Dark
Light

OSVehicle Tabby, Desain Mobil Open Source yang Bisa Anda Rakit Sendiri

1 min read
February 6, 2014

Saya tidak tahu apakah pilihan-pilihan mobil dengan harga terjangkau bisa mengatasi masalah lalu lintas yang terjadi di kota-kota besar. Polusi, kemacetan dan ketidaktersediaan ruang gerak adalah sedikit masalah yang mereka sebabkan. Pertanyaannya adalah apakah konsep mobil rakitan mampu menjadi solusinya?

Dimulai kurang lebih tujuh tahun lalu, OSVehicle adalah sebuah platform pengembangan kendaraan roda empat yang mengadopsi ide open source. Diciptakan oleh duet Francisco Liu dan Ampelio Macchi, proyek ini dirilis di bawah lisensi BY-SA Creative Commons, di mana Anda dapat mengunduh file CAD-nya langsung dari website resmi mereka. Untuk inkarnasi pertama mobil rakitan open source, mereka menamainya dengan Urban Tabby.

 

Info menarik: Lifehand 2, Lengan Sintetik yang Dapat Merasakan Sentuhan

 

Dijanjikan dapat dirakit kurang dari satu jam, Tabby diklaim dapat mengangkut dua hingga empat penumpang. Desain chassis yang fleksibel memungkinkan Anda dapat berkreasi dan mengubahnya menjadi mobil dengan tema berbeda: dua pintu, empat pintu, city car, hard top hingga kendaraan off-road dan convertible. Menurut penciptanya, chassis inilah yang menjadi salah satu keunggulan Tabby. Anda bisa membangun reputasi sendiri dengan menggunggah rancangan ‘unik’ Anda ke Internet.

Tabby juga merupakan satu-satunya produk yang mampu mengubah konsumen menjadi desainer/produsen. Dalam memproduksi komponen ataupun merakit seluruh bagian kendaraan menjadi satu, OSVehicle menawarkan berbagai macam bentuk kerja sama untuk memudahkan konsumennya. Bahkan mereka akan memberi masukan tentang jenis mobil apa yang tepat untuk digunakan di negara tertentu. (Untuk Indonesia? Mobil terbang.)

Para perancangnya meyakinkan bahwa cetak biru yang menjadi basis Anda merakit Tabby merupakan hasil kerja keras teknik mesin Itali selama kurang lebih 40 tahun. Rancangan mesin ini diklaim telah mendapatkan berbagai macam penghargaan dalam kejuaraan dunia.

Anda bisa memilih beberapa jenis motor yang ditawarkan: tiga pilihan motor elektrik masing-masing berkapasitas 4, 8 da 15kW; mesin hybrid bensin-elektrik (mesin 125cc dengan motor listrik 15kW); atau mesin tradisional dari mulai 50 hingga 250 cc. Seperti yang tadi disebutkan, Anda tidak perlu merancang desainnya sendiri karena Anda bisa menggunakan desain orang lain yang mereka upload di website.

 

Info menarik: LG dan Google Resmi Umumkan Nexus 5 Warna Merah

 

Saat ini OSVehicle telah membuka pendaftaran pre-order untuk mendapatkan starter kit Tabby. Starter kit tersebut menawarkan konfigurasi empat atau dua kursi, paket baterai, elecric powertrain dan juga jok kursi. Dengan mengeluarkan uang hanya kurang lebih US$ 4.000, mobil Urban Tabby dapat melesat hingga kecepatan 80 kilometer per jam.

Kecepatan 80km/j memang terdengar sangat menjanjikan. Kini kita hanya tinggal memikirkan bagaimana mengurus surat-surat kendaraan roda empat ini, kemudian bagimana nasib nomor mesinnya? Terlepas dari itu dengan OSVehicle, Anda bisa menciptakan sendiri versi sporty dari SmartCar, atau merancang miniatur tank anti-serempet motor. 🙂

Dalam video ini, dua orang pria bisa merakit Tabby dalam waktu kurang lebih 41 menit.

Sumber gambar dan artikel: Wired.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

MSI AE202, PC All-in-One Bisnis Efisien dengan Teknologi ‘Terpercaya’

Next Story

Bank Indonesia Issues Second Statement on Bitcoin and Virtual Currencies

Latest from Blog

Don't Miss

Model bahasa AI buatan Meta, Llama 2

Meta dan Microsoft Umumkan Model Bahasa AI Open-Source, Llama 2

Meta resmi mengumumkan Llama 2, generasi terbaru dari model bahasa
meizu-m6s-smartphone-full-screen

Meizu Diakuisisi oleh Sebuah Perusahaan Mobil

Anda masih ingat dengan merek smartphone Meizu? Pada tahun 2021 lalu,