Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

NiP Juara Six Invitational 2021, Skena R6 Didominasi Brazil

25 May 2021Yabes Elia

Untuk pertama kalinya dalam sejarah R6, tim Brazil juara Six Invitational.

Kompetisi paling bergengsi untuk Rainbow Six: Siege, Six Invitational (SI), akhirnya selesai digelar. Ninja in Pyjamas (NiP) berhasil jadi juara setelah mengalahkan Team Liquid dengan skor akhir 3-2. Uniknya, tiga tim teratas di kompetisi ini berasal dari Brazil. Tahun ini juga kali pertama tim asal Brazil jadi juara Six Invitational.

Sepanjang sejarah, pertarungan final di Six Invitational selalu dramatis. Ninja in Pyjamas (NiP) memang berhasil melewati babak Upper Bracket tanpa kekalahan namun, di partai final, Team Liquid nyaris mencuri kemenangan. Awalnya, NiP memang berhasil memimpin pertandingan dengan skor 7-2. Namun Liquid berhasil memenangkan 2 map berikutnya. Namun untungnya bagi NiP, mereka berhasil menutup drama dengan kemenangan.

Menariknya, hal yang sebaliknya terjadi di SI 2020. Kala itu, NiP yang sudah memimpin lebih dulu harus rela berakhir di peringkat 2 setelah comeback dari Spacestation Gaming.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah SI kali ini menjadi bukti konkret dari dominasi Brazil di skena esports R6 di 2021. Pertama, 3 tim teratas di kompetisi ini berasal dari Brazil. Berikut adalah daftar juara SI 2021 beserta hadiah yang mereka dapatkan.

  • Ninja in Pyjamas (US$1 juta)
  • Team Liquid (US$450 ribu)
  • MIBR (US$240 ribu)
  • TSM (US170 ribu)

Buat Anda yang familiar dengan skena esports di luar R6, Anda mungkin tahu jika hanya MIBR yang memang benar-benar organisasi esports asal Brazil. NiP adalah organisasi esports asal Eropa sedangkan Team Liquid asal Amerika Serikat namun divisi R6 dari keduanya memang berasal dari Brazil.

Bracket Playoffs SI 2021. Image Credit: Liquipedia

Selain itu, dominasi Brazil di turnamen ini juga terlihat dari jumlah pesertanya. 6 dari total 18 tim yang berhak berlaga di kompetisi bergengsi ini juga berasal dari Brazil.

Six Invitational adalah gelaran kompetitif tahunan yang dibuat langsung oleh Ubisoft, selaku publisher dari R6:S. SI pertama kali digelar pada tahun 2017 dan menobatkan Continuum (dari region Amerika Utara) sebagai sang juaranya kala itu. Di 2018, PENTA dari Eropa yang jadi juara. Eropa menjadi juara untuk yang kedua kalinya setelah G2 Esports yang berhasil membawa pulang piala SI di 2019.

Image credit: Esports Charts

Meski begitu, meski sudah digelar dari tahun 2017, Six Invitational nampaknya belum berhasil meraup banyak penonton dan popularitasnya pun masih sangat terbatas. Menurut data dari Esports Charts, Peak Viewers dari Six Invitational 2021 hanya sebesar 306 ribu dengan Average Viewers 156 ribu.

Namun demikian, meski belum bisa mengalahkan popularitas esports game-game mobile seperti Free Fire ataupun Mobile Legends, penonton Six Invitational naik dari tahun ke tahun. Anda bisa melihat perbandingan penonton Six Invitational dari tahun ke tahun dari gambar di bawah ini.

Image Credit: Esports Charts

Jika Anda penasaran bagaimana kondisi skena esports R6 di Indonesia, saya pernah menuliskannya beberapa waktu lalu.

Featured Image Credits: Ubisoft

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV