Dark
Light

Org(dot)Com Wakili Indonesia dalam Game Design – Phone Imagine Cup 2012

1 min read
May 25, 2012

Selain tim Malabar, Indonesia ternyata juga akan diwakili oleh Org.Com dalam Imagine Cup 2012. Jika Malabar berkompetisi dalam kategori software design, Org.Com akan ikut serta dalam final Imagine Cup 2012 dalam kategori game design: phone. Org.Com akan tampil dengan game mobile karyannya yang diberi judul, Cronus.

Untuk kompetisi ini, Org.Com menurunkan Muhammad Hilman Beyri, Prisyafandiafif Charifa, Alfian Ramadhan, dan  Mahardiansyah Kartika. Semuanya mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2009. Sebenarnya, Org.Com merupakan komunitas mahasiswa yang mirip dengan Creacle. Keduanya sama-sama komunitas mahasiswa yang rajin membuat game dan mengikuti kompetisi-kompetisi game, dan sama-sama berniat menjadi sebuah studio game profesional setelah anggotanya lulus dari universitas.

Org.Com dengan game Jonk! juga menjadi finalis Mobile Games Developer War 3 yang digelar hari Minggu kemarin. Sebelum itu, mereka pernah merilis game yang berjudul the Garbager dan telah membuat game Gundu Tubruk dan Pasar The Game.

Berbeda dari kategori software design yang memiliki “babak penyisihan” regional, peserta kategori game design: phone dalam Imagine Cup 2012 langsung berkompetisi pada tingkat global. Untuk mencapai final Imagine Cup, mereka harus melalui 3 tahap sebelumnya.

Pada tahap pertama, peserta hanya diminta mengirimkan dokumen game design atau storyboard. Semua peserta yang mengirimkan game design, lolos ke tahap kedua. Selanjutnya pada tahap kedua, peserta mengirimkan kembali dokumen game design atau storyboard dengan tambahan instruksi tentang gameplay, game video, dan game itu sendiri yang telah dapat dimainkan. Peserta yang kemudian lolos ke tahap ketiga, diminta untuk mengirimkan kembali dokumen game design atau storyboard kali ini dengan tambahan instruksi gameplay, gameplay video, game yang dapat dimainkan, 3 screenshot game, satu video game trailer.

Dari tahap ketiga itulah, dipilih 10 finalis yang akan mempresentasikan hasil karyanya pada final Imagine Cup 2012 di Sidney, Australia bulan Juli nanti. Org.Com dengan game Cronus-nya, akan bersaing dengan tim Monkey Pepper (Brazil) dengan game Little Changes, Wicked Games (Ceko/Yggdrasil: The Tree Of Life), Ecosia (Prancis, Ecosia), Swifteam (Prancis, Swifty Ball), Turtle Games (Hungaria, Rum Rum), Gaon Nuri (Korea, Knocking Hope), LevelUp (Lithuani, Never Future), AVe (Rumania, City Quest), dan Drexel Dragons (Amerika Serikat, MathDash).

Meskipun bertanding dalam kategori game design: phone, semua peserta juga tetap mengusung tema besar Imagine Cup 2012 yaitu “Imagine a world where technology helps solve the toughest problems”. Lebih lengkap tentang bagaimana tim Org.Com mengemas tema tersebut dalam sebuah game keren berjudul Cronus, akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya tentang Cronus. Semoga tim Org.Com dan Cronus dapat mengharumkan nama Indonesia pada final Imagine Cup 2012 nanti.

Thanks Puja Pramudya for the tip.

Previous Story

OngkosKirim Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Platform J2ME

Next Story

Registrasi BlackBerry 10 Jam Jakarta Segera Dibuka

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

H3RO Land dari Bima+, Teman Mabar Anak Esports

Salah satu bentuk dukungan untuk perkembangan esports di tanah air

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah