon (yang keduanya juga didukung oleh Shopify). Meski begitu, Avalanche tetap masuk jajaran blockchain dengan ekosistem NFT terbesar tahun lalu, dan kehadiran Avalanche pun juga cukup relevan untuk diintegrasikan ke marketplace OpenSea.

Via: CoinDesk.