18 February 2022

by Wiku Baskoro

OPPO Resmi Umumkan OPPO A76, Perangkat Mid-Range dengan Dukungan Pengisian Daya 33W

Perangkat OPPO A76 dijual dengan harga 3.399.000 rupiah 

OPPO memberikan 'kejutan' dengan merilis seri A terbaru, menjelang perkenalan Reno7 Series yang juga tinggal menunggu waktu rilis. OPPO resmi memperkenalkan ke publik perangkat OPPO A76.

Perangkat OPPO A76 ini merupakan perangkat segmen menengah dengan membawa berbagai keunggulan di kelasnya, juga beberapa fitur yang ada di perangkat premium.

OPPO A76 membawa prosesor Snapdragon 680 4G yang cocok untuk kelas menengah dengan dukungan buat main game dan fotografi. Kamera di perangkat ini ada dua di kamera belakang yaitu 13MP kamera utama dan 2MP kamera bokeh dan kamera depan 8MP.

Dari sisi desain tampilan belakangnya cukup modern dan selaras dengan perangkat kelas di atas seri A lainnya seperti Reno7 series yang akan segera hadir. Layout kamera juga memiliki keserupaan dengan seri premium OPPO.

Layar 6.56 inci dengan refresh rate 90Hz up to 180Hz touch sampling rate. Ini cukup menarik karena refresh rate 90Hz bisa menjadi standar untuk perangkat menengah. Dukungan baterai 5000mAh juga akan bisa mendukung refresh rate ini.

Untuk RAM tersedia 6GB dan ROM 128GB beserta dukungan kartu SD up to 1TB. Finger lock ada di pinggir bukan di layar, dan perangkat menggunakan Color OS 11 dan tersedia dalam dua warna Glowing Black dan Glowing Blue.

Beberapa fitur menarik di kelas menengah

Itu di atas adalah spesifikasi standar namun bukan OPPO kalau tidak memberikan kejutan dari sisi fitur di perangkat mereka yang dirilis. Yang pertama adalah RAM dan ROM expansion.

OPPO pertama kali memberikan ROM expansion di perangkat seri A. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk mengoptimalkan penyimpanan sistem dengan otomatis memindahkan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial ke kartu SD.

Untuk RAM expansion yang juga tersedia di perangkat ini, memungkinkan proses otomatis agar bisa memaksimalkan penyimpanan internal untuk bisa membantu RAM mendapatkan tambahan sementara.

Untuk kelebihan lain adalah dukungan ekosistem Super VOOC 33W yang memungkinkan kecepatan seperti kelas premium untuk pengisian daya. Kapasitas baterai 5000mAh dan fast charging 33W adalah kombinasi yang menyenangkan untuk kelas mid-range.

Untuk urusan pengisian daya ini OPPO juga menyediakan beberapa fitur misalnya super nightime stanby yang memungkinkan model AI mengenal kebiasaan tidur pengguna dan mengurangi konsumsi daya yang sesuai, lalu ada fitur super power saving mode yang bisa memberikan pengguna pilihan 6 aplikasi untuk digunakan di mode ini. A76 juga memiliki optimized night charging yang memungkinkan AI di perangkat untuk menghentikan pengisian daya saat level baterai 80% dan melanjutkan pengisian daya satu jam sebelum pengguna bangung. Pola ini dipelajari oleh AI saat perangkat digunakan pengguna. 

Untuk keunggulan secara keseluruhan perangkat, OPPO A76 juga dijaga kualitasnya dengan memberikan beberapa fasilitas seperti Dust Resistance:  IP5X, Water Resistance: IPX4 dan Pressure Resistance: 15Kg.

OPPO A76 dijual dengan harga 3.399.000 rupiah dan sudah bisa dibeli di berbagai gerai OPPO denga ketersediaan secara bertahap di seluruh Indonesia. Dengan berbagai fiturnya, baik dari sisi desain sampai dengan fasilitas fast charging, perangkat ini jadi perangkat seria A yang cukup menarik bagi mereka yang ingin memiliki smartphone kelas menengah terbaru dari OPPO.