Dark
Light

Nothing Resmi Rilis CMF Phone 1, Lebih Terjangkau tapi Penuh Kostumisasi

by
2 mins read
July 10, 2024

Sejak kehadiran iPhone pada 2007 silam, ekosistem perangkat handphone saat ini terus berkembang pesat dan sering kali berfokus pada spesifikasi dan fitur-fitur seperti AI. Namun Nothing Technology Limited kelihatannya tidak mengikuti jalur tersebut, dan memilih menghadirkan sisi menyenangkan dan desain dari sebuah smartphone.

Setelah berhasil mencuri perhatian dengan Nothing Phone 1, Nothing Phone 2, dan Nothing Phone 2a, kini perusahaan teknologi asal Inggris tersebut kembali menjadi pusat perhatian lewat sub-brand terbaru mereka yang diberi nama CMF.

CMF sendiri merupakan singkatan dari Color-Material-Finish ( Warna-Material-Finishing). Tiga aspek unik tersebut menjadi sorotan utama dari brand ini dan langsung mereka tunjukkan lewat produk perdana mereka yang diberi nama CMF Phone 1.

Smartphone mid-range terjangkau dari Nothing ini memang tampil normal di depan dengan bezel simetris dan kamera punch hole. Namun daya tarik utama dari smartphone ini berada di belakang, lebih tepatnya pada bagian panel belakang yang bisa dilepas pasang.

Kostumisasi panel belakang sesuai keinginan

Yang membuat CMF Phone 1 ini menarik adalah karena Nothing menyediakan panel belakang tambahan dengan warna-warna yang vibrant. Sebut saja warna jingga, biru, dan juga hijau muda yang tentunya langsung mengubah tampilan keseluruhan dari smartphone-nya.

Proses penggantian panel belakang CMF Phone 1 ini juga mudah, yaitu hanya cukup dengan melepas sekrup-sekrup dan SIM tray menggunakan obeng khusus yang sudah disediakan oleh Nothing di dalam paket penjualannya.

Secara desain, CMF Phone 1 tampil lebih minimalis ketimbang Nothing Phone. Tidak ada LED bar sama sekali, panel belakangnya terbuat dari plastik dengan finishing matte. Bump kameranya memiliki bingkai sendiri berwarna abu-abu, dan sebuah knob bulat di ujung kanan bawah.

Knob ini sendiri selain membuat tampilannya mencolok, tapi juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai titik pemasangan aksesoris-aksesoris tambahan CMF Phone 1. Sehingga knob tersebut dapat diganti aksesoris seperti kickstand, casing kartu, hingga tali lanyard.

Spesifikasi mumpuni untuk sehari-hari

Masuk ke dalam spesifikasinya, CMF Phone 1 membawa SoC yang cukup baik yaitu MediaTek Dimensity 7300. Untuk RAM, smartphone ini tersedia dalam 2 opsi kapasitas yaitu 6GB atau 8GB. Sedangkan ruang penyimpanan internalnya berada di 128 GB.

Di depan, smartphone ini menggunakan layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang memiliki resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan puncak hingga 2.000 nits. Layar smartphone ini juga telah mendukung fitur HDR10+ untuk warna yang lebih cerah.

Sektor kamera memang bukan fokus utama dari CMF Phone 1, namun smartphone ini mengusung dua buah lensa kamera yaitu lensa utama beresolusi 50MP f/1.8. Kamera keduanya hanyalah sebuah kamera depth sensor beresolusi 2MP dan kamera depannya beresolusi 16MP.

Baterai yang diusung berkapasitas 5.000mAH yang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 33watt. Sensor fingerprint-nya sudah di dalam layar, dan berjalan dengan sistem operasi Nothing OS 2.6 berbasis Android 14. Sayangnya rating ketahanan dari smartphone ini hanya IPX2.

Harga unit dan aksesoris

Untuk sektor harga, Nothing bisa disebut berani karena CMF Phone 1 dijual dengan harga mulai $200 atau sekitar Rp 3 Jutaan untuk versi 6GB/128GB. Sedangkan versi 8GB/128GB ada di harga Rp 4,3 jutaan, membuat smartphone ini cukup masuk akal di kelas mid-range.

Untuk aksesoris seperti panel belakang tambahan akan dijual  dengan harga $35 atau sekitar Rp600 ribuan. Kemudian untuk aksesoris kickstand, lanyard, dan wallet akan dianderol dengan harga $25 atau sekitar Rp 400 ribuan per aksesorisnya.

Sayangnya, di peluncurannya ini Nothing hanya mengonfirmasi bahwa CMF Phone 1 baru akan dijual di pasar India dan Eropa saja. Sedangkan untuk region lain, terutama Indonesia kelihatannya harus menunggu pengumuman mereka selanjutnya.

Previous Story

Pemerintah Thailand Bangun Proyek AI Lokal untuk Lawan Perusahaan Amerika Serikat

Next Story

Lengkapi CMF Phone 1, Nothing Luncurkan CMF Watch Pro 2 dan CMF Buds Pro 2

Latest from Blog

Don't Miss

Lengkapi CMF Phone 1, Nothing Luncurkan CMF Watch Pro 2 dan CMF Buds Pro 2

Kehadiran CMF Phone 1 memang menarik perhatian banyak pecinta gawai
Nothing-Phone-2

Nothing Phone (2) Resmi Diperkenalkan, Ini yang Baru!

Nothing Phone (2) telah resmi diperkenalkan dan membawa perbaikan yang