16 February 2023

by Daniel Hamiaz

Otter.ai Luncurkan OtterPilot, AI Pembuat Notula Rapat Otomatis

OtterPilot mampu menyimpan gambar yang ditampilkan, mencatat poin-poin penting secara otomatis, dan membuat ringkasan rapat

Otter.ai baru saja meluncurkan sebuah aplikasi meeting assistant yang dinamakan OtterPilot. Yang menjadikannya spesial adalah, aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi AI untuk bekerja bak notula rapat yang bersifat real time. Teknologi kecerdasan buatan atau AI memang sedang lagi naik daun, salah satunya berkat sistem seperti ChatGPT.

OtterPilot memanfaatkan teknologi pengenalan suara menjadi teks, untuk merekam setiap momen yang terjadi dalam rapat, seperti proses presentasi, diskusi, dan tanya jawab. Setelah direkam, teknologi AI akan memproses kalimat yang terlontarkan, lalu akan menyaring setiap poin penting. Semuanya dilakukan secara otomatis.

Otter.ai menyebutkan setidaknya terdapat 3 fitur utama yang ditawarkan OtterPilot, yaitu:

1. Mencatat poin-poin penting secara otomatis

Ketika rapat sedang berjalan, OtterPilot akan bekerja secara real-time dengan mencatat poin-poin penting yang disebutkan di dalam rapat. Setiap anggota rapat yang hadir juga bisa melihat live transcript saat rapat sedang berlangsung, jika seumpama ingin mengingat suatu topik yang telah dibahas.

Tidak hanya melihat, anggota rapat juga bisa menambahkan komen terhadap poin yang telah dihasilkan oleh AI. Setelah rapat berakhir, OtterPilot akan membagikan catatannya kepada semua anggota rapat atau kepada sejumlah orang tertentu.

2. Membuat ringkasan rapat

Proses rapat terkadang memakan waktu yang cukup lama karena tak jarang ada banyak pernyataan yang berseliweran. Untuk membantu proses evaluasi rapat, OtterPilot akan meringkas jalannya rapat, merangkumnya menjadi sebuah timeline yang menampilkan topik pembahasan.

Ringkasan tersebut akan dikirimkan kepada anggota rapat setelah rapat usai melalui sebuah email yang akan menyematkan hyperlink untuk setiap momen penting yang terjadi.

3. Menyimpan gambar dan slide

Rapat secara online biasanya akan menggunakan alat bantu presentasi, seperti PowerPoint dan aplikasi serupa lainnya. Saat rapat sedang berlangsung, OtterPilot mampu menangkap gambar yang ditampilkan dan menyimpannya. Gambar yang disimpan tersebut bisa diakses oleh anggota rapat lain, dan bisa dilihat kembali sewaktu-waktu ketika rapat sedang berjalan.

Untuk mencegah kelalaian untuk memasukkan OtterPilot ke dalam rapat, Otter.ai pun merancang agar OtterPilot mampu masuk ke dalam rapat secara otomatis, jika akun pengguna terhubung ke Microsoft atau Google Calendar.

Dengan adanya OtterPilot, setiap anggota tim dirasa tidak harus mengikuti setiap rapat yang diadakan, sehingga akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Selain itu, para peserta rapat juga akan lebih leluasa untuk berinteraksi, tanpa khawatir atau terganggu untuk melakukan jeda kepada notulis yang mencatat jalannya rapat. Jika Anda tertarik untuk mencoba OtterPilot, Anda bisa cek di sini.