Gaming News

Pandemi Buat Gamer Semakin Sering Bermain di Mobile

18 Aug 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Seiring dengan naiknya lama waktu penggunaan smartphone, begitu juga dengan waktu yang dihabiskan untuk bermain mobile game

Perusahaan analitik mobile, App Annie baru saja merilis laporan tentang kebiasaan masyarakat dalam menggunakan ponsel sepanjang semester pertama 2020. Seperti yang sudah bisa diduga, penggunaan mobile selama enam bulan terakhir naik. Sepanjang semester pertama 2020, aplikasi dan game di App Store serta Play Store diunduh sebanyak 64 miliar kali. Angka ini naik 5 persen jika dibandingkan dengan total download pada tahun lalu dan naik 10 persen jika dibandingkan dengan semester 2 2019.

Sementara itu, dalam dunia gaming, mobile game kini mulai dianggap sebagai bagian dari core gaming, yang selama ini identik dengan game PC atau konsol. Tak hanya itu, board game juga mulai tersedia sebagai mobile game. Dan game-game tersebut sukses. Salah satu buktinya, pada Q2 2020, mobile game Scrabble Go mengalami pertumbuhan sebesar 455 persen di Prancis dan 375 persen di Kanada dari Q1 2020.

Selama lockdown akibat pandemi, masyarakat di berbagai negara terpaksa harus tetap di rumah. Hal ini membuat mereka menghabiskan semakin banyak waktu untuk bermain game dan menonton konten game. Menariknya, meskipun banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, mereka memilih untuk bermain game di smartphone daripada di konsol atau PC. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas mobile game yang terus membaik.

Tidak heran jika waktu bermain mobile game naik. Secara keseluruhan, waktu penggunaan smartphone memang mengalami kenaikan selama pandemi. Di Rusia, rata-rata waktu yang digunakan oleh pengguna Android untuk menggunakan smartphone mereka mencapai 3,5 jam per hari pada Q2 2019, naik 40 persen jika dibandingkan dengan waktu rata-rata penggunaan ponsel pada 2019.

mobile game pandemi
Total download aplikasi dari bulan ke bulan. | Sumber: GamesBeat

Kenaikan waktu penggunaan smartphone ini tak hanya terjadi di Rusia. Di kebanyakan negara yang diamati oleh App Annie, memang terjadi kenaikan lama penggunaan rata-rata smartphone. App Annie juga memperkirakan, kebiasaan penggunaan smartphone yang sudah terlanjur terbentuk selama masa pandemi tidak akan berubah.

“Para psikologis menemukan, sebuah kebiasaan terbentuk dalam waktu kira-kira 66 hari,” tulis App Annie, menurut laporan GamesIndustry. “Pandemi masih akan berlanjut hingga Q3 2020. Hal ini akan memperkuat kebiasaan penggunaan smartphone yang sudah mulai terbentuk sejak awal tahun.”

Menariknya, App Annie juga menyebutkan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memasang iklan di platform mobile. Padahal, sejak pandemi melanda, banyak perusahaan yang memotong dana untuk iklan.

“Terkait betapa pentingnya memasang iklan di mobile, sekarang adalah waktu yang sangat penting untuk beriklan. Karena, saat ini adalah waktu ketika banyak orang mengubah kebiasaan penggunaan aplikasi mereka,” kata Market Insights Director, App Annie, Amir Ghodrati kepada GamesBeat. “Sekarang adalah momen yang tepat untuk mendapatkan pengguna baru. Jadi, jika memungkinkan, sekarang adalah waktu terbaik untuk melakukan itu.”

Sumber header: Business Insider