Dark
Light

Meizu Diakuisisi oleh Sebuah Perusahaan Mobil

1 min read
January 3, 2023
meizu-m6s-smartphone-full-screen

Anda masih ingat dengan merek smartphone Meizu? Pada tahun 2021 lalu, Meizu mengadakan kerjasama dengan Sony untuk membuat antarmuka Flyme bisa ditemukan pada perangkat Xperia. Namun hingga saat ini, Meizu sepertinya tenggelam walaupun sempat mengeluarkan beberapa perangkat di Tiongkok. Ternyata, saat ini Meizu sudah berpindah kepemilikan.

Di bulan Februari tahun 2021 yang lalu, Meizu mengungkapkan bahwa Huang Xiuzhang mengundurkan diri sebagai CEO perusahaan. Setelah itu Huang Zhipan, yang merupakan adik laki-lakinya, menggantikan sang kakak sebagai pemimpin perusahaan tersebut. Semenjak saat itu, Huang Xiuzhang sepertinya tidak lagi terlihat didepan umum sampai ada pengumuman berpindahnya kepemilikan Meizu.

Adalah Wuhan Xingji Meizu Technology Co., Ltd sebuah perusahaan yang merupakan induk dari Geely, sebuah merek dari mobil China, menjadi pemegang sahan tunggal untuk smartphone Meizu. Hal tersebut terjadi setelah pemegang saham asli seperti Huang Xiuzhang yang mendirikan perusahaan, Telling Communication Holdings Co., Ltd, Zhuhai Honghua New Kinetic Energy Equity Investment Fund, dan banyak mantan pemegang saham lainnya menarik saham mereka.

Dilansir dari IT Home, penandatanganan kontrak tersebut akan dilakukan pada bulan Juli tahun 2023 ini. Nantinya Hubei Xingji Times Technology Co., Ltd akan memegang 79,09% sehingga akan mengendalikan Meizu secara penuh. Hal ini juga akan mengubah siapa yang akan menjadi pemimpin dari Meizu sebagai pengganti Huang Xiuzhang.

Zhuhai Meizu Technology Co., Ltd. menunjuk Shen Ziyu sebagai pemimpun barunya. Selain itu, Wuhan Xinglian Times Technology Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama perusahaan, dan Shen Ziyu menggantikan Huang Zhipan sebagai perwakilan hukum. Huang Xiuzhang sendiri memegang 9,79% ekuitas dan diangkat sebagai konsultan strategis untuk produk Meizu Technology.

Setelah penandatanganan pada bulan Juli nanti, Li Shufu selaku pendiri Geely akan tetap menjadi pemimpin Xingji Times. Sedangkan Shen Ziyu yang menjabat sebagai wakil ketua Xingji Times akan menjadi pemimpin teknologi Meizu.

Bagi yang belum tahu, Geely pernah dikenal di Indonesia dengan berbagai macam koleksi mobilnya. Perusahaan asal Tiongkok yang didirikan tahun 1986 dan masuk ke dalam industri mobil pada tahun 1997 ini masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2009. Namun pada tahun 2016, Geely harus hengkang dari Indonesia karena tidak meraup penjualan.

Dengan berpindahnya kepemilikan ini, mari kita berharap agar Meizu dan juga Geely bisa kembali ke pasar Indonesia. Tentunya, semakin banyak merek yang bersaing di Indonesia akan membuat pasar smartphone menjadi lebih bersaing dan menarik. Mari kita lihat bagaimana perkembangan dari Meizu dan Geely di kemudia hari.

Sumber dan gambar: ITHome

Dimas Galih W.

Tempat bertanya segala macam spesifikasi teknis, suka banget GCam, review gadget dan PC adalah koentji. Hampir 95% foto yang saya terbitkan menggunakan GCam.

Square Enix sedang kembangkan beberapa game blockchain beradasarkan IP orisinal
Previous Story

Square Enix Kian Antusias dengan Game Blockchain, Siapkan Beberapa Judul Sekaligus

Marketplace NFT nasional Tiongkok
Next Story

Tiongkok Kini Punya Marketplace NFT Nasional

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia

realme Rilis C63, Punya Kamera 50MP dan Fitur Pengisian Daya Cepat

realme meluncurkan smartphone baru, yaitu realme C63. Salah satu fitur