Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Berbagai Perubahan Overwatch League Musim 2020

8 January 2020Yudi Anggi

Musim baru liga Overwatch profesional akan mendapatkan banyak perubahan.

Persiapan Overwatch League 2020 dimulai pada pembukaan transfer window di bulan September 2019 kemarin. Tim-tim yang akan berlaga di musim 2020 mulai mempersiapkan kontrak dengan pemain lama atau melakukan negosiasi dengan calon pemain baru. Tenggat waktu untuk para tim menyelesaikan kontrak pemainnya adalah pada bulan November 2019. Selain pengumuman minimal 8 pemain untuk satu tim, Overwatch League Season baru akan dimulai pada bulan Februari 2020.

Overwatch League 2020 akan menerapkan pertandingan kandang-tandang, yang berarti tim-tim peserta Overwatch League akan berkeliling dunia untuk bertanding. Masing-masing tim ini berkewajiban untuk menjalankan minimal dua local weekend events. Mereka juga bertugas menjalankan dan memilih venue acara tersebut. Walaupun pada akhirnya pihak Overwatch League yang akan bertugas dalam hal penyiarannya.

Pembagian divisi baru

Overwatch League Musim 2020 juga memunculkan divisi baru pada sistem turnamennya. Pacific conference dibagi menjadi Eastern dan Western, sedangkan Atlantic Conference dibagi menjadi Northern dan Southern.

Sumber: Ginx
Sumber: Ginx

Pacific Conference berisikan tim-tim unggulan yang membuat grup ini jadi yang paling seru. Easter division-nya terdiri dari Chengdu Hunters, Guangzhou Charge, Hangzhou Spark, Seoul Dynasty, dan Shanghai Dragons. Sedangkan di Western Division, ada Dallas Fuel, Los Angeles Gladiators, Los Angeles Valiant, San Fransisco Shock, dan Vancouver Titans.

Pada Atlantic Conference, Southern Division diisi oleh Atlanta Reign, Florida Mayhem, Houston Outlaws, Philadelphia Fusion, dan Washington Justice. Dari Northern Division, Anda bisa melihat Boston Uprising, New York Excelsior, Toronto Defiant, London Spitfire, dan Paris Eternal.

Fokus pada penggemar lokal

Menyasar ke penggemar lokal memang sudah menjadi janji Overwatch League kepada para pemilik tim saat acara perkenalan Overwatch League di Blizzcon tahun 2016 silam. Banyak pemilik tim di Overwatch League juga memiliki tim Olahraga, seperti New England Patriots milik Krafts Sports Group, Los Angeles Rams milik Stan Kroenke, dan New York Mets milik Wilpon Family. Para pemilik tim ini ingin menggabungkan fanbase yang mereka miliki dari kedua tim olahraga dan Overwatch mereka.

Sumber: Ocregister
Sumber: Ocregister

Minggu pertama dari Overwatch League akan dimulai pada tanggal 8 Februari 2020 yang dibuka oleh pertandingan New York Excelsior di New York dan Dallas Fuel di Dallas. Tahun ini, pertandingan Overwatch League hanya diadakan pada hari sabtu dan minggu saja. Dengan format baru, berarti akan ada dua pertandingan di kota yang berbeda pada hari yang sama.

Selain itu, dengan perbedaan waktu yang akan membingungkan bagi para penggemar Overwatch League (OWL), mereka mungkin hanya akan menonton tim-tim favorit mereka saja.

Menariknya, para pemain OWL akan bepergian setiap minggu dan hal ini akan menambah stress mereka. Berarti ada pekerjaan tambahan bagi manajemen tim untuk mengatur pemainnya agar selalu dalam keadaan prima. Namun demikian, untuk para penggemar lokal di kota pertandingan, perubahan ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk melihat pertandingan Overwatch League secara langsung.

Pasalnya, waktu pertandingan akan menyesuaikan waktu di kota tersebut juga dan akan memudahkan para penggemar untuk datang ke acara pertandingan. Meski memang,yang dikorbankan di sini adalah penonton online yang harus menyesuaikan diri dengan wilayah waktu yang berbeda-beda. Setidaknya, hari pertandingan di musim ini hanya ada di sabtu dan minggu. Hal ini akan mempermudah penonton live stream Overwatch League untuk mengatur waktunya guna menonton pertandingan.

 

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV