Dark
Light

Nokia Akuisisi Dopplr

1 min read
September 24, 2009

Dopplr, sebuah startup asal UK yang menyediakan layanan berbasis lokasi hari ini dikabarkan telah diakuisisi oleh raksasa perangkat mobile Nokia. Dopplr diakuisisi dengan transaksi antara US$15-22 Juta tepat sebelum Dopplr sukses bernegosiasi dengan investor untuk mencairkan dana investasi.

Tahun 2008 lalu Nokia juga telah mengakuisisi Plazes, situs jejaring sosial yang juga berbasis lokasi dengan basis pengguna yang cukup besar di AS. Plazes menggunakan teknologi geo-tagging yang merupakan killer feature sebelum diadopsi oleh beberapa situs lain seperti Dopplr dan juga Foursquare.

CEO Dopplr, Marko Ahtisaari ternyata sebelumnya merupakan Director of Design Strategy di Nokia yang berbasis di Finlandia. Sepertinya Marko akan kembali ke Finlandia untuk bekerja di bawah payung Nokia, itupun kalau memang ternyata ini bukan exit strategy. Kalau ternyata hanya merupakan exit strategy ya tentu saja Marko akan keluar dan mendirikan venture barunya, apalagi mengingat traffic pengguna Dopplr cenderung tidak mengalami perubahan banyak sejak akhir 2008 lalu meski para penggunanya bisa dibilang sangat setia menggunakan layanan tersebut.

Strategi ini cukup menarik untuk dianalisa, langkah Nokia untuk masuk ke bisnis internet melalui layanan yang dekat dengan teknologi mobile yang terus dikembangkannya. Layanan-layanan berbasis lokasi ini memang memiliki keunggulan tersendiri, dan sepertinya inilah yang sedang diincar oleh Nokia. Melihat trend mobile-internet activity tentu tidak bisa diabaikan begitu saja oleh Nokia terutama dengan brand yang sudah begitu besar.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

PopMaya, Pendekatan Baru Untuk Situs Musik

Next Story

PlasaIndigo Inkubator Industri Digital Kreatif

Latest from Blog