23 February 2022

by Galih

Nintendo Buka Website Resmi Baru untuk Malaysia dan Filipina

Indonesia kapan ya punya website resmi Nintendo?

Setelah sekian lama, Nintendo akhirnya melakukan ekspansinya ke region Asia Tenggara. Dalam langkah lanjutannya tersebut, Nintendo meluncurkan website regional untuk dua negara baru Asia Tenggara.

Dua negara yang beruntung itu adalah Malaysia dan Filipina. Kedua negara tersebut akhirnya bergabung dengan website dan juga toko online resmi berbahasa Thailand yang sudah diluncurkan pada akhir tahun 2021 lalu, serta website resmi untuk Singapura yang juga diluncurkan tahun lalu.

"Kami dengan senang hati akan memberikan berbagai informasi tentang Nintendo, termasuk konsol Nintendo Switch, koleksi game, dan para karakter dari seri game Nintendo kepada region Asia Tenggara," ucap juru bicara Nintendo kepada IGN Southeast Asia.

Hal ini tentunya memperlihatkan keseriusan Nintendo untuk memperluas wilayah layanan dan kontennya ke Asia Tenggara. Apalagi Nintendo juga baru saja meluncurkan kanal Youtube dan juga laman Facebook resmi untuk Nintendo SEA.

Image Credit: Nintendo

Kedua akun media sosial ini nantinya akan berisi beragam update mengenai game-gameNintendo yang akan datang dan juga trailer-trailer untuk game terbaru mereka.

Sayangnya tidak ada informasi apakah video yang diunggah di kanal ini nantinya akan memiliki opsi subtitle atau bahkan dubbing bahasa khusus negara-negara di Asia Tenggara.

Sayangnya meskipun telah meluncurkan beberapa website resmi untuk negara-negara di Asia Tenggara, Nintendo masih belum memberikan informasi resmi apakah mereka nantinya akan meluncurkan Eshop lokal.

Kehadiran Eshop lokal tentunya akan memberikan kemudahan untuk para pemilik konsol Nintendo di Asia Tenggara untuk membeli beragam game dan juga beragam membership dengan mata uang lokal masing-masing negara.

Image Credit: Nintendo

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya hingga berita ini diturunkan tidak ada informasi resmi dari Nintendo apakah mereka nantinya juga akan mengikutsertakan Indonesia ke dalam kelompok negara-negara yang telah memiliki website resminya sendiri.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang ketinggalan untuk masalah distribusi resmi konsol game. Hingga sekarang terhitung hanya konsol PlayStation saja yang bisa masuk ke Indonesia secara resmi berkat keberadaan PT. Sony Indonesia.

Sedangkan konsol lain seperti Xbox dan juga Nintendo harus masuk lewat importir karena hingga sekarang masih belum memiliki perusahaan distributor resmi yang membukakan jalurnya untuk Indonesia.