Esports Ecosystem

Organisasi Esports Sponsori Pembalap Betulan Untuk Kompetisi Sim-Racing

07 Apr 2020 | Akbar Priono
Lirik kesempatan, Spacestation Gaming sponsori pembalap NASCAR, Will Rodgers, untuk berkompetisi di gelaran eNASCAR iRacing Pro Invitational Series.

Esports Sim-Racing segera kebanjiran perhatian setelah pandemi COVID-19 terjadi dan memaksa banyak ajang balapan motorsport jadi tidak bisa dilaksanakan. Akhirnya, banyak cabang motorsport beralih ke Sim-Racing, seperti Formula 1, MotoGP, ataupun balap NASCAR. Bahkan televisi nasional Amerika Serikat juga jadi menayangkan balapan Sim-Racing yang diikuti oleh para pembalap motorsport NASCAR.

Tak hanya itu, kejadian ini juga membuat disrupsi tersendiri dalam hal kerja sama dan sponsorship. Dalam keadaan normal, kita biasanya melihat entitas dari olahraga tradisional mensponsori atau membuka peluang di ekosistem esports, seperti Barcelona yang punya tim Rocket League, atau Juventus yang kerja sama dengan Astralis untuk berkompetisi di kancah eFootball PES 2020.

Namun dalam keadaan seperti sekarang, malah tim esports yang menjadi sponsor bagi entitas olahraga tradisional. Baru-baru ini organisasi esports yang membawa divisi Rainbow Six: Siege mereka menjadi juara dunia di Six Invitational, Spacestation Gaming, mengumumkan bahwa mereka mensponsori pembalap motorsport NASCAR, Will Rodgers.

Lewat sponsorship ini, kita akan melihat Will Rodgers mewakili Spacestation Gaming dalam balapan eNASCAR Coca-Cola iRacing Series, sebuah balapan Sim-Racing resmi yang dibuat oleh promotor balap motorsport NASCAR. Tak hanya itu, nantinya Will Rodgers juga akan melakukan balapan dalam mobil dengan rancangan tampilan muka spesifik untuk Spacestation Gaming.

Mengutip dari Esports Insider, Shaun McBride (Shonduras), Owner Spacestation Gaming mengatakan. “Olahraga tradisional dengan esports memiliki kemiripan, dan eNASCAR menjadi bukti yang sangat sempurna! Spacestation Gaming sangat bersemangat untuk membangun komunitas baru ini dan menjadi penyokong jangka panjang terhadap skena yang sedang berkembang cepat ini!”

Will Rodgers juga menambahkan. “Saya sangat senang sekali bisa bekerja sama dengan Spacestation Gaming, dan memulai tim eNASCAR baru. Dengan semua kesuksesan torehan prestasi Spacestation pada platform gaming lainnya, saya yakin bahwa kami telah membuat kombinasi juara baik untuk di dalam atau luar trek balap.”

https://twitter.com/willrodgers65/status/1246486733539233792

Belakangan balapan Sim-Racing NASCAR yang diselenggarakan oleh promotor motorsport NASCAR itu sendiri memang sedang menjadi buah bibir dan memunculkan kesempatan baru bagi ekosistem esports. Apalagi tayangan balap virtual ini terbukti disukai oleh khalayak umum setelah FOX Sports mencatatkan ada 1,3 juta orang penonton yang menonton gelaran eNASCAR iRacing Pro Series Invitational.

Melihat keadaan seperti ini, rasanya keputusan Spacestation Gaming mensponsori pembalap seperti Will Rodgers yang sudah beberapa kali memenangkan kejuaraan motorsport NASCAR untuk berkompetisi dalam balap Sim-Racing, adalah sesuatu yang tepat.