Guide
for SEO
Guide

Panduan Virtual Racing Tahap Intermediate: Pengaturan Posisi serta Kemudi untuk Pemula 

9 August 2021Wiku Baskoro

Di artikel ini akan diutarakan panduan tentang pengaturan gaming wheel untuk balapan virtual

Bagaimana menentukan posisi paling ideal untuk balapan virtual? Jika Anda menggunakan gamepad, kursi kebanyakan pun bisa digunakan asal Anda merasa nyaman. Tetapi bagaimana jika Anda ingin meningkatkan pengalaman bermain dan menggunakan gaming wheel

Posisi posisi duduk yang optimal menjadi penting jika Anda memiliki gaming wheel, ini diperlukan untuk menemukan posisi kontrol terbaik dan nyaman, terutama untuk sesi balapan dalam jangka panjang. 

(Gaming wheel mounted on a desktop table. Taken at a local mall event before the pandemic)

Apa yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan posisi mengemudi optimal 

Baik menggunakan setelah model cockpit atau meja biasa, untuk mendapatkan posisi mengemudi yang optimal, Anda harus memperhatikan 3 hal berikut ini ketika duduk di belakang kemudi. 

  • Letakan pergelangan tangan pada bagian atas steering wheel Anda dan lihat apakah siku Anda memiliki sudut sedikit melengkung
  • Sudut sedikit melengkung juga harus didapati pada lutut Anda ketika Anda menginjak pedal gas secara penuh
  • Atur posisi sandaran kursi tegak

Tiga langkah di atas akan berguna untuk mendapatkan posisi mengemudi yang optimal, terutama ketika Anda berpartisipasi pada balapan offline di lokasi tertentu, yang kursi kemudinya sering berubah pengaturan oleh pengguna lain. 

Selain itu, untuk mendapatkan posisi optimal dalam mengemudi di sim racing, ketika mengemudi, Anda juga harus membiasakan diri menempatkan posisi tangan Anda di posisi jam 9 dan jam 3 (tangan kiri dan tangan kanan).

Posisi lain seperti 10 dan 2 memang baik untuk permainan balapan dengan jalur yang lebih lambat atau tanpa hambatan, namun posisi 9 dan 3 memungkinkan pengemudi mendapatkan kontrol lebih baik pada kecepatan tinggi. Keuntungan lain dengan posisi tangan seperti ini adalah bagaimana kemudi tidak mendapat tekanan terlalu berat untuk menghindari patahnya penahan kemudi. Yang biasa terjadi ketika kemudi ditempatkan/ditempelkan di meja standar biasa. 

Gaming Wheel tanpa sim rig/cockpit

Umumnya, mereka yang membeli atau memiliki gaming wheel tidak langsung memiliki sim cockpit, alasan yang biasanya terkemuka adalah alasan budget atau alasan upgrade perlahan. Biasanya untuk awal sebagai dudukan kemudi menggunakan meja untuk desktop PC atau meja rumahan. Dalam kondisi meja seperti yang disebutkan tadi alias bukan menggunakan sim rig, ada dua hal yang harus diingat ketika akan balapan virtual.

Yang pertama, yang paling penting adalah posisi pedal. Seperti halnya mobil sungguhan, pedal harus diposisikan di belakang kemudi sehingga posisi kaki Anda sedikit menekuk. Jangan menempatkan pedal langsung di bawah kemudi dipasangkan, karena ini akan membuat tekanan pada kaki dan telapak kaki Anda. Untuk mempermudah, gunakan ilustrasi segitiga 90 derajat seperti dalam gambar. 

(Figure 1 – A Wheel and Pedal on a right triangle illustration)

Biasanya, meja komputer yang didesain untuk bermain game atau bekerja memiliki area kosong di bawah meja untuk tempat kaki. Dan biasanya lagi meja ini ditempatkan berdekatan atau mepet dengan dinding. Dengan posisi meja seperti ini, Anda bisa menempatkan perangkat pedal Anda dekat dinding. Tambahan perkakas lain adalah alas karpet untuk menjaga agar tidak licin. Sebagian dar perlengkapan pedal yang tersedia di pasaran sudah memiliki lapisan karet atau alat tambahan untuk menjaga agar tidak licin.

 

(Andika Rama Maulana’s first sim setup)

Poin kedua adalah tentang bagaimana perangkat kemudi Anda di tempel atau pasangkan di meja. Untuk meja komputer atau meja gaming, proses pengaturan pemasangan kemudi akan lebih mudah, beda dengan meja rumahan yang umumnya biasa digunakan untuk menempatkan perangkat gaming di ruang keluarga. Untuk pengaturan kemudi di meja rumahan biasa, sebisa mungkin diatur agar alat kemudi sejajar dengan bahu.

Jika tidak ada meja yang cocok di rumah, Anda bisa membeli atau membuat meja khusus untuk perangkat kemudi dengan harga kurang lebih USD $100 – tergantung dari material yang Anda pilih. Secara umum Anda tidak ingin memiliki posisi kemudi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari bahu Anda. Karena jika kurang pas maka pedalnya akan terlalu jauh atau terlalu dekat dengan tempat duduk. 

Untuk gaming wheel di sim rig/cockpit

Peralatan khusus sim rig/cockpit adalah sebuah peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan menggunakan meja biasa saja. Perangkat cockpit yang sudah jadi biasanya sudah didesain dengan posisi mengemudi optimal, namun tentu saja Anda bisa melakukan beberapa pengaturan sesuai preferensi tinggi rendahnya layar. Biasanya juga, perangkat seperti ini sudah menyediakan lubang di area tertentu untuk memasang bagian kemudi dan pedal.

Tidak semua pemain memilih untuk membeli sim rig yang sudah jadi. Banyak juga yang membuat sendiri alias D.I.Y, dengan proses ini Anda bisa mengatur sendiri sesuai kebutuhan baik dari ketersediaan dana, ruang, bahan atau preferensi personal lainnya. JIka Anda memilih untuk membuat sendiri sim rig, maka prinsip posisi mengemudi yang sama tetap diterapkan. khususnya untuk pengaturan kemudi dan pedal dan tempat duduk. 

Sebagai tambahan, Anda juga harus mencoba dan mengusahakan sudut tempat pedal agar mengimplikasikan sudut 45 derajat seperti yang ada di prebuilt sim rig

Tips untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan perangkat kemudi untuk sim racing

Bisa jadi Anda pertama kali mencoba memainkan game virtual racing dengan alat kemudi atau gaming wheel di sebuah acara atau rumah teman. Jika Anda baru pertama kali mencoba pengaturan lengkap gaming wheel dan pedal-nya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ingat agar pengalaman balapan virtual pertama Anda menjadi pengalaman yang seru. 

  1. Atur posisi tangan Anda pada posisi jam 9 dan jam 3. Seperti yang telah disebutkan di atas, posisi kemudi seperti ini memberikan kontrol terbaik dalam mengemudikan mobil jenis apapun.
  2. Usahakan untuk mengurangi input pada kemudi Anda. Kecuali untuk mengemudi di lintasan perkotaan atau mengatasi belokan tajam, tidak diperlukan untuk memasukan input pada kemudi (membelokkan terlalu dalam) untuk membuat mobil di dalam game berbelok. Usahakan untuk maksimal tidak lebih dari 90 derajat ketika menggerakan kemudi baik ke kiri atau ke kanan. Ketika mencoba lintasan untuk pertama kali, Anda tidak perlu takut untuk mengerem agak awal sebelum memasuki tikungan yang tidak Anda kuasai.
  3. Hindari pergerakan yang berlebihan. Pada permainan simulasi balapan, biasanya pergerakan berlebihan pada kemudi akan mengganggu keseimbangan mobil. Jaga pergerakan kemudi agar tetap kecil dan halus untuk menjaga arah mobil tetap stabil. 

Yang penting dari semuanya adalah Anda merasa nyaman dengan posisi kemudi saat menyetir. Ketika Anda mencoba lintasan, di lap pertama usahakan mulai dengan perlahan dan rasakan pengaturan kemudi Anda. Jika Anda bisa merasa nyaman dan tidak lelah ketika mengemudi selama kurang lebih 1 jam 15 menit, maka posisi menyetir Anda sudah optimal. 

Apa pun pengaturan cockpit yang Anda miliki, baik itu meja rumahan biasa atau sim rig khusus, posisi kemudi yang optimal akan membantu Anda untuk konsisten di lintasan. Dan yang paling penting, bisa merasakan serunya pengalaman balapan virtual.

Artikel ini ditulis oleh Luis Moreno dan pertama kali dimuat di Legion of Racers. Publikasi di Hybrid.co.id telah dengan izin, dan kami bekerja sama dengan Legion of Racers untuk menghadirkan berbagai artikel terkait Sim Racing. 

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV