10 October 2016

by Bambang Winarso

Rumor Sebut Nokia D1C Sudah Mengadopsi OS Android 7.0 Nougat

Spesifikasi smartphone Nokia D1C muncul di situs benchmark AnTuTu

Nokia sudah memastikan diri bakal kembali berkiprah di ranah mobile, meskipun tidak akan secara langsung terlibat dalam proses perakitannya. Dalam “reinkarnasi” ini, Nokia juga dipastikan bakal fokus menggarap ponsel pintar dengan otak Android.

Setelah nama perangkat Nokia D1C muncul ke permukaan beberapa saat yang lalu, kini muncul rincian spesifikasi perangkat yang lebih lengkap dalam pengujian AnTuTu.

Bocoran spesifikasi Nokia D1c di AnTuTu

Berdasaran bocoran versi AnTuTu, Nokia D1C terpampang menggunakan chipset Snapdragon 430 yang membawa prosesor delapan inti, grafis Adreon 505 dan RAM 3GB. Kapasitas internalnya seluas 32GB yang sangat mungkin dapat diperluas dengan tambahan kartu eksternal. Sementara di depan, perangkat menampilkan layar dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Bekal kamera di Nokia D1C terlihat cukup meyakinkan, di mana untuk urusan menjepret objek normal ada kamera 13MP tersemat di belakang perangkat. Sementara untuk urusan selfie, Nokia membenamkan sensor 8MP di bagian depan D1C. Yang cukup mencolok, Nokia D1C tampaknya sudah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang terbilang masih cukup langka saat ini. Hanya ada sederet kecil perangkat yang sudah mengusung OS terbaru Android ini, antara lain LG V20 dan Google Pixel.

Meski terlihat meyakinkan, bocoran spesifikasi Nokia D1C ini bukanlah spesifikasi resmi dari pabrikan. Nokia dan rekanannya, HMD Global Ltd bisa jadi bakal melakukan perubahan sebelum diproduksi secara massal.

Kiprah Nokia tampaknya menginspirasi BlackBerry yang baru-baru ini “lempar handuk” dalam meracik sendiri perangkat mobile. Di Indonesia bahkan BlackBerry membentuk jointventure yang dinamai BB Merah Putih di mana TiPhone bakal menjadi pihak yang merakit ponsel untuk pasar dalam negeri.

Sumber berita Softpedia dan gambar header Nokiapoweruser.