Hybrid
for SEO
Hybrid

OPPO A96, Perangkat Segmen Menengah yang Menarik di Berbagai Fitur

8 April 2022Wiku Baskoro

Speed review OPPO A96 memberikan gambaran bahwa perangkat ini hadir dengan berbagai keunggulan untuk seri A

OPPO A96 menghadirkan berbagai keunggulan seperti baterai besar, layar besar, ruang penyimpanan yang besar serta kualitas foto yang bisa diandalkan di kelasnya

OPPO secara resmi menghadirkan perangkat terbaru di kelas A yaitu OPPO A96. Perangkat ini dijual dengan harga 4.299 juta rupiah dan hadir dengan berbagai keunggulan, mulai dari baterai, layar, kamera dan desain. Seperti apa pengalaman singkat menggunakan OPPO A96? Simak speed review berikut ini. 

review OPPO A96

Layar dan Desain OPPO A96

Meski masih seri A dan sudah pasti menjadi perangkat yang ditujukan untuk kelas menengah, OPPO A96 hadir dengan layar dan desain yang cukup maksimal. Untuk layar, perangkat ini hadir dengan 6.59 inci dan menjadi salah satu perangkat paling lebar yang ada di seri A. Dengan layar ini tentunya pengguna bisa lebih nyaman untuk menggunakan perangkat, terutama untuk aktivitas tertentu seperti hiburan dan browsing internet. 

Tidak hanya layar yang lebar, A96 juga dilengkapi beberapa fitur lain yang menambah lengkap pengalaman dari sisi layar. Yang pertama adalah refresh rate yang sudah 90H dengan touch sampling rate sampai 180Hz. Dengan refresh rate 90Hz ini menjelajah internet termasuk media sosial menjadi lebih nyaman. OPPO juga menyediakan pilihan auto select yang memgunkinkan perangkat beradaptasi dari sisi refresh rate. Disesuaikan mana yang optimal refresh rate tinggi mana yang rendah. 

Fitur pelengkap lain yang menambah kelebihan layar adalah resolusi layar 1080×2412 FHD screen lalu 96% NTSC wide color gamut dan mode vivid serta gentle. OPPO A96 juga dilengkapi fitur dari ColorOS untuk kenyamanan di AI Eye Comfort. 

Dengan layar yang hadir seperti spesifikasi di atas OPPO A96 sudah nyaman digunakan terutama yang berhubungan dengan akses konten dari layar. Nah, tentunya tampilan layar juga harus didukung dengan elemen desain lain yang nantinya akan berhubungan dengan kenyamanan genggam. 

review OPPO A96

OPPO A96 tampil dengan body yang tebal karena membawa baterai yang besar, tetapi tampilan pinggiran yang rounded menjadikan perangkat ini terasa cukup tipis. Salah satu finishing lain yang menambah kenyamanan adalah hadirnya OPPO Glow Design di bagian belakang perangkat. 

Warna unit yang saya coba pada speed review kali ini adalah Pearl Pink, efek warnanya cukup menarik karena terasa seperti ada serpihan mengkilat. Efek ini bisa dihasilkan dari OPPO Glow Design, sebuah evolusi lanjutan yang didasari dari teknik Reno Glow yang hadir pada seri Reno. 

Bagian belakang perangkat dengan OPPO Glow Design ini nyaman untuk disentuh. Tidak terasa terlalu doff tetapi cukup aman dari sidik jari. A96 juga tahan goresan yang telah dibuktikan oleh OPPO pada acara preview. Di sana ada simulasi uji ketahanan gores yang dilakukan OPPO. 

OPPO A96 membawa dua cara untuk membuka kunci layar, yang pertama adalah dari fingerprint unlock yang terletak di bagian pinggir (menyatu dengan tombol power), yang satu lagi adalah dengan facial recognition unlock. Penempatan fingerprint di bagian pinggir ini cukup menarik dan tepat. Salah satunya dikarenakan layar A96 yang cukup lebar, akan lebih nyaman ketika membuka kunci perangkat dengan meletakan jempol di bagian samping. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan kombinasi buka kunci seperti ini, bisa memilih dengan face recognition unlock

Yang serba besar di OPPO A96

Segmen menengah tetapi ingin membawa fitur yang maksimal. Itu sepertinya kata yang cukup tepat untuk perangkat ini. Karena tidak hanya layar yang besar tetapi ada banyak hal besar lain di perangkat ini. 

Prosesor yang digunakan perangkat adalah Snapdragon 680, ruang penyimpanan cukup besar yaitu 256GB. Cukup luas untuk menyimpan file dan aplikasi, jika tidak cukup Anda bisa memperluas dengan microSD sampai dengan 1TB. Sedangkan RAM hadir sebesar 8GB. Tidak hanya itu, A96 juga dilengkapi dengan teknologi ekspansi RAM serta ROM. 

RAM expansion yang dihadirkan di perangkat ini sampai dengan 5GB dengan pilihan mulai dari 2GB, 3GB lalu 5GB. A96 juga telah dilengkapi dengan ROM expansion, menjadikan perangkat kedua dari seri A yang tersedia di Indonesia yang mendapatkan fitur ini. 

Baterai yang dibawah perangkat ini juga besar yaitu 5000mAh. Tidak hanya itu, A96 juga dilengkapi dengan pengisian cepat khas OPPO, SuperVOOC 33W. Jadi tidak hanya baterai yang besar untuk bisa digunakan lebih lama, proses pengisian dayanya juga jadi lebih cepat karena sudah support SuperVOOC 33W. Ilustrasi yang dihadirkan OPPO untuk pengisian daya ini adalah 30 menit sampai 55% dan 71 menit untuk 100%.

Salah satu yang saya cukup apresiasi dari perangkat ini adalah kehadiran dual speaker. Tidak banyak perangkat OPPO yang menyediakan fasilitas ini dan ternyata fitur ini dihadirkan untuk segmen menengah. Dengan dual speaker ini Anda bisa menikmati hiburan dengan lebih seru karena tidak hanya dari bagian speaker bawah tetapi bagian atas layar pun akan mengeluarkan suara. 

Fitur ini juga cocok dengan spesifikasi perangkat yang memang lumayan cocok ditujukan untuk mereka yang mencari perangkat untuk menemani hiburan. Seperti nonton serial atau Youtube. Karena tidak hanya layarnya luas serta sudah FHD tetapi juga dilengkapi dengan dual speaker. OPPO juga menyertakan Dirac HD untuk hasil suara yang lebih presisi serta solusi optimalisasi dari berbagai sistem audio. Tujuannya untuk memberikan pengalaman audio yang lebih baik. 

Kamera yang Cukup mumpuni 

Kamera belakang OPPO A96 hanya ada dua tetapi kualitasnya bisa diandalkan untuk di kelasnya. Ada kamera utama 50MP F/1.8 yang dilengkapi 5x perbesaran dan 20x bidikan beruntun, serta 1 kamera bokeh 2MP F/2.4. Untuk di bagian depan ada kamera selfie 16MP F/2.0. 

Pengalaman menggunakan kamera dalam perangkat ini cukup seru. Kamera bisa cukup handal di saat terang maupun ketika malam alias cahaya kurang. Apalagi A96 juga telah dilengkapi Bokeh Flare Portrait yang cukup baik dan bisa menghasilkan hasil foto yang menarik. Untuk malam hari, kombinasi mode malam dengan beberapa fitur filter yang dihadirkan juga bisa memancing kreativitas untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik. 

review OPPO A96

Pengalaman penggunaan OPPO A96

OPPO A96 cukup menarik untuk digunakan sehari-hari. Baterai yang besar, ruang penyimpanan besar adalah fasilitas yang berguna. Fitur favorit yang menurut saya menjadikan perangkat ini patut dilirik adalah dual speaker, refresh rate 90Hz serta ruang penyimpanan dan baterai yang besar. Tiga fitur ini menjadikan perangkat kelas menengah ini cukup unggul di jajaran perangkat OPPO lainnya.

Perangkat memang terkesan agak bongsor karena baterai yang cukup besar tetapi OPPO mampu membuatnya terasa ringan dengan rounded design. Perangkat ini dalam bayangan saya akan cocok untuk menikmati konten dan mendukung kegiatan sehari-hari. Fitur-fitur yang ada sesuai dengan kegiatan hiburan terutama yang memunculkan audio dan visual. 

Kualitas layar yang cukup baik, ditambah dengan sertifikasi HD dari layanan streaming terkenal lalu adanya dual speaker dan layar yang lebar (paling lebar di kelas seri A OPPO) adalah fasilitas pelengkap lainnya untuk kegiatan menonton. 

Sedangkan untuk kegiatan sehari-hari, kombinasi baterai besar dan refresh rate 90Hz memungkinkan perangkat ini bisa dinikmati secara maksimal. 

Pengalaman genggam atas perangkat ini juga cukup baik. Glow Design yang dibawanya memberikan kesan doff tetapi tetap premium, menjadikannya tetap nyaman dalam genggaman. 

Saya sendiri bukan tipe yang menyukai fingerprint unlock di samping. Meski demikian, cukup masuk akal ketika OPPO menghadirkan fingerprint unlock di perangkat ini dari samping. Salah satunya karena layarnya yang cukup lebar dan bobotnya yang berat, menjadikan perangkat ini harus digenggam sempurna. akses paling mudah untuk membuka layar adalah dengan ibu jari yang menggapai fingerprint unlock di bagian pinggir. 

Fasilitas Uji Ketahanan

Salah satu hal yang menarik dari perangkat ini adalah, cara OPPO menonjolkan kualitas perangkat, yaitu dengan mengkomunikasikan proses uji yang dilakukan di OPPO A96. Selain tiga uji test utama yaitu simulasi uji tombol, colokan untuk mengisi daya serta untuk menguji tahan gores dan tahan cipratan air. OPPO juga ternyata telah melakukan banyak uji lain untuk perangkat ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • 6 uji utama (termasuk jatuh, tahan air, radiasi, lingkungan dan gangguan sinyal)
  • 5 perlindungan terhadap lingkungan
  • 130+ tes Keandalan Ultra-Ketat
  • 320+ langkah Tes Komprehensif
  • Memasang dan melepas earphone: 10.000 kali 
  • Memasukkan dan mengeluarkan kabel USB: 20.000 kali 
  • Uji tekan tombol daya: 500.000 kali 
  • Uji tekan tombol volume: 150.000 kali 
  • Ketahanan soket USB terhadap kekuatan eksternal: 10 kg

Dan untuk melengkapi ketahanan ini, OPPO A96 tahan suhu dan kelembaban: 65 ° C, 95% RH. Serta uji kejut suhu: -40 ° C ~ 75 ° C 15), dan tahan tekanan hingga 15kg. 

OPPO A96

Kesimpulan 

OPPO A96 jadi agak istimewa karena beberapa hal baru di seri A hadir di perangkat ini. Misalnya saja pertama kali seri A yang punya dual speaker dan ruang penyimpanan 256GB. Selain itu perangkat ini juga jadi perangkat dengan layar paling luas di seri A. Belum lagi berbagai uji ketahanan yang dilakukan memberikan rasa aman saat digunakan. Seusai dengan segmennya yaitu perangkat menengah yang penggunaannya adalah untuk kegiatan sehari-hari. 

SuperVOOC dan baterai 5000mAh adalah kombinasi yang cukup menarik juga. Didukung oleh prosesor Snapdragon 680 yang juga hadir di perangkat atas seri A yaitu Reno7 4G serta refresh rate 90Hz dan dual speaker adalah fitur-fitur yang cocok untuk melengkapi perangkat yang bisa jadi alat yang digunakan sehari-hari termasuk untuk hiburan. 

Harga dari perangkat ini memang akan cukup mendapatkan saingan di segmennya, tetapi OPPO telah mencoba memberikan berbagai keunggulan, bahkan yang pertama hadir di A96 untuk menarik pengguna. Kesuksesan seri A di pasaran juga menjadi bukti bahwa perangkat ini memang diminati pasar. Dengan berbagai fitur baru yang hadir di A96, perangkat ini menjadi lebih menarik untuk dilirik. 

OPPO A96 dijual dengan harga 4.299 juta rupiah.Sudah bisa dipesan dari 7 April sampai 15 April 2022 secara offline lewat jaringan OPPO Store atau toko yang menjual perangkat OPPO di seluruh Indonesia. Untuk online bisa dipesan lewat aplikasi OPPO store di perangkat OPPO atau OPPO Official Store di ecommerce tanah air. 

Spesifikasi OPPO A96 dikutip dari rilis resmi

 

FiturSpesifikasi 
Prosesor Snapdragon® 680
Dimensi Panjang: sekitar 164,4 mm

 Lebar: sekitar 75,7 mm

 Ketebalan: sekitar 8,4 mm

 Berat: sekitar 190,9 gram

Layar 6,59 inci  

 Resolusi 1080 × 2412 FHD

 90Hz refresh rate + Adaptive Refresh Rate

 180Hz touch sampling rate

 96% NTSC wide color gamut

 90.8% screen-to-body ratio

Kamera Depan 16MP F/2.0
Kamera Utama 50MP F/1.8, 5x Perbesaran Digital, 20x Bidikan Beruntun

 2MP F/2.4 Kamera Bokeh

Buka Kunci perangkat Side Fingerprint Unlock + Face Recognition Unlock
RAM & Penyimpanan Internal 8GB + Ekspansi RAM (2GB, 3GB dan 5GB)

 256GB + perluasan MicroSD hingga 1TB

Baterai dan Pengisian Daya 5000mAh

 33W SUPERVOOCTM

Sertifikasi IPX4, IP5X, Netflix HD, Amazon HD
Speaker Dual Speakers Dual Microphones
NFC Didukung
Penampang Belakang OPPO Glow, Anti Noda & Sidik Jari, Anti Goresan
Warna Starry Black & Pearl Pink
Harga Rp4.299.000
Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV