Dark
Light

Nokia Lumia Amber Hadir Untuk Pengguna Indonesia

by
2 mins read
August 23, 2013

Pembaruan perangkat lunak terbaru untuk Windows Phone 8, mulai hari ini telah bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia. Update dengan nama kode Amber ini memberikan peningkatan untuk performa atas fitur dan aplikasi.

Nokia Lumia Amber nantinya akan bisa didapatkan dengan mengunduh langsung atau dengan melakukan update lewat perangkat via over the air, pembaruan yang akan hadir antara lain Nokia Glance Screen dengan tampilan jam serta peningkatan kemampuan pencitraan, fitur pemutar radio FM dan perbaikan untuk Xbox Music serta peramban Internet Explorer.

Informasi yang dikutip dari rilisan pers yang dikirimkan ke TRL menyebutkan bahwa update Amber bisa dinikmati di perangkat Nokia Lumia WP 8 termasuk Lumia 920, Lumia 820, Lumia 720, Lumia 620 dan Lumia 520.

Pembaruan ini telah bisa dinikmati bagi pengguna Lumia 920 dan 820 di Indonesia mulai hari ini (23 Agustus 2013) sedangkan untuk versi yang lain akan menyusul. Semua perangkat WP 8 yang tersedia di Indonesia diperkirakan akan bisa mendapatkan update pada akhir September.

Akan ada notifikasi ketika pembaruan sistem operasi telah tersedia. Apa saja fitur yang ada di update Amber ini, berikut saya kutipkan dari keterangan resmi.

Peningkatan kualitas penggunaan kamera
Pembaruan melalui Lumia Amber memberikan perbaikan yang signifikan pada perhitungan algoritma yang menawakan pengurangan noise yang lebih baik pada foto, reproduksi warna, proses pencitraan yang lebih natural, kontrol pencahayaan dan autofocus untuk setiap perangkat Lumia WP8.

Nokia Smart Camera
Diluncurkan melalui Nokia Lumia 925, aplikasi kamera baru ini ideal untuk mengambil gambar dengan objek manusia dan pergerakan. Pengguna bisa berkreasi dan mengedit setelah pengambilan gambar untuk memilih gambar yang terbaik. Dapatkan gambar dengan kualitas tertajam dari 10 pilihan gambar. Gabungkan beberapa gambar objek manusia yang bergerak dengan menggunakan Action Shot. Tingkatkan kualitas pergerakan dengan mengaburkan latar belakang dengan Motion Focus. Dapatkan foto grup ideal dengan memilih ekspresi wajah terbaik menggunakan Change Faces. Atau hilangkan objek yang tidak diinginkan dari gambar. Setelah pembaruan Nokia Lumia Amber dilakukan, Nokia Smart Camera bisa didapatkan melalui Store. Kualitas performa Smart Camera berbanding lurus dengan kemampuan dari tipe perangkat Lumia yang dimiliki.

Nokia Pro Camera
Diperlihatkan pertama pada Nokia Lumia 1020, Nokia Pro Camera memberikan pengalaman fotografi yang inovatif, intuitif dan menarik dengan perangkat kamera yang dirancang untuk para profesional. Pro Camera menawarkan penggunaan digital sliders dan indikator visual yang jelas untuk memberikan kontrol penuh pada pengaturan kamera, termasuk shutter speed, EV value, ISO, white balance dan fokus manual. Fitur menarik lainnya adalah slide to zoom, pengaturan fokus yang lebih baik dan reframing. Melalui pembaruan Nokia Lumia Amber, aplikasi ini akan tersedia untuk semua perangkat Nokia Lumia yang dilengkapi dengan PureView, termasuk Nokia Lumia 920 dan Lumia 925.

Nokia Video Trimmer dan Nokia Video Uploader
Setelah pengguna merekam video dengan perangkat Lumia yang sudah diperbarui, video tersebut dapat dengan mudah diedit menggunakan Nokia Video Trimmer, hanya dengan menentukan titik awal dan akhir. Kemudian upload ke YouTube menggunakan Nokia Video Uploader. Masuk ke akun YouTube melalui Nokia Video Uploader, berikan judul video, lakukan pengaturan untuk dapat diakses oleh publik atau tidak, kemudian upload video langsung ke YouTube. Video tersebut akan tersedia di YouTube dengan kualitas penuh, 1020p HD. Setelah diluncurkan di Nokia Lumia 1020, kedua aplikasi ini sudah tersedia di Store.

Nokia Glance Screen
Fitur unik milik Nokia ini menjadi favorit para pecinta Nokia. Nokia Glance Screen menjadikan layar lebih menarik dengan menampilkan jam, baterai dan mode profile perangkat, walaupun sedang dalam keadaan standby.

Flip to Silence dan fitur double-tap untuk mengaktifkan Lumia
Ini merupakan dua fitur dari perangkat Nokia sebelumnya yang banyak diinginkan oleh pengguna. Pengguna dapat membalikan perangkatnya untuk merubahnya menjadi mode silent. Dan double-tap adalah cara yang sangat mudah untuk mengaktifkan kembali handphone Anda.

Pemeriksaan Penyimpanan (Storage Check)
Fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat lebih detail pengunaan penyimpanan dan mengelola memori telepon untuk memberikan ruang kosong.

Google Sync
Pembaruan Nokia Lumia Amber akan mendukung standar terbaru Gmail. Ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan email, kontak dan kalendar melalui Google.

Pembaruan untuk pemetaan yang lebih cepat
Dengan hadirnya Lumia Amber, pengguna dapat melakukan pembaruan HERE Maps dengan lebih mudah dan cepat, pemetaan jalan dan fitur akan terbarui, tidak perlu kembali menginstal peta suatu negara.

Untuk Anda yang memiliki ponsel yang disebutkan di atas, Anda bisa menunggu notifikasi update atau melakukan cek manual ke menu Setting -> Phone Update. Info lain bisa cek: http://www.nokia.com/id-id/windows-phone-amber-update/

Anda pengguna Windows Phone 8? Sudah melakukan update, bagaimana pendapat Anda atas pembaruan ini? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

4 Comments

  1. saya belum dapat melakukan pembaruan amber…. bagaimana caranya? karena saat saya cek, pembaruan amber belum tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

INAICTA, Kawah Kreativitas Developer Muda Indonesia

Next Story

Facebook Kerja Sama dengan Layanan Shutterstock

Latest from Blog

Don't Miss

Nokia-G22-6

Bermitra dengan iFixit, HMD Global Bikin Nokia G22 yang Bisa Diperbaiki Dalam Hitungan Menit

HMD Global memeriahkan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC)
Sejarah Windows

Sejarah Windows, Penopang Kemajuan Teknologi Modern Manusia

Saat ini nama Windows mungkin telah menjadi sinonim dari sistem