Dark
Light

Noice Luncurkan Noicemaker+, Program Monetisasi Bagi Konten Kreator

2 mins read
April 6, 2023
Noicemaker+
Sumber: Noice

Perkembangan dunia konten membawa kabar baru di sektor audio, yang kini dari Noice. Benar, platform tersebut baru saja mengumumkan program monetisasi bagi para konten kreator dengan nama Noicemaker+.

Kehadiran program ini datang dari potensi dan nilai pasar industri konten kreator di Indonesia bisa mencapai hingga Rp 7 triliun dan diprediksi meningkat lima kali lipat pada 2027.

Langkah ini sejalan dengan data internal dari platform Noice yang melihat pertumbuhan konten kreator yang berkarya di aplikasi tersebut secara signifikan.

Sumber: Noice

Tercatat, hampir 4.000 kreator dengan user-generated-contents (UGC) yang tergabung di Noice. Angka tersebut belum termasuk jumlah kreator yang mempunyai konten original & eksklusif.

Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) Noice memberikan alasannya tentang kehadiran Noicemaker+.

“Sesuai dengan komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem konten audio yang berkualitas di Indonesia, Noice menghadirkan program Noicemaker+ untuk mendukung para kreator dalam berkarya dengan mudah, nyaman, produktif sekaligus menguntungkan.”

“Program Noicemaker+ terdiri dari beragam fitur, dukungan exposure hingga skema monetisasi yang telah kami siapkan sedemikian rupa untuk membuat para kreator yang memproduksi karya di Noice lebih semangat dan berdaya karena mereka bisa  terkoneksi dengan kreator dan public figure lainnya, tumbuh secara positif, bahkan hidup dari karya mereka sendiri,” ucapnya.

Sumber: Noice

Kreator UGC sendiri merupakan sebutan bagi para kreator yang menghadirkan kontennya di berbagai platform, termasuk Noice.

Ada ribuan kreator UGC yang menghadirkan karyanya di Noice saat ini dan telah memproduksi lebih dari 4 juta menit durasi konten dengan genre yang paling banyak dihadirkan adalah hiburan komedi atau entertainment, disusul dengan edukasi dan konten seputar masyarakat dan budaya.

Di sisi lain, jumlah pengguna Noice sendiri mengalami peningkatan pesat dimana saat ini telah ada lebih dari 5 juta pengguna se-Indonesia. Kebanyakan dari Gen-Z & millenials yaitu yang berusia 18-34 tahun, datang dari berbagai daerah di  Indonesia, dan tercatat didominasi dari pulau Jawa.

Dari segi data dan waktu, pengguna paling banyak mendengarkan konten di aplikasi Noice mengalami peningkatan signifikan di tahun 2022, tepatnya pada pukul 5 pagi hingga 12 siang, dibanding pada tahun 2021.

Dukung Para Kreator dengan dan Skema Monetisasi

Sumber: Noice

Program Noicemaker+ akan memberikan kemudahan bagi para konten kreator untuk mengembangkan konten di aplikasi Noice.

Caranya adalah, para kreator yang telah memasukkan konten di aplikasi Noice melalui platform studio.noice.id, maka mereka berhak mendapatkan undangan terbatas atau wajib mendapatkan 20 subscribers terlebih dahulu di konten miliknya sehingga memenuhi persyaratan untuk mengakses program Noicemaker+.

Lalu bila syarat sudah terpenuhi, maka program Noicemaker+ akan aktif dan fitur monetisasi terbuka seluruhnya bagi para konten kreator dengan icon N+ yang tertera di akun mereka.

Setelah tergabung ke dalam program Noicemaker+, maka para kreator akan terbagi menjadi 2 kategori yakni podcaster dan livecaster.

Podcaster merupakan kreator yang berkarya melalui konten podcast, sedangkan Livecaster merupakan kreator yang berkarya melalui fitur Noice Live dengan membuka sesi live di Noice secara rutin.

Sumber: Noice

Para kreator yang tergabung dalam Noicemaker+ juga akan diberikan dukungan promosi berdasarkan performa konten mereka melalui media sosial, halaman tematik di dalam aplikasi, in-app discoverability, segmen konten, website khusus kreator di creators.noice.id.

Previous Story

Ulang Tahun Urban Republic Ke-7 Dimeriahkan dengan UR Festival 2023

Next Story

Terkait Akuisisi Activision Blizzard, Sikap CMA ke Microsoft Melunak

Latest from Blog

Don't Miss

Akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft

Akuisisi Microsoft Terhadap Activision Blizzard Tersandung Cloud Gaming

Akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft memasuki babak baru. Proses yang

Razer Perkenalkan Headset Esports Terbarunya, Blackshark V2 Pro 2023

Sebagai salah satu brand perangkat gaming paling populer, Razer memang