14 March 2022

by Glenn Kaonang

Closed Beta Overwatch 2 Akan Meluncur Bulan April, Tapi Khusus PvP Saja

Pada closed beta test pertamanya, Blizzard bakal menguji beberapa pembaruan di Overwatch 2, mulai dari mode permainan, map, karakter, sampai sistem komunikasi baru

Apa kabar Overwatch 2? Sekuel hero shooter besutan Blizzard ini pertama diumumkan di BlizzCon 2019, namun game-nya masih tak kunjung diluncurkan hingga sekarang. Setelah sekian lama bungkam mengenai Overwatch 2, Blizzard pun akhirnya mengumumkan kabar yang cukup menggembirakan belum lama ini.

Lewat sebuah video yang diunggah ke YouTube, game director Aaron Keller mengonfirmasi bahwa Overwatch 2 bakal menjalani fase pengujian closed beta dalam waktu dekat, persisnya mendekati akhir bulan April mendatang. Perlu dicatat, yang bakal diuji hanyalah mode PvP dari Overwatch 2 saja, sementara mode PvE-nya sejauh ini masih belum ada kejelasan.

Seperti diketahui, faktor utama yang membedakan Overwatch 2 adalah adanya konten PvE yang akan mendalami lore dari karakter-karakter dan dunia Overwatch. Dalam videonya, Aaron menjelaskan bahwa timnya memutuskan untuk memisah mode PvP dan PvE dari Overwatch 2 demi mempercepat pengembangannya.

Seperti dijelaskan lewat posting blog, fase pengujian closed beta pertama Overwatch 2 ini dimaksudkan untuk menguji beberapa fitur, konten dan sistem baru yang Overwatch 2 hadirkan sebelum menguji kapasitas server-nya dengan jumlah pemain yang lebih besar lagi di tahap-tahap berikutnya.

Spesifiknya, pembaruan yang bakal diuji dalam Overwatch 2 PvP Beta 1 (demikian Blizzard menamainya) adalah sebagai berikut:

  • Format pertandingan baru 5v5
  • Mode baru bernama Push
  • 4 map baru, yaitu Circuit Royal (Escort), Midtown (Hybrid), New Queen Street dan Colosseo (Push)
  • Hero baru bernama Sojourn
  • Perubahan mekanisme pada empat hero, yakni Orisa, Doomfist, Bastion, dan Sombra
  • Sistem Ping baru

Buat yang tertarik berpartisipasi dalam fase pengujian closed beta Overwatch 2, pendaftarannya saat ini telah dibuka di situs resmi Overwatch, tapi khusus untuk platform PC saja.

Dalam videonya, Allan juga mengakui kesalahan timnya dalam hal komunikasi, dan ia pun sadar akan minimnya konten baru yang dapat dinikmati oleh para pemain Overwatch saat ini. Ke depannya, Allan berjanji timnya akan lebih transparan dan lebih rutin mengomunikasikan update baru terkait masa depan Overwatch.

Sayangnya, semua ini masih belum menjawab pertanyaan "kapan Overwatch 2 akan dirilis ke publik". Terakhir diberitakan, versi awal Overwatch 2 disebut akan tampil perdana di Overwatch League (OWL) Season 5. Setidaknya peluncuran versi beta mode PvP-nya ini sudah sejalan dengan rencana tersebut.

Via: Eurogamer.