Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Panduan Virtual Racing Tahap Intermediate 2: Mengoptimasi Grafis dan Performa 

30 August 2021Wiku Baskoro

Pada artikel tips untuk virtual racing, Anda akan belajar melakukan pengaturan pada game

Anda telah memilih untuk bermain racing game secara lebih fokus dan Anda telah memiliki PC untuk memainkannya. PC Anda memiliki komponen yang lumayan baru tetapi bukan yang terbaik. Anda ingin bermain judul game balap mobil seperti Assetto Corsa Competizione dengan PC budget yang dilengkapi video card seperti GTX 1650 atau RX 570, pertanyaannya adalah, apakah memungkinkan memainkan game dengan spesifikasi seperti ini?

Jawaban singkatnya adalah: bisa. Jawaban yang lebih detail adalah, Anda bisa memainkan game dengan pengaturan grafis yang cukup tinggi dengan video card gaming entry level, tetapi tidak akan optimal. Mengapa? Karena tergantung dari game engine yang digunakan oleh game tersebut. 

Game yang dijalankan dengan perangkat berspesifikasi rendah bisa mempengaruhi respon input dan bisa merugikan Anda karena tidak memberikan pengalaman mengemudi yang baik. Terutama bagi Anda yang ingin masuk ke ranah kompetisi online dengan pemain lain.

Anda memang tidak perlu pengaturan grafis tinggi dalam permainan untuk bisa menjalankan game balapan mobil. Di sinilah peran optimasi grafis dan performa akan berguna. 

“Frames win Games”

Ada sebuah jargon dari pabrikan prosesor grafis populer yang berbunyi, “Frames win games”. Saat ini, angka FPS yang menjadi standar umum adalah 60FPS. Dengan angka ini performa gaming untuk kasual bisa diterima. Untuk ranah kompetitif angkanya akan lebih tinggi, tergantung dari game engine yang digunakan game. 

Judul game seperti Counter-Strike, sebagai contoh, akan bisa dimainkan secara baik di 120FPS ke atas. Pengaturan di bawah angka ini akan memberikan efek buruh pada bidikan pemain. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada game balapan pada level kompetitif. Namun ini tetap akan bergantung pada game engine yang digunakan pada game, karena tidak semua game balapan mendapatkan pengaruh dari frame rata yang sangat tinggi ketika balapan online. 

Input lag on a gaming wheel

Judul game seperti seri Project CARS dan versi asli Assetto Corsa, akan mendapatkan efek yang cukup sedikit bahkan tidak ada jika dimainkan di 60FPS dengan Vsync. Namun, judul seperti RAceroom, the rFactor Series dan Assetto Corsa Competizione akan ‘menderita’ ketika menggunakan 60FPS, akan terjadi input lag. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggeluti balapan mobil virtual secara kompetitif dengan judul yang disebutkan tadi frame rate yang tinggi akan direkomendasikan. 

Pengalaman mulusnya bermain virtual racing akan lebih terlihat ketika menggunakan gaming wheel. Untuk melakukan uji apakah Anda akan merasakan input lag yang cukup tinggi, terapkan pengaturan yang bisa memunculkan kemudi Anda di layar, lalu gerakan gaming wheel Anda secara bergantian ke kiri dan ke kanan saat mobil dalam keadaan diam. Jika Anda melihat kemudi di game Anda tidak berpindah arah bersamaan dengan ketika Anda menggerakan gaming wheel, maka Anda merasakan input lag. Jika Anda mengalami masalah ini maka yang perlu dilakukan adalah men-disable Vsync. Ini adalah masalah yang umum dihadapi yang menyebabkan input lag di berbagai judul game. 

Screen tearing on the right side of the monitor.

 

Kelemahan dari mematikan Vsync adalah Anda akan melihat ‘screen tearing’ pada layar ketika berpindah dari satu arah ke arah lain – kecuali Anda menggunakan monitor dengan refresh rate yang tinggi dan atau yang memiliki low response time. Jika Anda ingin membatasi frame rate untuk menghindari screen tearing, agar komputer Anda tetap dingin dan game juga bisa berjalan secara mulus, Anda bisa melakukan pengaturan batas frame yang ada dalam permainan. Atau cara lain adalah melakukan pengaturan frame rate yang ada di driver perangkat grafis jika tersedia. 

Optimisasi

Beberapa judul game balap mobil akan bisa berjalan dengan baik ketika FPS dibatasi hanya 60 FPS, namun jika memang dibutuhkan untuk mendapatkan FPS lebih maka yang bisa dilakukan adalah melakukan pengaturan pada tampilan grafis pada game. Ini dilakukan untuk mendapatkan respon dan pengalaman yang lebih baik saat bermain. 

Secara ideal, Anda memang bisa mendapatkan pengalaman penuh dengan mengatur FPS ke angka yang paling tinggi tanpa ada limitasi atas frame. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. 

Pengaturan grafis tinggi atau ultra secara umum hanya berguna untuk mengambil foto dan video dengan kualitas tinggi sebagai bahan untuk pamer. Tetapi dalam balapan dengan kecepatan tinggi, Anda tidak akan sempat untuk melihat berbagai detail dalam game karena konsentrasi pada mengemudi. Ketika balapan beberapa pengaturan, seperti shadows, rumput, detail mobil, lingkungan dalam game serta bayangan mobil dan detail untuk lintasan tidak diperlukan untuk diatur pada pengaturan tinggi atau ultra. 

Di setiap game balap, biasanya akan ada pengaturan umum untuk grafis yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna, untuk contoh di artikel ini kita akan menggunakan pengaturan yang ada pada game Assetto Corsa Competizione. 

Di bawah ini adalah pengaturan pada game Assetto Corsa Competizione yang berjalan di PC dengan spesifikasi GTX 1650 untuk video card dan prosesor Ryzen 5 2600.

Low settings on Project CARS 3, but is it really that “low” at racing speed?

Pengaturan grafis paling umum yang bisa ditemukan dalam kebanyakan game balap adalah ‘shadows’. Pengaturan ini adalah pengaturan yang paling banyak membutuhkan resource di banyak game balap. Dan biasanya pengaturan ini bisa diatur ke maksimal di medium atau minimal di rendah sampai dengan off. Secara ideal Anda ingin melihat bayangan standar untuk mobil di dekat Anda dan tidak perlu memperhatikan dari bayangan pada objek di lintasan. 

Antialiasing tidak terlalu memberikan efek di banyak permainan baru, tetapi jika Anda harus mengatur agar performa dan kualitas bisa seimbang maka rekomendasi pengaturannya adalah bereksperimen dengan berbagai pilihan antialiasing yang berbeda pada setiap game. Dan lihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Beberapa judul masih menyediakan kualitas yang baik bahkan tanpa antialiasing yang diatur ke pilihan aktif. Namun banyak judul lain yang punya opsi antialiasing yang tidak memiliki implikasi pada performa. Tetapi tentu saja tidak ada salahnya untuk Anda mencoba berbagai pengaturan yang ada. 

Pada game Assetto Corsa Competizione, pengaturan TAA/KTAA tinggi akan memberikan kualitas gambar yang cukup baik dengan pengaruh yang sedikit bahkan tidak sama sekali pada performa. 

Untuk pengaturan special effects dan post processing Anda bisa memilih untuk mengaturnya di level minimum untuk balapan reguler dan ubah ke pengaturan maksimal hanya untuk foto atau produksi video. Hal yang sama bisa Anda aplikasikan untuk pengaturan atas tekstur. Dalam pengaturan di atas, pengaturan dedaunan diatur ke minimum (dan dimatikan untuk game lain). Beberapa pengaturan terkait dedaunan atau rumput juga diatur minimum. 

Assetto Corsa Competizione juga memiliki pengaturan grafis yang cukup detail untuk pandangan lewat spion, Anda bisa mengaturnya di antara 50-100 meter sehingga Anda setidaknya bisa melihat mobil di belakang Anda agar bisa bersiap untuk mempertahankan posisi jika mereka ingin menyalip.

Pengaturan lain yang bisa dipertimbangkan adalah visibilitas lawan main. Assetto Corsa Competizione, rFactor and iRacing adalah beberapa contoh judul game balap yang memiliki pengaturan ini. Anda tidak perlu melihat 10-12 mobil yang ada di depan atau belakang Anda, jadi pengaturan pilihannya bisa di angka 20-24 mobil.

Untuk pengaturan akhir, ada beberapa pengaturan advance yang bisa Anda coba. Beberapa pengaturan ini hanya sebatas efek tambahan yang sebetulnya bisa Anda matikan dan beberapa lainnya berpengaruh pada performa. Satu pengaturan yang bisa berpengaruh pada performa adalah ‘Car Level of Detail (LOD) Quality’. Semakin tinggi pengaturannya maka semakin tinggi kualitas mobil yang bisa terlihat dari jarak jauh. Anda bisa mengatur di pengaturan bawah yaitu 25% untuk ACC agar mobil sekitar masih bisa terlihat meski pengaturan rendah. 

Anda juga tidak akan bisa melihat detail dari mobil dalam jarak 150m ke depan ketika menyetir. Detail mobil sekitar hanya bisa terlihat ketika Anda melakukan zoom, dan ini hanya berguna untuk memamerkan foto atau video.

Pengaturan grafis bisa Anda atur secara berbeda untuk berbagai game, namun yang perlu diperhatikan adalah pengaturan ini mungkin akan berbeda efeknya ke performa frame rate. Jika Anda memiliki berbagai macan judul game balap mobil maka Anda perlu bermain lebih banyak di area pengaturan grafis untuk bisa mencapai performa FPS sesuai target Anda dan secara bersamaan tetap bisa memberikan tampilan visual yang baik. 

Kesimpulan 

Secara singkat, Anda tidak memerlukan pengaturan tinggi atau ultra untuk memainkan game balap. Pengaturan ini hanya untuk keperluan foto dan video. Banyak judul game balap yang tersedia dewasa ini telah dikembangkan dengan sedemikian rupa agar bisa dimainkan dengan pengaturan rendah dan masih bisa dinikmati. Yang paling penting adalah, mencapai frame rate tinggi tidak hanya akan memberikan pengalaman bermain yang mulus tetapi juga akan memberikan keuntungan pada Anda ketiga berkompetisi secara online. 

Terakhir, jika Anda memiliki video card high end yang mampu mencapai 3 digit angka FPS, pengaturan yang maksimal dengan target frame rate tertentu akan membantu untuk memperpanjang umum kartu grafis Anda dan membuat PC Anda lebih dingin karena video card tidak bekerja berlebihan terus menerus. 

Artikel ini ditulis oleh Luis Moreno dan pertama kali dimuat di Legion of Racers. Publikasi di Hybrid.co.id telah dengan izin, dan kami bekerja sama dengan Legion of Racers untuk menghadirkan berbagai artikel terkait Sim Racing. 

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV