Dark
Light

PC Mungil AMD Project Quantum Ditenagai Dua GPU High-End

1 min read
June 22, 2015

Sudah cukup lama Nvidia mengumumkan ketersediaan GeForce GTX seri 900 sampai Titan X, namun Kubu Merah terdengar sunyi. Faktanya, AMD sedang menyiapkan jajaran produk baru buat menyusul rival besarnya itu. Di acara PC Gaming Show dalam momentum E3 2015, diungkaplah Radeon R9 Fury dan Fury X, lalu diikuti oleh PC unik bernama Project Quantum.

Mini PC bukanlah hal baru, kini sangat mudah bagi kita menemukan bermacam-macam model untuk kebutuhan berbeda, dari multimedia sampai gaming. Tetapi perbedaan dasar antara Project Quantum dan varian standard terletak pada level performa grafis mentah. Saat mayoritas mini PC mengusung komponen minimalis demi menjaga ukurannya supaya kecil dan rendah daya listrik, Project Quantum menyimpan dua kartu grafis plus sistem pendingin berbasis cairan.

Project Quantum adalah sebuah pembuktian konsep dari AMD, dapat disetarakan seperti Titan X. Ia dikembangkan sendiri oleh tim internal perusahaan semikonduktor asal Sunnyvale tersebut. Ukurannya tidak lebih besar dari kotak roti, hanya 10×10-inci. Walau demikian, Quantum menyuguhkan tenaga 16 teraflop untuk gaming, diklaim sanggup menjalankan ‘semua permainan’ virtual reality secara mulus ataupun di resolusi 4K dengan 60 frame rate per detik.

Project Quantum 02

Desainnya juga tergolong tidak biasa. Project Quantum mempunyai dua partisi, dipisahkan oleh bagian menyempit di tengah, dibumbui rangkaian lampu LED berwarna merah. Kompartemen atas diisi radiator dan kipas berukuran 180 milimeter. Ventilasi di bawah fan menyedot udara ke bawah kemudian meniupkannya keluar. Radiator tersebut bertugas mendinginkan CPU dan GPU. Water block diposisikan di atas, memori serta sepasang GPU Fiji ditempatkan di sisi lain cold plate, lalu dihimpit lagi oleh unit water block/cold plate. Mirip kue lapis.

Info menarik: Dell: Alienware Area-51 Kami Ialah PC Desktop Tercanggih di Computex 2015

AMD memanfaatkan motherboard mini-ITX ASROCK, tapi komponen prosesor-lah yang paling menarik. Mereka tidak menambatkan CPU buatan sendiri, malah menggunakan milik Intel, yaitu Core i7-4790K ‘Devil’s Canyon’. Buat sekarang, level kapabilitas chip tersebut belum bisa disusul oleh produk AMD. Unit pemasok tenaga berada di luar, mengkonsumsi sekitar 300 sampai 400 Watt. Untuk dual GPU, angka ini sangat baik.

Anda perlu tahu, produsen membutuhkan ratusan ribu dolar demi menciptakan casing PC dalam jumlah banyak, bahkan tipe ekonomis sekalipun. Khusus Project Quantum, AMD meraciknya secara manual dari kombinasi material plastik dan logam. Body menyajikan finishing mengkilat supaya cahaya lampu LED terpantul sempurna.

Seandainya tertarik, kelihatannya Anda harus berebutan. AMD hanya memproduksinya kurang dari satu lusin unit, dan harganya sudah pasti tidak akan murah.

Sumber: PC World.

Previous Story

Rencana Telkom Dirikan Data Center di Singapura Dapat Dukungan Pemerintah

Next Story

The Third Jakarta Great Online Sale is Officially On

Latest from Blog

Don't Miss

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI,

AMD Meluncurkan Update Terbaru untuk FSR 3.1 dan Radeon Anti-Lag 2

Persaingan di pasar gaming PC bukan hanya sekadar urusan hardware,