Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Kelangkaan GPU Membuat MSI Bangkitkan NVIDIA GeForce GT 730 di 2021

13 June 2021Sean Edbert

Cocok untuk pengganti APU sambil menunggu GPU restock!

Akibat pandemi yang masih berlangsung, semua orang harus tetap di rumah. Beberapa orang yang bosan di rumah, akhirnya memutuskan untuk menjadi gamer dan merakit PC. Tetapi mengingat kelangkaan GPU yang sedang terjadi, banyak orang yang tidak dapat membeli GPU untuk PC mereka. Bahkan, beberapa orang membeli GPU di atas harga retail (MSRP).

Mendengar kabar ini, MSI memutuskan untuk membangkitkan NVIDIA GeForce GT 730. GPU yang dirilis pada tahun 2014 ini tentu saja tidak bisa disebut sebagai GPU kuat. Tetapi, jika digunakan untuk sekadar melengkapi PC yang tidak memiliki IGP, GT 730 dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Image Credit: MSI

Desain low-profile dengan panjang total 146mm membuat MSI GeForce GT 730 cocok dimasukkan ke hampir semua casing PC. GPU ini menggunakan heatsink tanpa kipas untuk hal pendinginan. Oleh karena itu, suara yang dihasilkan oleh GT 730 bisa dibilang sangat minim bahkan tidak ada.

Menurut website MSI, GT 730 yang akan dihidupkan kembali mengusung arsitektur Kepler. GPU berusia 7 tahun ini memiliki VRAM berjumlah 2GB DDR3 dengan kecepatan memory 1600Mhz dan interface memory 64-bit. NVIDIA juga menyematkan 384 CUDA cores dan boost clock 902Mhz untuk GT 730.

Image Credit: MSI

Dalam segi konektivitas, MSI GeForce GT 730 memiliki 3 port untuk display, yaitu satu portdual-link DVI-D, satu HDMI 1,4, dan satu D-sub. GPU ini dapat menjalankan resolusi sampai 4K (4096 x 2160) tetapi jika menjalankan resolusi 4K, refresh rate akan dibatasi hingga 30Hz.

MSI GeForce GT 730 memiliki konsumsi daya sekitar 23W dan hanya memakan daya lewat slot PCIe. MSI menyarankan penggunaan PSU minimal 300W untuk mengangkat GT 730 ini. GPU besutan NVIDIA ini juga mendukung software overclock milik MSI, Afterburner.

MSI GeForce GT 730 ini mulai dibanderol di Jepang dengan harga 4,565¥ atau sekitar Rp592 ribu.

Jika digunakan untuk gaming berat, tentu saja GPU ini kurang memadai. Tetapi, untuk Anda yang memiliki PC dengan processor tanpa grafis onboard, GPU ini cocok untuk sekadar menyalakan PC Anda sambil menunggu supply GPU tambahan.

Meskipun saat ini GPU sedang mengalami kekurangan stok, penjualan GPU pada kuartal pertama 2021 mencapai 119 juta unit. Serta, di kuartal pertama ini, MSI melaporkan keuntungan bersihnya meningkat dari sebelumnya.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV