Dark
Light

PayPal Tambah Karyawan Untuk Wilayah Asia Pasifik

1 min read
March 18, 2010

PayPal mengumumkan akan menambah karyawan mereka untuk daerah Asia Pasifik dari yang kini berjumlah sekitar 1000 orang menjadi sekitar 2000 orang, sampai akhir tahun 2010 ini.

PayPal yang kini dimiliki oleh eBay berencana akan menambah 100 posisi kerja baru di kantor pusat internasional mereka di Singapura. Untuk kantor pusat yang berhubungan dengan bisnis dan pengembangan di Singapura PayPal akan merekrut profesional yang berpengalaman di bidang teknologi, pengembangan produk, infrastructure design, risk dan engineering.

Perkembangan ini menjadi satu dari berbagai signal bahwa Asia memang bertumbuh pesat untuk berbagai hal yang berkenaan dengan internet termasuk payment service yang berpengaruh pada berbagai pola bisnis online mulai dari freelance sampai e-commerce.

Pertumbuhan PayPal di Asia saat ini di drive oleh skala bisnis global, dan PayPal ingin mencoba mengembangkan pasar domestik Asia sendiri, yang akan membuka kerjasama lebih lanjut dengan berbagai partner mereka seperti merchants, financial service serta pemerintah untuk memberikan pelayaan maksimal pada para user mereka.

Berbagai lowongan kerja ini akan ditempatkan di 7 kantor PayPal termasuk Australia, China, Hong Kong, India, Japan, Singapore, dan Taiwan, dan Indonesia tidak termasuk. Setelah Facebook kemarin mengumumkan membuka kantor cabang di India, dan tidak membuka kantor cabang di Indonesia yang notabene pertumbuhan usernya tidak sedikit, kini PayPal juga ‘melewatkan’ peluang untuk membangun kantor di Indonesia.

Saya sendiri jadi berspekulasi, apakah ini dikarenakan payment method disini juga belum berkembang, masih menggunakan sistem standar transfer antar rekening atau dengan sistem potong pulsa, atau mungkin juga dipengaruhi oleh peraturan dan tingkat kooperatif pemerintah di sini, atau mungkin malah karena masalah keamanan?

Yang pasti, sama seperti perkembangan Facebook yang semakin memandang Asia, saya juga tentu berharap yang sama dengan PayPal, meski tidak membuka perwakilan di sini, tapi semoga saja tetap bisa memberikan efek pada sistem pembayaran untuk e-commerce dan bisnis online di sini lebih luas lagi dari sekedar pelayanan yang mereka berikan untuk pengguna Indonesia saat ini.

Selain itu PayPal juga akan memberitahukan bahwa SDK atau PayPal mobile payment software development kit juga akan tersedia di wilayah tersebut, yang merupakan salah satu rencana PayPal untuk membantu mengembangkan ekosistem e-commerce asia Pasific.

Mungkin saja ini akan menjadi saingan para startup yang akan mulai menggarap payment method, tapi saya masih yakin kalau semakin banyak pemain maka edukasi akan semakin gencar, yang berarti tingkat literasi user juga akan bertambah.

Setidaknya itu pendapat saya, bagaimana dengan para pembaca DailySocial, anda punya pendapat, jangan lupa untuk share komentar anda.

Sumber: MarketWatch

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

  1. Setuju nih.
    soalnya paypal menurut gw masih terlalu ribet buat transaksi orang2 di asia tenggara
    padahal semua transaksi online saat ini banyak yg bergantung sama paypal

  2. yup aq make paypal dan untungnya skrg udah bisa verifikasi account make bank yg ada di indonesia.hal ini sudah cukup kok menurutku.tapi tentu saja akan lebih baik jika paypal mau buka cabang di indonesia. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook: Kantor Baru, Situs Nomor Satu, Mendorong Pembelian User dan Selanjutnya?

Next Story

Post Terjadwal Kini Bisa Dilakukan di Posterous

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Kondisi Industri Game dan Esports di Asia dan MENA

Asia merupakan salah satu kawasan paling penting di industri game.

Sumber Pemasukan Perusahaan Esports

What goes up must come down. Viewership dari esports sempat